Sukses


Data dan Fakta Jelang Liga Champions: Barcelona Vs Dynamo Kiev

Bola.com, Jakarta - Barcelona menjamu Dynamo Kiev dalam matchday ketiga Grup G Liga Champions di Camp Nou, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB. Ada sejumlah data dan fakta menarik yang perlu diperhatikan jelang pertemuan di antara kedua tim.

Pertandingan ini bukanlah pertemuan pertama antara Barcelona dan Dynamo Kiev. Kedua tim terakhir kali bertemu di fase grup Liga Champions 2009/2010. Lionel Messi mencetak gol bagi Barcelona, baik di laga kandang maupun saat bertandang.

Kala itu, Barcelona menang 2-0 di kandang lewat gol Messi dan Pedro Rodriguez. Barcelona kemudian juga menang 2-1 ketika bertandang ke Ukraina melalui gol-gol Xavi dan Messi.

Catatan Barcelona ketika menjamu Dynamo Kiev adalah 3 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 1 kali kalah. Kekalahan tersebut terjadi pada fase grup Liga Champions 1997. Barcelona kalah 0-4 dari Dynamo Kiev yang diperkuat Andriy Shevchenko yang mencetak hattrick.

Jika melihat catatan kedua tim secara keseluruhan, kedua tim sudah 10 kali bertemu. Barcelona berhasil meraih enam kemenangan, satu kali hasil imbang, dan tiga laga lain berakhir dengan kemenangan bagi Dynamo Kiev. Barcelona tercatat sudah mencetak 18 gol ke gawang Dynamo Kiev, sebaliknya tim Ukraina itu 25 kali menjebol gawang Barcelona.

Video

2 dari 3 halaman

Statistik Barcelona

Pada matchday pertama Liga Champions musim ini, Barcelona menang 5-1 saat menjamu tim debutan Ferencvaros. Barcelona menang lewat gol Lionel Messi, Ansu Fati, Philippe Coutinho, Pedri, dan Ousmane Dembele. Namun, Barcelona kehilangan Gerard Pique yang dikartu merah dalam laga tersebut.

Pada matchday kedua, Barcelona menang di kandang Juventus. Barcelona menang 2-0 lewat gol Ousmane Dembele dan penalti Lionel Messi.

Sementara di La Liga Spanyol akhir pekan kemarin, Barcelona hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 melawan tuan rumah Deportivo Alaves. Tertinggal pada menit 31, Barcelona baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol Antoine Griezmann pada menit 63.

Barcelona cuma sekali clean sheet dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Barcelona cuma kalah 3 kali dalam 34 laga terakhirnya di Liga Champions, di mana mereka meraih 21 kemenangan dan 10 hasil imbang.

Barcelona tak terkalahkan dalam 37 laga kandang terakhirnya di Liga Champions sejak September 2013, dengan detail 33 kali menang dan 4 kali bermain imbang.

Sebelum ini, pertemuan terakhir Barcelona dengan tim Ukraina adalah melawan Shakhtar Donetsk di perempat final Liga Champions 2010/11. Barcelona menang 5-1 pada leg pertama di kandang, dan menang 1-0 lewat gol tunggal Messi di Ukraina.

Rekor kandang Barcelona melawan tim-tim Ukraina adalah enam kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kali kalah. Sementara rekor keseluruhan Barcelona melawan tim-tim Ukraina adalah 12 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 5 kali kalah. Mereka mencetak 36 gol dan kebobolan 23 gol.

3 dari 3 halaman

Statistik Dynamo Kiev

Pada matchday 1 Liga Champions musim ini, Dynamo kalah 0-2 saat menjamu Juventus. Pada matchday 2, Dynamo hanya bisa imbang 2-2 di kandang Ferencvaros. Dynamo unggul 2-0 terlebih dahulu melalui penalti Viktor Tsygankov menit 28 dan gol Carlos de Pena menit 41, tapi kemudian kebobolan dua gol di menit 59 dan 90.

Sementara di Liga Utama Ukraina akhir pekan kemarin, Dynamo menang 2-1 atas tuan rumah SC Dnipro-1. Sempat tertinggal pada menit 22, Dynamo berbalik menang lewat bunuh diri pemain lawan pada menit 35 dan gol Viktor Tsygankov pada menit 44.

Dynamo cuma menang 1 kali dalam 8 laga tandang terakhirnya di kompetisi klub UEFA, di mana sisanya berakhir 4 kali hasil imbang dan 3 kali kalah.

Sebelum ini, pertemuan terakhir Dynamo dengan tim Spanyol adalah melawan Valencia di babak 32 besar Liga Europa 2013/14. Dynamo kalah 0-2 di kandang, dan imbang 0-0 saat tandang.

Dynamo tanpa kemenangan dalam 14 laga terakhirnya melawan tim-tim Spanyol, kandang dan tandang, di mana mereka hanya meraih 7 hasil imbang dan 7 kali kalah.

Rekor tandang Dynamo melawan tim-tim Spanyol adalah satu kemenangan, lima hasil imbang, dan tujuh kali kalah. Sementara rekor keseluruhan Dynamo melawan tim-tim Spanyol adalah lima kemenangan, 10 hasil imbang, dan 12 kekalahan. Mereka mencetak 32 gol dan kebobolan 43 gol.

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 3/11/2020)

Video Populer

Foto Populer