Sukses


10 Pemilik Klub Olahraga Terkaya di Dunia, Owner Manchester City di Posisi Kedelapan dan Tak Ada Roman Abramovich

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang mengidamkan jadi pemilik tim olahraga. Namun, untuk menjadi pemilik seperti itu Anda butuh kekayaan melimpah. 

Pemilih Manchester City, Sheikh Mansour, contohnya. Pemilik Manchester City yang bernaung di bawah The City Footbal Group (CFG) enar-benar tajir melintir. CFG dua bulan lalu membeli klub Liga 2 Prancis, Estac Troyes, Kamis (3/9/2020).  

Dengan tambahan Estac Troyes, pemilik Manchester City total telah memiliki 10 klub. Troyes, yang memenangi Piala Intertoto pada 2001, finis keempat pada Liga 2 Prancis musim lalu. Mereka kehilangan kesempatan promosi ke Ligue 1 karena kompetisi digentikan lebih awal karena pandemi Covid-19. 

Seperti dilansir The Sun, CFG akan menjadi pemegang saham mayoritas baru di klub. Mereka mengakuisisi saham yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya, Daniel Masoni.

Pengusaha Prancis Maxime Ray juga telah mengakuisisi saham minoritas. Dia akan duduk di dewan direksi klub.

Troyes bergabung dengan sejumlah klub dari seluruh dunia sebagai bagian dari CFG, yang memiliki City sebagai induk dan kantor pusatnya di Manchester.

Sebagai tambahan mereka saat ini memiliki tim di New York (Amerika Serikat), Melbourne (Australia), Jepang, Cina, Spanyol, Uruguay, India, dan Belgia.

Namun, Sheikh Mansour ternyata tidak masuk peringkat tiga besar pemilik tim olahraga terkaya di dunia. Lalu siapa saja yang berada di posisi atas. Berikut perinciannya, seperti dilansir The Sun. 

 

2 dari 11 halaman

10. Josep Tsai (Rp207,3 Triliun)

Pebisnis yang berdarah campuran Taiwan, Hong Kong, dan Kanada itu menjadi pemilik tunggal klub basket NBA, Broklyn Nets pada 2019.  Dia juga investor di klub MLS, Los Angeles FC. 

Tsai mengeruk uang besar dari bisnis eCommerce, dan memiliki kekayaan mencapai 11,1 miliar pounds atau setara Rp207,3 triliun. 

 

3 dari 11 halaman

9. Dietrich Mateschitz (Rp395,2 triliun)

Pria Austria ini adalah co-founder dan pemilik 49 persen saham Red Bull yang nilai kekayaannya mencapai 21 miliar pounds  atau setara Rp395,2 triliun.

Uang itu memungkinkan grup miliknya untuk berinvestasi di sejumlah tim olahraga, termasuk New York Red Bulls, Red Bull Racing, Scuderia Alphatauri, Fc Salzburg, dan penakluk Manchester United di Liga Champions, RB Leipzig.

Dia juga memiliki sebuah pulau di luar Fiji yang dia beli dari keluarga Forbes 7 juta pounds (Rp130,7 miliar).

 

4 dari 11 halaman

8. Sheikh Mansour (Rp429,5 Triliun)

Cukup adil untuk mengatakan Mansour telah mengubah lansekap sepak bola Inggris. Kekayaannya telah memberi Manchester City kekuatan finansial untuk menjadi salah satu kekuatan sepak bola Eropa.

Kekayaannya senilai 23 miliar pounds atau setara Rp429,5 triliun diwarisi dari keluarga kerajaan Abu Dhabi.

 

 

5 dari 11 halaman

7. David Thompson dan Keluarga (Rp564 Triliun)

Tokoh media David Thomson adalah orang terkaya di Kanada, dengan kekayaan senilai 30 miliar pounds atau setara Rp564 triliun, dan memiliki tim NHL Winnipeg Jets.

Keluarganya mengendalikan kerajaan media dan penerbitan yang didirikan oleh kakeknya Roy Thomson. Yang terbesar adalah Thomson Reuters. David menjabat sebagai ketuanya.

 

6 dari 11 halaman

6. Daniel Gilbert (Rp582,8 Triliun)

Pemilik klub basket NBA, Cleveland Cavaliers, yaitu Daniel Gilbert memiliki kekayaan senilai 31 miliar pounds atau setara Rp582,8 triliun. Dia kaya raya sebagai salah satu pendiri pemberi pinjaman hipotek Quicken Loans, serta pendiri Rock Ventures - yang menawarkan portofolio perusahaan, investasi, dan real estate.

Gilbert juga menjadi pemilik klub Liga Hoki Amerika, Cleveland Monsters, dan NBA G League, Canton Charge.

7 dari 11 halaman

5. Francois Pinault dan Keluarga (Rp601,7 Triliun)

Pinault adalah pendiri grup mewah Kering dan perusahaan investasi Art. Dia juga memiliki klub Ligue 1, Prancis Stade Rennais FC, yang dia beli pada 1998, meskipun putranya (Francois-Henri), menikah dengan Salma Hayek, yang juga menangani urusan tim.

Di bawah kepemilikan keluarga Pinault, klub telah berkembang dari klub divisi dua menjadi sekarang berkompetisi di Liga Champions. Meskipun memiliki kekayaan senilai 32 miliar pounds (Rp601,7 triliun) ia tetap selalu berhati-hati saat menyuntikkan dana ke klub.

8 dari 11 halaman

4. Carlos Slim (Rp728,3 Triliun)

Pebisnis Meksiko itu pernah menjadi orang terkaya di dunia dari 2010/2013 versi Forbes. Namun, kekayaannya telah turun menjadi lebih sedikit, meskipun jumlahnya tetap luar biasa, yaitu 39 miliar pounds atau setara Rp728,3 triliun.

Slim dulu memiliki klub Liga MX Club Leon hingga 2017.

 

9 dari 11 halaman

3. Armancio Ortega (Rp896,5 Triliun)

Ortega menghasilkan uang dari bisnis di dunia mode dan merupakan pendiri brand Zara. Ortega adalah seorang penggemar berat sepak bola, kekayaannya mencapai 48 miliar pounds atau setara Rp896,5 triliun). 

Dia merupakan pemilik klub yang menjadi idolanya pada masa kecil, Deportivo La Coruna, yang saat ini berada di puncak divisi dua Spanyol.

 

10 dari 11 halaman

2. Steve Ballmer (Rp996,7 Triliun)

Ballmer, tentu saja, adalah mantan kepala eksekutif Microsoft. Selama bertahun-tahun, pengusaha Amerika itu mengumpulkan kekayaan sebesar 53 miliar pounds atau setara Rp996,7 triliun.

Pada 2014, ia menjadi pemilik LA Clippers. Ia mengakuisisi tim NBA itu seharga 1,5 miliat pounds atau setara Rp28 triliun.

11 dari 11 halaman

1. Mukesh Ambani (Rp1,07 Kuadriliun)

Pemilik tim olahraga terkaya adalah Ambani, orang terkaya ke-9 di dunia menurut Forbes. Melalui perusahaan petrokimia, minyak dan gas Reliance Industries, dia telah menghasilkan 55 miliar pounds atau setara Rp1,07 kuadraliun. 

Itu memungkinkan dia untuk mendirikan tim raksasa Liga Premier India, Mumbai India, pada 2008, serta mendirikan Liga Super India, dan liga sepak bola India.

Ambani tinggal di sebuah rumah di Gedung Antilia yang dikatakan bernilai 1 miliar pounds (Rp18,8 triliun). Ya itu betul. Bacalah lagi dan menangislah.

Sumber: The Sun

 

Video Populer

Foto Populer