Sukses


Liga Champions: Eks Liverpool Membela Wasit yang Dituduh Rasis pada Laga PSG Vs Istanbul Basaksehir

Bola.com, Jakarta - Berbeda pandangan dengan sejumlah figur sepak bola, eks Liverpool, John Barnes, memberikan pembelaan kepada wasit keempat pada laga Liga Champions antara PSG vs Istanbul Basaksehir, Sebastian Coltescu, yang diduga melakukan tindakan rasialisme.

Sebastien Coltescu mendapatkan sorotan tajam usai diduga melakukan aksi hujatan rasialisme kepada asisten pelatih Istanbul Basaksehir, Pierre Webo. Wasit utama pun langsung menyudahi laga tersebut karena para pemain PSG dan Istanbul Basaksehir memilih walk off.

Berbagai kecaman keluar dari mulut sejumlah figur sepak bola. Ada juga yang menilai bahwa apa yang dilakukan PSG dan Istanbul Basaksehir adalah langkah yang tepat.

Kendati demikian, pendapat berbeda dikeluarkan oleh John Barnes. Mantan pemain Liverpool itu merasa ada kesalahpahaman terkait penggunaan kata 'negru' yang disalahartikan.

Dalam unggahan di akun Twitter pribadinya yang berisi gambar ofisial Basaksehir, Barnes menuliskan, "Di sini ada staf pelatih Istanbul. Satu di antaranya harus diberikan kartu merah, dan wasit utama bertanya kepada wasit keempat (Coltescu) siapa yang dimaksud."

"Adakah yang bisa memberi tahu saya bagaimana seharusnya mengidentifikasi seseorang yang tidak tahu namanya, tidak punya nomor punggung, selain mengatakan YANG HITAM ITU?"

Seorang warganet ada yang merespons cuitan John Barnes bahwa ada cara lain yang lebih baik. Namun, komentar itu langsung dijawabnya.

"Kalau CUMA ada orang kulit putih dalam ruangan atau grup, ya begitulah caranya. Memang KAU ada cara lain untuk menjelaskan SATU-SATUNYA orang kulit putih atau kulit HITAM dalam sebuah grup tersebut?"

"Demba Ba kan bilang, 'Kenapa kalau orang kulit putih Anda tidak bilang orang kulit putih ini?'. Bayangkan kalau ada lima pelatih berkulit hitam dan satu berkulit putih, dia akan bilang, 'pelatih yang kulitnya putih', ada cara lain?"

 

Video

2 dari 2 halaman

Dilanjutkan pada Rabu Malam

Pertandingan kelima Grup H Liga Champions antara Paris Saint-Germain kontra Istanbul Basaksehir harus terhenti akibat dugaan rasisme. UEFA telah memutuskan laga kedua tim akan dilanjutkan pada Rabu (9/12/2020) malam waktu setempat.

"UEFA mengetahui insiden selama pertandingan Liga Champions malam ini antara Paris Saint-Germain dan Istanbul Basaksehir, dan akan melakukan penyelidikan menyeluruh. Rasisme dan diskriminasi dalam segala bentuknya, tidak memiliki tempat di sepak bola," bunyi pernyataan resmi UEFA.

"UEFA telah berdiskusi dengan kedua klub, memutuskan dengan alasan yang luar biasa untuk memiliki menit tersisa pertandingan yang dimainkan besok (Rabu) dengan tim ofisial pertandingan yang baru. Kick-off laga telah ditetapkan pada pukul 18.55 CET," lanjut pernyataan UEFA.

Sumber: Twitter/John Barnes

Video Populer

Foto Populer