Sukses


Sepak Bola Setengah Abad Milik Kazuyoshi Miura, Tenaga Belum Habis di Usia Senja

Bola.com, Yokohama - Kazuyoshi Miura menolak untuk pensiun. Pada usianya yang telah melebihi setengah abad, tenaganya masih belum habis. King Kazu, julukannya, memperpanjang kontraknya dengan Yokohama FC di Liga Jepang.

Kazuyoshi Miura akan berusia 54 tahun pada 26 Februari 2021. Pada J1 League musim depan, penyerang kelahiran Shizuoka ini bakal memainkan musim ke-36 sebagai pemain profesional.

"Saya telah memperbarui kontrak dengan Yokohama FC untuk musim 2021. Musim lalu, saya merasakan kegembiraan bermain sepak bola di saat dunia menghadapi situasi sulit karena virus corona," kata Kazuyoshi Miura dinukil dari laman Yokohama FC.

"Secara pribadi, ini bukan musim yang memuaskan. Namun, ambisi dan antusiasme saya terhadap sepak bola meningkat. Saya akan bekerja keras setiap hari untuk berkontribusi pada kemenangan tim dengan memainkan laga sebanyak mungkin," jelas Kazuyoshi Miura.

Kazuyoshi Miura telah 16 tahun bermain untuk Yokohama FC alias sejak 2005. Pada musim lalu, King Kazu dimainkan dalam empat pertandingan tanpa mencetak gol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Pemain Lima Dekade

Kazuyoshi Miura menjadi satu dari sedikit pemain yang mampu eksis pada lima dekade berbeda. Karier King Kazu dimulai pada 1986 dengan Santos FC menjadi klub pertamanya.

Setelah malang-melintang di Brasil, Kazuyoshi Miura sempat singgah di Eropa untuk memperkuat Genoa dan Dinamo Zagreb. King Kazu baru kembali ke Jepang pada 1999 untuk bergabung dengan Kyoto Sanga FC.

Sempat bermain untuk Sydney FC di Australia, Kazuyoshi Miura merapat ke Yokohama FC pada 2005. Sejak saat itu, kesetiaan King Kazu tidak pernah terkikis.

3 dari 4 halaman

Rekor demi Rekor

Apa yang dilakukan King Kazu sepanjang kariernya dapat menjadi contoh bagi pesepak bola zaman sekarang. Kazuyoshi Miura masih bisa menjaga kebugarannya ketika para pemain seusianya telah pensiun maupun banting setir menjadi pelatih.

Pada 2017, Kazuyoshi Miura tercatat sebagai pemain tertua yang masih bermain di kompetisi profesional pada usia 50 tahun lebih 7 hari. King Kazu memecahkan rekor Stanley Matthews yang bertahan sejak 1965.

Masih di tahun yang sama, Kazuyoshi Miura kembali menggeser rekor Stanley Matthews, kali ini sebagai pemain tertua di dunia yang mencetak gol di dunia profesional.

King Kazu menorehkan satu gol ketika Yokohama FC bermain imbang 1-1 melawan Thespakusatsu Guma di J2 League 2017. Gol itu menjadi yang terakhir buatnya hingga saat ini.

Rekor demi rekor King Kazu tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun lalu, tepatnya 23 September 2020, Kazuyoshi Miura menasbihkan diri sebagai pemain tertua yang bermain di J1 League dan di kasta teratas kompetisi di dunia.

Kazuyoshi Miura tampil selama 56 menit ketika Yokohama FC dikalahkan Kawasaki Frontale 2-3.

4 dari 4 halaman

Gelar dan Statistik King Kazu

Tidak banyak situs statistik sepak bola yang menyediakan perjalanan Kazuyoshi Miura dalam angka secara lengkap. Satu di antara yang memiliki data cukup mendalam adalah Transfermarkt. Laman asal Jerman tersebut merangkum, sejak 1992, King Kazu telah bermain sebanyak 667 pertandingan dan mengukir 187 gol.

Lemari trofi King Kazu juga padat akan gelar, terutama di Jepang. Deretan prestasi yang mengiringi perjalanan kariernya di antaranya:

  • 2 Gelar Japan Soccer League 1990/1991 dan 1991/1992 bersama Tokyo Verdy
  • 2 Gelar J League 1 1993 dan 1994 bersama Tokyo Verdy
  • 1 Gelar Japan Soccer League Cup 1991 bersama Tokyo Verdy
  • 3 Gelar J. League Cup 1992, 1993, 1994 bersama Tokyo Verdy
  • 1 Gelar Emperor's Cup 1996 bersama bersama Tokyo Verdy
  • 2 Gelar Xerox Super Cup 1994 dan 1995 bersama Tokyo Verdy
  • 1 Gelar J2 League 2006 bersama Yokohama FC

Selain itu, di level timnas, Kazuyoshi Miura berkontribusi besar untuk Jepang. Pemain yang pernah menggeluti dunia futsal ini mencatatkan 55 gol dari 89 penampilannya.

King Kazu juga berhasil mengantar Timnas Jepang menjuarai Piala Asia 1992. Di tahun yang sama, Kazuyoshi Miura didapuk sebagai pemain terbaik di benua kuning.

Video Populer

Foto Populer