Sukses


Sudah Diumumkan, Stadion Napoli Berubah Nama Menjadi Stadio Diego Armando Maradona

Bola.com, Napoli - Dewan Kota Naples memutuskan dengan suara bulat untuk mengubah nama stadion kandang Napoli dari Stadio San Paolo menjadi Stadio Diego Armando Maradona.

Ya, duka untuk kepergian Diego Maradona masih tersisa. Argentina dan Napoli paling terpukul. Maradona jelas dianggap pahlawan besar Argentina, dan dia pernah membuat publik Napoli mencapai level yang tak terbayangkan.

Resolusi pergantian nama stadion ini diusulkan sendiri oleh walikota Napoli, Luigi De Magistris, hanya beberapa jam setelah kabar kematian Diego Maradona menyeruak pekan lalu.

Rasnya tidak ada yang tidak mengenal nama Maradona di Napoli. Puluhan tahun silam, Maradona memimpin Napoli meraih dua gelar Serie A pada tahun 1987 dan 1990.

Kala itu keajaibannya mampu membawa Napoli mengalahkan raksasa seperti Juventus dan AC Milan. Dan sampai sekarang Napoli hanya pernah dua kali juara Serie A, keduanya bersama Maradona.

"Dengan bakat luar biasa dan sentuhan magisnya, dia (Maradona) mengenakan kostum Napoli selama tujuh tahun, memberikan dua gelar liga yang bersejarah dan beberapa trofi prestisius lainnya," begitu bunyi pernyataan resmi dari dewan kota Naples.

"Dan sebagai gantinya dia menerima cinta abadi tanpa syarat dari seluruh kota," lanjut keterangan tersebut. 

 

2 dari 3 halaman

Napoli Begitu Mencintai Diego Maradona

Pernyataan resmi itu pun menyinggung hubungan erat Diego Maradona dengan kota kelas pekerja seperti Napoli. Maradona memang begitu dekat dengan situasi itu, mengingat dia dibesarkan dalam kondisi sulit di Buenos Aires.

"Melalui kemenangan-kemenangan sepak bola sang juara Argentina ini, bukan hanya tim Napoli yang menang melainkan seisi kota, yang sepenuhnya mengenal dia," lanjut pernyataan tersebut.

"Dia selalu memihak mereka yang lemah dan orang-orang biasa, Maradona melawan prasangka dan diskriminasi yang masih dialami Neapolitans di dalam stadion, dia jadi idola seisi kota."

Perubahan nama stadion ini tinggal menunggu diresmikan oleh Gubernur Provinsi Naples, yang diyakini hanya soal formalitas.

 

Sumber: Goal

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 05/12/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Presiden Real Madrid, Florentino Perez Beberkan Alasan Bentuk Liga Super Eropa

Video Populer

Foto Populer