Sukses


Liga Europa: 5 Fakta dan Calon Superstar pada Duel AS Roma Vs Manchester United

Bola.com, Jakarta - Satu tempat di final Liga Europa akan dipertaruhkan ketika AS Roma menyambut Manchester United di Stadio Olimpico dini hari nanti.

Tinggal dua pertandingan lagi sebelum finalis Liga Europa untuk musim 2020/2021 ditetapkan. Tahap terakhir musim ini akan mencapai puncaknya pada hari Jumat, dengan Arsenal menghadapi Villarreal di Emirates, sementara Manchester United akan bertandang ke Stadio Olimpico untuk menghadapi AS Roma pada leg kedua semifinal.

Laga final Liga Europa akan digelar di Gdansk, Polandia, pada 26 Mei waktu setempat. Peluang all English final pada partai puncak nanti sangat terbuka mengingat Manchester United diyakini bakal menyingkirkan AS Roma.

AS Roma melaju hingga semifinal Liga Europa dengan memuncaki Grup A sebelum melewati Braga dan Shakhtar Donetsk di fase gugur. Mereka dipaksa bekerja keras oleh Ajax di perempat final, namun tetap bisa lolos berkat kemenangan agregat 3-2.

Manchester United, di sisi lain, turun ke Liga Europa setelah finis ketiga pada babak grup Liga Champions, sebelum mengalahkan Real Sociedad, AC Milan dan Granada di fase gugur. Setan Merah meraih serentetan hasil manis; hanya kalah satu kali dari 22 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, sekaligus memiliki rekor tandang 100 persen di Liga Europa.

Leg pertama, yang dimainkan pekan lalu di Old Trafford, menyaksikan Manchester United meraih kemenangan 6-2 meski AS Roma unggul 2-1 pada babak pertama. Menjelang pertemuan terakhir antara kedua belah pihak, Bola.com mengulas fakta-fakta dan calon superstar pada duel dini hari nanti.

Video

2 dari 3 halaman

Calon Superstar

Ini merupakan musim perdana yang sulit bersama Manchester United bagi Donny van de Beek. Namun, dia sekarang memiliki kesempatan untuk mengakhirinya dengan catatan yang bagus, mengingat dia hampir pasti akan mendapatkan waktu permainan yang banyak karena Manchester United akan memainkan empat pertandingan dalam tujuh hari.

Pertandingan antara Manchester United dan AS Roma mungkin sudah selesai, itu akan memberi van de Beek kesempatan untuk bermain tanpa beban, yang memungkinkannya untuk mengekspresikan dirinya dengan bebas. Jika dia berhasil tampil mengesankan, bukan tidak mungkin ia akan mendapatkan kans main lebih banyak lagi di pentas Liga Inggris. Pertandingan besar ini untuk van de Beek.

3 dari 3 halaman

5 Fakta Menarik

  • Manchester United dan AS Roma pernah tiga kali tergabung dalam grup yang sama sebelumnya di kompetisi UEFA; enam pertemuan mereka sebelum pertandingan ini, semuanya di Liga Champions UEFA, berlangsung dalam periode 12 bulan dari April 2007 hingga April 2008, dengan Setan Merah memenangkan 4 dari pertandingan tersebut (S1 K1), termasuk hasil 1-7 , yang merupakan kekalahan terbesar Roma di Eropa hingga saat ini.
  • Roma telah memenangkan sepuluh dari 18 pertandingan UEFA mereka di Roma melawan tim tamu Inggris (S4 K4), termasuk lima dari enam pertandingan terakhir, meskipun dua kemenangan dalam pertandingan sistem gugur, 1-0 melawan Arsenal di babak 16 besar Liga Champions 2008/2009 dan 4-2 melawan Liverpool di semifinal kompetisi yang sama sepuluh tahun kemudian, tidak cukup untuk membalikkan keadaan setelah kekalahan leg pertama di Inggris.
  • Rekor tandang Manchester United ke klub-klub Italia adalah M6 S3 K10, dengan kemenangan dicatat di masing-masing dari tiga pertandingan terakhir mereka - terakhir melawan AC Milan di babak 16 besar Liga Europa musim ini, termasuk kemenangan babak 32 besar mereka atas Real Sociedad di tempat netral Turin, Setan Merah terhindar dari kekalahan dalam tujuh laga terakhirnya di Italia (M5 S2).
  • Manchester United telah memenangkan empat pertandingan pada sistem gugur dua leg terakhir mereka melawan tim Italia. Namun, Manchester United kalah di Piala Super UEFA 1999 dari Lazio (0-1), satu-satunya final mereka melawan tim Serie A.
  • Rekor agregat AS Roma adalah M8 K15 ketika mereka dikalahkan di leg pertama kompetisi Eropa. Manchester United, di sisi lain, meraih  19 kemenangan dari 24 pertandingan Eropa sebelumnya di mana mereka memenangkan leg pertama di kandang.

Video Populer

Foto Populer