Sukses


3 Bintang Santos yang Bikin Heboh Bursa Transfer Eropa dalam 10 Tahun Terakhir

Bola.com, Jakarta - Santos merupakan satu di antara klub top dunia yang tak pernah berhenti melahirkan pemain-pemain bintang. Kini, klub asal Brasil itu menelurkan satu pesepak bola muda yang diincar klub-klub besar Eropa, yakni Kaio Jorge.

Pemain berusia 19 tahun tersebut tampil impresif bersama Santos. Jorge berhasil mendulang enam gol dan tiga assist dari 24 pertandingan di seluruh ajang pada musim 2021.

Penampilan gemilang Jorge menarik perhatian klub-klub elite Eropa. Juventus dan AC Milan kepincut untuk meminang sang pemain pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Juve butuh tenaga Kaio Jorge jika Cristiano Ronaldo memutuskan angkat kaki dari Allianz Stadium. Di sisi lain, Milan menginginkan pemain asal Brasil tersebut untuk bergantian duet dengan duo striker gaek, Zlatan Ibrahimovic dan Olivier Giroud.

Ketimbang Juventus, kans AC Milan mendapatkan jasa Kaio Jorge terbilang besar. Pasalnya, Milan dikabarkan Sport Mediaset telah mengajukan penawaran sebesar 6 juta euro (Rp 102 miliar) untuk meminang Jorge.

Sementara itu, Presiden Santos, Andres Rueda, mengonfirmasi ada tawaran dari klub Eropa untuk Kaio. Namun, Rueda tak menyebutkan secara pasti klub yang menawar Kaio Jorge.

"Kami telah menerima tawaran, klub memberi tahu kami berapa banyak yang ingin mereka bayar, dan kami membuat proposal balasan, jadi kami menunggu," kata Rueda kepada Diario do Peixe via Tribal Football.

Selain Kaio Jorge, sejumlah pemain Santos juga pernah membuat heboh jagad transfer Eropa dalam 10 tahun terakhir. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Rodrygo Goes ke Real Madrid

Rodrygo Goes merupakan satu di antara pemain muda yang tampil impresif bersama Santos pada musim 2018. Rodrygo berhasil mendulang 12 gol dari 58 pertandingan di seluruh ajang.

Penampilan impresif winger asal Brasil tersebut terendus oleh Real Madrid. Meski sempat bersaing dengan sejumlah klub Eropa, El Real akhirnya sukses menebus Rodrygo Goes dari Santos pada musim panas 2018.

Madrid meminang Rodrygo dengan banderol yang mencapai 45 juta euro atau setara dengan Rp697 miliar. Kendati kesepakatan terjadi pada 2018, sang pemain baru bergabung dengan Los Blancos pada 2019.

Awal karier bersama Real Madrid, Rodrygo Goes tak langsung membela tim utama. Dia lebih dulu membela Real Madrid Castilla untuk proses adaptasi.

Setelah menjalani tiga pertandingan, dia akhirnya menembus skuad utama Madrid pada musim 2019/2020. Pada musim tersebut, dia membukukan tujuh gol dan tiga assist dari 26 penampilan di seluruh ajang.

Adapun pada musim lalu, pemain yang juga berposisi sebagai striker tersebut mengoleksi dua gol dan delapan assist dari 33 pertandingan di seluruh ajang.

 

3 dari 5 halaman

Gabriel Barbosa ke Inter Milan

Pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut tampil impresif ketika berseragam Santos dari 2013 sampai 2016. Meski saat itu usianya belum genap 20 tahun, Gabriel Barbosa mampu mendulang 56 gol dari 154 pertandingan di seluruh ajang.

Berbekal ketajamannya dalam membobol gawang lawan, Gabriel Barbosa mendapat julukan Gabigol. Tampil apik bersama Santos membuat Inter Milan kepincut meminang sang pemain.

Setelah mengucurkan dana 29,5 juta euro atau setara dengan Rp 504 miliar, Gabriel Barbosa diboyong Inter dari Santos pada 27 Agustus 2016. Memiliki kemampuan mengolah bola di atas rata-rata, Gabigol diharapkan mampu menjadi andalan I Nerazzurri di lini serang.

Tetapi pada kenyataannya, Gabriel Barbisa justru dianggap sebagai pembelian gagal Inter Milan. Pada musim perdana bersama Inter, dia hanya mampu mencetak satu gol dari 10 pertandingan di seluruh ajang.

Hingga akhirnya, Inter Milan lebih sering meminjamkan sang pemain ke Benfica, Santos, dan Flamengo. Pada 20 Januari 2020, Inter memutuskan untuk melepas Gabigol ke Flamengo secara permanen dengan harga 18,5 juta euro (Rp 316 miliar).

 

4 dari 5 halaman

Neymar ke Barcelona

Neymar tampil moncer saat berseragam Santos dari 2009 sampai 2013. Pemain yang awal kariernya kerap disebut sebagai The Next Pele itu berhasil mengoleksi 136 gol dari 225 penampilan bersama Santos.

Bakat besar yang dimiliki Neymar tersebut membuatnya menjadi incara klub-klub raksasa Eropa. Hingga akhirnya, Barcelona yang berhasil mendapatkan tanda tangan striker asal Brasil tersebut pada 23 Mei 2013.

Awalnya tak disebutkan secara pasti berapa mahar yang harus dikeluarkan Barca untuk bisa meminang Neymar. Namun belakangan, Los Cules diketahui harus merogoh kocek hingga 86,2 juta euro (Rp 1,4 triliun) demi bisa menggaet pemain berusia 29 tahun itu.

Bersama Barcelona, karier Neymar semakin meroket. Selama empat musim membela Blaugrana, dia mampu mendulang 105 gol dan 76 assist dari 186 penampilan di seluruh ajang.

Berkat kontribusi Neymar, Barcelona sukses merengkuh delapan titel juara, beberapa di antaranya adalah dua trofi La Liga, tiga gelar Copa del Rey, dan satu titel juara Liga Champions.

Setelah empat musim membela El Barca, Neymar memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain pada Agustus 2017. Dia bergabung dengan PSG dengan nilai transfer yang mencapai 222 juta euro (Rp 3,7 triliun).

Sumber: Transfermarkt, Football Italia

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer