Sukses


Pandemi COVID-19 Belum Mereda, Korea Utara Resmi Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui situs resminya, Minggu (16/5/2021), mengonfirmasi kabar mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Korea Utara membuang peluang tampil di Piala Dunia 2022 karena pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Saat ini, Korea Utara berada di peringkat ketiga Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan delapan poin dari lima laga. Mundurnya Korea Utara dari ajang tersebut membuat mereka juga tidak akan tampil di Piala Asia 2024.

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hari ini telah mengkonfirmasi mundurnya Asosiasi Sepak Bola Korea Utara dari Kualifikasi Zona Asia untuk Piala Dunia Qatar 2022 dan Piala Asia China 2023," bunyi keterangan resmi AFC.

Mundurnya Korea Utara tentu saja memengaruhi perburuan tiket ke Piala Dunia 2022. AFC mengaku akan segera mencarikan solusi akan hal tersebut dalam waktu dekat.

"Masalah ini sekarang akan dirujuk ke Komite Penyelenggara Kompetisi FIFA dan rincian lebih lanjut tentang klasemen di Grup H, yang mencakup pemimpin saat ini Turkmenistan, tuan rumah tuan rumah Korea Selatan, Lebanon, dan Sri Lanka, akan diumumkan pada waktunya," tutup pernyataan AFC.

Seluruh pertandingan sisa di Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan diselenggarakan di Korea Selatan pada 3-15 Juni 2021. Turkmenistan, Lebanon, dan Sri Lanka masing-masing memiliki tiga laga sisa, sedangkan Korea Selatan memiliki empat laga yang harus dimainkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ikuti Jejak di Olimpiade

Langkah yang diambil Timnas Korea Utara mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 meniru jejak di Olimpiade Tokyo. Kontingen Korea Utara juga memilih mundur dari Olimpiade yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang itu.

Korea Utara menjadi satu-satunya negara di dunia yang tidak memberikan data positif COVID-19. Hal itulah yang membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kesulitan dalam mengetahui tingkat penyebaran COVID-19 di negara tersebut.

Namun, mundurnya Korea Utara dari Olimpiade dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadi bukti negara tersebut masih berperang dengan COVID-19. Keputusan mundur dianggap sudah tepat untuk meminimalisir angka penyebaran.

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer