Sukses


Presiden La Liga: Cristiano Ronaldo Tidak Bikin Liga Italia Berkembang

Bola.com, Jakarta Presiden La Liga, Javier Tebas, mengatakan kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus sejak 2018 tidak memberi dampak signifikan bagi kedua liga. 

Tebas menilai kehadiran Cristiano Ronaldo tidak memberi dampak bagi Liga Italia. Sebaliknya, Liga Spanyol juga tak merasa kehilangan pemain berusia 35 tahun tersebut.

Ronaldo meninggalkan La Liga pada 2018. Saat itu, Ronaldo pindah dari Real Madrid hanya satu pekan setelah juara Liga Champions. Ronaldo lalu bergabung dengan Juventus.

Pemain asal Portugal pindah dengan mahar transfer 100 juta euro. Bagi Juventus, harga itu menjadi rekor transfer paling mahal klub. Bahkan, Ronaldo juga menjadi transfer termahal di Serie A.

Saat itu, banyak yang menilai La Liga turut dirugikan atas transfer Ronaldo. La Liga diklaim bakal kehilangan pamor tanpa rivalitas Ronaldo dan Lionel Messi sebagai 'jualan' utamanya.

Kehadiran Ronaldo di Real Madrid telah memberi dampak besar bagi La Liga. Dalam periode yang panjang mereka punya dua pemain terbaik dunia pada diri Ronaldo dan Lionel Messi di Barcelona.

"Ronaldo pergi, seperti yang sudah diingatkan oleh beberapa haters di Twitter. Saya bisa yakinkan kepada Anda bahwa tidak ada yang berubah bagi La Liga," kata Tebas dikutip dari Football Italia, Minggu (15/11/2020). 

"Sejujurnya, saya rasa Serie A juga tidak banyak berkembang [dengan kedatangan Ronaldo]. Mereka hampir tidak menyadari efek transfer Cristiano Ronaldo," sambung Tebas.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Bagaimana Jika Messi Pergi?

Hal yang sama juga diklaim oleh Tebas terjadi pada kasus Neymar. La Liga tidak meratapi transfer Neymar ke PSG. Pemain asal Brasil itu diklaim tidak membawa dampak besar untuk Ligue 1.

"Ligue 1 masih tetap Ligue 1. Merek La Liga dan klub-klub besar yang ambil bagian berada di atas pemain sebagai individu, tidak peduli seberapa besar mereka," kata Tebas.

Javier Tebas kini menilai ada dua pemain yang ikon besar La Liga yakni Lionel Messi dan Sergio Ramos. Akan tetapi, kebersamaan keduanya dengan klubnya tengah terancam. Kontrak mereka akan habis pada Juni 2021.

"Jelas, saya tidak ingin mereka meninggalkan La Liga, tetapi jika itu terjadi, kami semua harus memberikan lebih banyak untuk mengisi kekosongan," kata Tebas.

Lionel Messi hampir meninggalkan Barcelona awal musim 2020/2021 lalu. Messi meminta Barcelona untuk memutuskan kontraknya. La Liga pun turun tangan dengan membuat keputusan Barcelona tak bisa memutus kontrak peraih enan gelar Ballon d'Or.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 15/11/2020)

Video Populer

Foto Populer