Sukses


Cristiano Ronaldo Benar-benar Goat, Ini 10 Rekornya di Juventus dan Liga Italia

Bola.com, Jakarta - Usia tampaknya benar-benar sekadar angka bagi Cristiano Ronaldo. Buktinya, superstar Juventus itu masih gemilang meskipun telah berusia 35 tahun.  

Cristiano Ronaldo membuka 2021 dengan mencetak dua gol ke gawang Udinese. Pemain asal Portugal itu membawa Juventus menang dengan skor 4-1 pada laga pekan ke-15 Liga Italia, Senin (4/1/2021) dini hari WIB.

Dua gol ke gawang Udinese juga membuat Ronaldo berada di daftar paling atas top skorer sementara Serie A. Ronaldo telah mencetak 14 gol dari 11 laga di Serie A musim 2020/2021.

Ronaldo unggul dua atas striker Inter Milan, Romelu Lukaku, dalam perebutan gelar top skorer Serie A.

Sementara itu, secara keseluruhan, Ronaldo telah mencetak 758 gol di semua kompetisi. Mantan pemain Real Madrid itu sukses melewati catatan gol pemain legendaris asal Brasil yakni Pele yang mencetak 757 gol.

Lantas, rekor apa saja yang sudah dipecahkan Cristiano Ronaldo sejak pindah ke Juventus pada 2018? Berikut beberapa di antaranya. 

 

2 dari 11 halaman

1. Gol Beruntun di Serie A

Ronaldo adalah monster untuk urusan mencetak gol. Walau baru dua musim di Liga Italia, Ronaldo sudah memegang rekor sebagai pencetak gol beruntung paling panjang pada kompetisi paling elite di Italia.

Ronaldo mencetak gol sebelas laga beruntun musim lalu. Ronaldo berada di level yang sama dengan Fabio Quagliarella (2018/19) dan Gabriel Batistuta (1994/95). Ronaldo mencetak 16 gol dalam 11 laga tersebut.

 

 

3 dari 11 halaman

2. Gol Beruntun di Juventus

Jika Ronaldo harus berbagai panggung dengan Quagliarella dan Batistuta di Serie A, maka tidak di Juventus. Ronaldo menjadi pemain dengan rekor gol beruntun paling panjang untuk Juventus di semua kompetisi.

Ronaldo menjadi satu-satunya pemain Juventus yang mampu mencetak gol beruntun pada 10 laga atau lebih.

 

4 dari 11 halaman

3. Top Skorer Pemain Portugal di Serie A

Ronaldo hanya butuh dua musim untuk menjadi top skor Serie A sepanjang masa pada kategori pemain Portugal. Ronaldo mampu mengalahkan dua seniornya yakni Rui Costa dan Luis Figo.

Sejauh ini, hingga artikel ini ditulis, Ronaldo telah mencetak 66 gol di Serie A.

 

 

5 dari 11 halaman

4. Hattrick

Bukan hanya menjadi top skorer sepanjang masa, Ronaldo juga menjadi pemain Portugal pertama yang hattrick di Serie A. Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Cagliari pada awal 2020.

Ronaldo, bersama Alexis Sanchez, menjadi pemain yang mampu membuat hattrick di Premier League, Serie A, dan La Liga. Ronaldo boleh lebih bangga karena dia punya lebih dari 30 hattrick dalam karier sepak bolanya.

 

 

6 dari 11 halaman

5. Top Skorer Juventus Semusim

Juventus punya banyak nama besar untuk posisi penyerang di masa lalu. Ada nama Alessandro Del Piero hingga Roberto Baggio. Namun, Ronaldo akan dikenang dengan cara berbeda.

Ronaldo mencetak 31 gol di Serie A musim lalu. Itu adalah rekor gol paling banyak pemain Juventus dalam semusim di Serie A. Ronaldo sejajar dengan Felice Borel yang mencetak 31 gol pada musim 1933/34.

 

 

7 dari 11 halaman

6. Gol ke-5000 Juventus

Entah kebetulan atau tidak, nama Cristiano Ronaldo juga akan masuk dalam angka penting dalam sejarah Juventus. Kapten timnas Portugal itu menorehkan namanya sebagai pencetak gol ke-5000 Juventus di Serie A.

Ronaldo melakukannya saat membobol gawang Torino pada duel bertajuk Derby della Mole pada 2018 lalu.

Marco Di Vaio mencetak gol ke-4000 Juventus di Serie A pada 2003. Sementara Massimo Briaschi mencetak gol ke-3000 pada 1984 silam.

 

 

8 dari 11 halaman

7. Gol Tandang

Ronaldo punya mental yang luar biasa. Ronaldo bukan tipe pemain yang jago kandang. Jebolan akademi Sporting CP itu juga tangguh di laga tandang. Ronaldo pernah mencetak gol pada sembilan laga beruntun di kandang lawan untuk Juventus.

Bukan hanya di Juventus, ini juga rekor di Serie A.

Sejak era diberlakukan tiga poin untuk satu kemenangan pada 1994 [di Italia], maka Ronaldo menjadi pemain Juventus dengan gol tandang beruntun paling lama.

 

 

 

9 dari 11 halaman

8. Gol Terbanyak Setahun

Cristiano Ronaldo mencetak 33 gol di Serie A sepanjang 2020. Capaian ini membuat Ronaldo menjadi top sepanjang masa Serie A dalam satu tahun kalender selama satu abad terakhir.

Di masa lalu, ada pemain lain yang tidak kalah hebat dari Ronaldo. Omar Sivori mencetak 33 gol pada 1961). Lalu, ada Gunnar Nordahl dengan 36 gol pada 1950 dan Felice Borel dengan 41 pada 1933.

Ronaldo memang bukan yang terbaik sepanjang sejarah Serie A untuk rekor ini. Akan tetapi, di era modern, Ronaldo tidak tertandingi.

 

 

10 dari 11 halaman

9. 30 Gol atau Lebih di Liga Top Eropa

Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak 30 gol atau lebih di tiga liga top Eropa dalam satu musim. Ronaldo melakukannya bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Pada musim 2019/2020 lalu, Ronaldo mampu mencetak 31 gol di Serie A. Ronaldo pernah mencetak jumlah gol yang sama di Premier League. Di La Liga, Ronaldo pernah mencetak 48 gol dalam satu musim.

 

 

11 dari 11 halaman

10. Torehan 50 Gol

Ronaldo menjadi pemain paling cepat mencapai 50 gol di Serie A. Eks bintang Manchester United itu hanya butuh 61 laga untuk mencetak 50 gol di Serie A.

Ronaldo pun mematahkan rekor yang selama ini dipegang legenda AC Milan, Andriy Shevchenko. Pria asal Ukraina itu mencetak 50 gol dari 68 laga di Serie A.

 

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer