Sukses


Stephanie Frappart, Bakal Torehkan Sejarah Jadi Wasit Perempuan Pertama di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart, akan menorehkan sejarah baru. Ia akan menjadi perempuan pertama yang didapuk jadi wasit pada pertandingan Liga Champions untuk pria saat memimpin duel Juventus melawan Dynamo Kiev di Allianz Stadium, Turin, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. 

Stephanie Frappart sebelumnya juga telah membukukan sejarah baru ketika menjadi wasit perempuan pertama di pertandingan Ligue 1, serta memimpin pertandingan Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool melawan Chelsea. 

Ia juga telah melakoni debut mempimpin pertandingan Liga Europa pada Oktober 2020. Pencapaiannya terus meroket karena UEFA telah menunjuknya menjadi perempuan pertama yang akan memimpin pertandingan antarklub paling elite di Eropa. 

Karier Frappart sebagai wasit sudah berlangsung panjang. Ia kali pertama memimin pertandingan pada usia 13 tahun. 

Kariernya makin menanjak ketika menjadi wasit perempuan pertama di Divisi II Liga Prancis pada 2014. Lima tahun berselang, ia promosi untuk memimpin laga di Ligue 1.  

Di Eropa, ia juga menjadi perempuan pertama yang memimpin pertandingan internasional pria, tepatnya di laga UEFA Nations League antara Malta melawan Latvia pada September 2020. 

Baru-baru ini, Stephanie Frappart juga memimpin dua pertandingan Liga Europa, Leicester vs Zorya Luhansk pada 22 Oktober dan Granada kontra Omonia Nicosia pada pekan lalu.  

 

2 dari 2 halaman

Dipuji Jurgen Klopp

Frappart mengikuti jejak dua pelopor wasit perempuan di kancah bergengsi, Nicole Petignat dan Bibiana Steinhaus. Petignat adalah wanita pertama yang memimpin pertandingan di Piala UEFA 2003, sedangkan Steinhaus menjadi wasit wanita pertama di liga utama Eropa ketika bertugas di Bundesliga Jerman.

"Ini pada saat yang sama merupakan hak istimewa, kehormatan, dan tanggung jawab," kata Frappart sebelum musim penuh pertamanya bertugas sebagai wasit di Ligue 1 pada musim 2019/2020, seperti dilansir Sport.NDTV, Selasa (1/12/2020).  

"Saya berharap karier saya akan mendorong gadis-gadis muda terlibat dalam perwasitan," imbuh dia. 

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, pernah memuji Frappart dan asistennya saat mereka bertugas di Piala Super Eropa 2019. 

"Begitu banyak tekanan untuk momem bersejarah seperti ini. Mereka tetap tenang dan melakukan apa yang menjadi tugasnya. Saya sangat respek terhadap Stephanie Frappart," kata Klopp. 

Sumber: UEFA, Sport.NDTV

Ini 5 Supermodel Dunia yang Menjalin Hubungan dengan Atlet

Video Populer

Foto Populer