Sukses


Deretan Legenda Sepak Bola yang Wafat pada Pengujung 2020, dari Ricky Yacobi hingga Paolo Rossi

Bola.com, Jakarta - Pengujung 2020 menjadi periode pahit buat sepak bola, baik itu di level nasional, mau pun internasional. Sejumlah legenda rumput hijau satu per satu wafat, meninggalkan sejuta kenangan manis yang telah ditorehkan semasa aktif bermain.

Selain itu, wabah virus corona COVID-19 yang menyerang sejak awal tahun juga sangat mengganggu kalender sepak bola. Shopee Liga 1 2020 misalnya, sampai detik ini belum jelas nasibnya meski otoritas terkait berencana melanjutkan kompetisi pada Februari 2021.

Di level internasional, Piala Eropa 2020 juga mengalami penundaan. Pun dengan sejumlah kompetisi lainnya seperti Piala AFC U-19 sampai Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar tahun ini.

Gegap gempita stadion yang biasanya ramai dengan sorak sorai penonton juga menjadi asing buat mata lantaran larangan suporter untuk menyaksikan langsung sebuah pertandingan sepak bola.

Namun yang paling memilukan adalah kabar duka yang datang silih berganti jelang pergantian tahun. Ini membuat tahun 2020 menjadi periode yang begitu ingin cepat dilupakan, bukan cuma buat pencinta sepak bola, tapi warga dunia pada umumnya.

Berikut ini deretan legenda sepak bola yang meninggal dunia di pengujung tahun 2020:

2 dari 6 halaman

Ricky Yacobi

Penyerang legendaris Timnas Indonesia, Ricky Yacobi, meninggal dunia pada Sabtu (21/11/2020) pagi WIB.

Ricky Yacobi awalnya sedang melakukan kegiatan berolahraga yakni sepak bola. Eks PSMS itu turut bertanding pada acara Trofeo Medan Selection yang digelar di Lapangan A Senayan, Jakarta.

Pada pertandingan yang baru berlangsung 15 menit itu, Ricky Yacobi berhasil membuka keunggulan buat timnya. Ricky Yacobi belum sempat melakukan selebrasi atas gol yang dicetaknya.

Namun, setelah melepaskan tembakan indah yang berbuah gol itu, tubuh Ricky Yacobi langsung ambruk ke tanah. Ricky Yacobi terkena serangan jantung dan para pemain yang ada berupaya melakukan pertolongan pertama.

"Habis mencetak gol, mau selebrasi, terus jatuh kena serangan jantung," kata Lody Hutabarat, rekan bermain Ricky Yacobi.

Ricky Yacobi dibawa ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Mintohardjo yang lokasinya tidak jauh dari lapangan. Akan tetapi, nyawa Ricky Yacobi tidak dapat tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 9:15 WIB.

Ricky Yacobi meninggal dunia pada usia 57 tahun. Almarhum dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir pada pukul 15:30 WIB, Sabtu (21/11/2020).

3 dari 6 halaman

Diego Maradona

Legenda sepak bola dunia, Diego Mardona, meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Ia dikabarkan mengalami henti jantung.

Maradona telah mewarnai sepak bola dunia dengan aksi briliannya di klub maupun Timnas Argentina. Sampai saat ini, masih jarang pemain yang seperti dia, selain juniornya, Lionel Messi.

Selama karier sepak bolanya dan dipuja oleh jutaan orang di seluruh dunia karena keterampilan briliannya.

4 dari 6 halaman

Jusub Luluporo

Jusub Luluporo meninggal dunia saat bermain sepak bola pada Sabtu (28/11/20) sore. Almarhum merupakan satu di antara pesepak bola terbaik Indonesia era 1990-an yang membawa Barito Putera menjadi semifinalis Liga Indonesia (Liga Dunhill) 1994/1995.

Mendiang Jusub Luluporo meninggal dunia pada usia 47 tahun akibat serangan jantung ketika tengah bermain sepak bola di lapangan Mini Soccer Green Yakin, Banjar, Kalimantan Selatan.

Sebelum bertanding, ia sempat mengeluhkan penyakit flu yang dideritanya. Nahas, pesepak bola kelahiran Jayapura itu terkena serangan jantung dan meninggal pada pukul 16.45 WITA meski sempat dilarikan ke RSUD Ulin Banjarmasin.

 

5 dari 6 halaman

Paolo Rossi

Paolo Rossi yang sukses membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 1982 meninggal dunia. Rossi wafat pada usia 64 tahun pada Kamis (10/12/2020) pagi WIB.

Ia merupakan sosok legenda untuk pencinta sepak bola Italia dan juga dunia. Rossi berhasil membawa Gli Azzurri merengkuh trofi Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Pada pesta sepak bola empat tahunan tersebut, Paolo Rossi berhasil mendulang enam gol dan menyandang status top skorer. Dari enam gol tersebut, satu di antaranya disarangkan Rossi ke Jerman Barat pada laga final Piala Dunia 1982.

Tak hanya bersama Timnas Italia, Paolo Rossi juga merasakan tujuh gelar juara di level klub, dengan perincian satu gelar ketika berseragam Vicenza dan enam trofi saat berseragam Juventus.

Sepanjang kariernya, pria kelahiran 23 September 1956 itu berhasil mendulang 20 gol dari 48 pertandingan bersama Timnas Italia. Adapun di level klub, Paolo Rossi mengoleksi 134 gol dari 338 laga di seluruh ajang.

6 dari 6 halaman

Video

Presiden Real Madrid, Florentino Perez Beberkan Alasan Bentuk Liga Super Eropa

Video Populer

Foto Populer