Sukses


10 Jagoan Dribel Seantero Eropa: Ada Nama Lionel Messi dan Kylian Mbappe, Ronaldo? Enggak Masuk Hitungan

Bola.com, Jakarta - Dribel menjadi salah satu aspek penting dalam sepak bola. Skill satu ini elemen mendasar dalam sepak bola. Sejumlah pemain dianugerahi kemampuan dribel menonjol. Sebut saja Kylian Mbappe, Neymar, dan Lionel Messi.

Neymar bahkan bukan hanya dikenal jago melakukan dribel, tapi juga punya banyak trik untuk melewati lawan. Sedangkan, Mbappe dikenal mengandalkan kecepatan untuk bisa melewati lawan.

Di sisi lain, pemain seperti Cristiano Ronaldo justru mulai mengalami penurunan dalam hal dribel. Walau masih mencetak banyak gol, Whoscored mencatat bahwa Ronaldo tidak masuk dalam 10 raja dribel di lima liga top Eropa.

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar raja dribel Eropa versi Whoscored? Simak di bawah ini

Video

2 dari 11 halaman

Kylian Mbappe

Nama Kylian Mbappe berada di urutan ke-10 dalam daftar raja dribel Eropa. Mungkin, ini tergolong mengejutkan. Sebab, Mbappe selama ini dikenal sangat piawai dalam melewati lawan dan sangat cepat.

Namun, tingkat kesuksesan dribel Mbappe tidak cukup bagus. Dia hanya punya persentase dribel sukses pada angka 50,3 persen. Mbappe sejauh ini melakukan 72 dribel sukses atau 3,5 kali per 90 menit.

3 dari 11 halaman

Jeremy Doku

 Jeremy Doku belum lama ini membuat klaim yang heboh. Dia mengaku bisa melakukan dribel lebih baik dari Neymar dan Kylian Mbappe. Dan, klaim tersebut memang benar adanya.

Whoscored menyebut bahwa pemain Rennes tersebut punya persentase dribel sukses mencapai 63,6 persen. Jeremy Doku telah melakukan 75 dribel sukses musim ini. Lebih baik dari yang dilakukan Mbeppe bersama PSG.

4 dari 11 halaman

Junior Messias

Messias bukan nama yang populer. Dia hanya bermain untuk Crotone, klub yang kini menjadi juru kunci klasemen Serie A. Namun, penyerang 29 tahun tampil cukup bagus musim ini. Messias telah mencetak tujuh gol.

Keistimewaan Messias bukan dalam hal mencetak gol, tapi melakukan dribel. Pemain asal Brasil itu telah melakukan 78 dribel sukses pada musim 2020-2021. Persentase dribel sukses Messias mencapai angka 62,4 persen.

5 dari 11 halaman

Romain Faivre

Romain Faivre diyakini sebagai salah satu pemain muda yang bakal jadi rebutan banyak klub akhir musim nanti. Sebab, pemain 22 tahun tampil memukau bersama Brest di Ligue 1 musim 2020-2021 ini.

Romain Faivre punya kemampuan dribel istimewa sebagai seorang winger. Sejauh ini, dia telah melakukan 79 kali dribel sukses bersama Brest. Tingkat sukses dari aksi dribel Romain Faivre mencapai angka 69,3 persen.

Romain Faivre telah mencetak lima gol dan empat assist di Ligue 1.

6 dari 11 halaman

Ludovic Blas

Di posisi keenam pemain dengan dribel paling baik di Eropa, ada nama Ludovic Blas. Winger berusia 23 tahun itu menjadi andalan di sisi kanan lini serang Nantes pada musim ini.

Ludovic Blas telah mencetak tujuh gol dan dua assist.

Ludovic Blas telah melakukan 80 dribel sukses musim ini, atau 3,4 kali per laga. Tingkat sukses dribel Ludovic Blas juga sangat tinggi yakni mencapai 62,5 persen. Ludovic Blas menjadi momok bagi setiap pemain belakang lawan.

7 dari 11 halaman

Andre-Frank Zambo Anguissa

Performa Fulham memang tidak cukup gemilang di Premier League musim 2020-2021. Pasukan Scott Parker harus berjuang untuk bisa lepas dari zona degradasi. Akan tetapi, ada satu nama yang cukup menonjol dari Fulham yakni Andre-Frank Zambo Anguissa.

Gelandang asal Kamerun ini punya kemampuan dribel yang sangat bagus. Dia telah melakukan 82 kali dribel sukses di Premier League. Tingkat kesuksesan dribel pemain 25 tahun juga sangat tinggi, 67,2 persen.

Anguissa berada di lima besar daftar raja dribel Eropa sejauh ini.

8 dari 11 halaman

Rodrigo de Paul

Nama Rodrigo de Paul berulang kali dikaitkan dengan Liverpool pada dua bursa transfer musim 2020-2021. Maklum saja, gelandang Udinese ini memang punya kemampuan yang istimewa. Terutama dalam hal melakukan dribel.

Merebut bola dari kaki Rodrigo de Paul bukan perkara mudah. Dia telah melakukan 92 kali dribel sukses musim ini. Tingkat kesuksesan dribel pemain asal Argentina ini mencapai 70,8 persen. Catatan yang sangat luar biasa tentunya.

9 dari 11 halaman

Javi Galan

Pada urutan ketiga raja dribel Eropa, ada nama Javi Galan. Dia memang bermain di klub medioker, Huesca. Saat ini, Huesca berada di dasar klasemen La Liga. Akan tetapi, performa Javi Galan patut mendapat perhatian.

Sebab, bek kiri berusia 26 tahun itu punya catatan dribel sukses mencapai 80,2 persen. Sejauh ini, Javi Galan telah melakukan 93 kali dribel sukses bersama Huesca. Dia menjadi andalan bagi Huesca ketika melakukan serangan balik.

10 dari 11 halaman

Lionel Messi

Ya benar, Lionel Messi hanya berada di urutan kedua dalam daftar raja dribel Eropa. Messi menang dikenal punya dribel ajaib. Dia bisa melakukan gerakan-gerakan sulit dalam ruang sempit untuk melewati lawan. Tapi, dia bukan raja dribel.

Lionel Messi telah melakukan 113 kali dribel sukses bersama Barcelona. Level kesuksesan setiap aksi dribel Lionel Messi juga sangat luar bagus, 62,1 persen. Statistik ini menjadi bukti bahwa Messi masih berada di top level pada usia 33 tahun.

11 dari 11 halaman

Adama Traore

Adama Traore berada di urutan pertama daftar raja dribel Eropa musim 2020/2021. Sejauh ini, winger Wolverhampton itu telah melakukan 118 dribble sukses. Jebolan La Masia itu rata-rata melakukan 5.4 dribel sukses per laga.

Tingkat kesuksesan dribel Adama Traore mencapai 70.2 persen. Hanya saja, performa pemain 25 tahun pada aspek lain tidak cukup menonjol Sebab, Adama Traore belum mampu mencatatkan satu pun gol maupun assist di Premier League.

Sebagai informasi, Adama Traore selalu melumuri tubuhnya dengan 'baby oil' setiap berlaga agar licin.

Sumber asli: Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 1/4/2021)

Video Populer

Foto Populer