Sukses


Perjalanan Chelsea ke Final Liga Champions: Ada Warisan Frank Lampard, Jegal Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Chelsea lolos ke final Liga Champions musim 2020/2021. Mereka akan berhadapan dengan Manchester City di Stadion Dragao, Porto, Minggu (30/5) dini hari WIB.

Chelsea menjalani paruh kedua musim ini di bawah arahan Thomas Tuchel. Pelatih asal Jerman tersebut menggantikan Frank Lampard yang dipecat.

Di bawah Tuchel, Chelsea mampu tampil cukup apik. Timo Werner dan kolega tembus empat besar di Premier League dan lolos dua final.

Chelsea memang gagal mengangkat trofi FA Cup setelah dikalahkan Leicester City. Namun, The Blues masih bisa mengakhiri musim dengan trofi Liga Champions.

Bagi Chelsea, ini merupakan final Liga Champions ketiga mereka. The Blues pasti ingin kembali mengangkat trofi Si Kuping Besar setelah tahun 2012 silam.

Sebelum menyaksikan sengitnya duel di Porto nanti, berikut kami sajikan perjalanan Chelsea di Liga Champions musim ini.

Video

2 dari 5 halaman

Enteng di Fase Grup

Chelsea yang finis di peringkat empat Premier League musim 2019/2020 langsung masuk fase grup Liga Champions. Mereka tergabung di grup E bersama Sevilla, Krasnodar, dan Rennes.

Chelsea mengawali fase grup Liga Champions mereka dengan hasil imbang. The Blues bermain imbang tanpa gol saat menjamu Sevilla di Stamford Bridge.

Semenjak saat itu, Chelsea mampu meraih hasil yang apik. Mereka berhasil mengalahkan Krasnodar, Rennes dan Sevilla. Di laga terakhirnya, Chelsea bermain imbang melawan Krasnodar.

Chelsea mengakhiri fase grup Liga Champions dengan catatan empat kemenangan dan dua hasil imbang. Alhasil, The Blues melaju ke fase gugur dengan status juara grup dengan raihan 14 poin.

3 dari 5 halaman

Babak 16 Besar: Tendang Atletico Madrid

Berstatus sebagai juara grup, Chelsea masuk dalam pot unggulan di undian babak 16 besar. Mereka bertemu dengan Atletico Madrid yang merupakan runner-up Grup A.

Pada leg pertama, Chelsea berstatus sebagai tim tamu. Menghadapi wakil Spanyol itu, Chelsea berhasil menang dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Olivier Giroud.

Langkah Chelsea tidak terbendung di leg kedua. Kali ini mereka mengalahkan pasukan Diego Simeone dengan skor 2-0 melalui gol Hakim Ziyech dan Emerson Palmieri.

Agregat akhir menjadi 3-0 untuk keunggulan Chelsea. Cesar Azpilicueta dan kolega kemudian melenggang ke babak perempat final.

4 dari 5 halaman

Perempat Final: Aman di Leg I Kontra FC Porto

Di perempat final, Chelsea bertmu dengan tim kuda hitam, Porto. Wakil Portugal itu melangkah ke babak ini setelah menyingkirkan Juventus.

Di leg pertama, Chelsea harus melakoni partai tandang terlebih dahulu. Namun The Blues berhasil mengantongi kemenangan 2-0 berkat gol Mason Mount dan Ben Chilwell.

Sementara di leg kedua, Chelsea takluk dengan skor 0-1 lewat gol Mehdi Taremi di masa injury time. Meski begitu, The Blues tetap melangkah ke babak semifinal.

5 dari 5 halaman

Semifinal: Gasak Real Madrid

Di semifinal, Chelsea mendapatkan lawan terberat dalam sepanjang perjalanan mereka di Liga Champions. Mereka harus berhadapan dengan salah satu unggulan juara, Real Madrid.

Chelsea menjalani leg pertama di kandang Real Madrid. Di laga ini, pasukan Thomas Tuchel berhasil menahan imbang Los Blancos dengan skor 1-1.

Di leg kedua, Chelsea benar-benar tampil solid. Mereka berhasil mengalahkan tim asuhan Zinedine Zidane dengan skor 2-0 berkat gol Timo Werner dan Mason Mount.

Kemenangan atas Real Madrid membuat Chelsea lolos ke final Liga Champions dengan agregat skor 3-1. Mereka akan berhadapan dengan sesama tim Inggris Manchester City di partai puncak.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 29/5/2021)

Video Populer

Foto Populer