Sukses


Andriy Shevchenko Berpisah dengan Timnas Ukraina

Bola.com, Jakarta - Andriy Shevchenko tidak lagi menjadi pelatih timnas Ukraina. Romansa keduanya resmi berakhir seiring habisnya durasi kontrak di antara mereka.

Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih timnas Ukraina pada Juli 2016. Bagi sang legenda, ini adalah pengalaman pertamanya sebagai pelatih. Shevchenko belum pernah melatih klub mana pun sebelum menerima pekerjaan ini.

Shevchenko gagal menunaikan tugas pertama sebagai pelatih dengan baik. Ukraina gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Namun, legenda AC Milan itu menebusnya dengan membawa Ukraina melaju ke putaran final Euro 2020 yang digelar beberapa waktu lalu.

Ukraina tampil cukup bagus di Euro 2020. Walau tidak melaju dengan mulus, Ukraina mampu lolos dari fase grup. Ukraina lantas menang atas Swedia pada babak 16 Besar dengan skor 2-1. Pada babak perempat final, Ukraina bersua Inggris.

Rupanya, Inggris terlalu tangguh bagi tim racikan Shevchenko. Mereka kalah dengan skor telak, 4-0. Langkah Ukraina di Euro 2020 pun pupus. Laga melawan Inggris pun menjadi laga terakhir Shevchenko sebagai pelatih timnas Ukraina.

Sebab, pria berusia 44 tahun itu telah memutuskan berpisah dengan timnas Ukraina. Kontrak antara keduanya sudah berakhir.

"Hari ini, kontrak saya Asosiasi Sepak Bola Ukraina berakhir. Saya menghabiskan lima tahun dengan timnas. Itu adalah kerja keras yang membuktikan bahwa kami mampu memainkan sepak bola modern," ucap Andriy Shevchenko dikutip dari akun Instagram resmi miliknya.

Video

2 dari 3 halaman

Ucapan Perpisahan

Lima tahun menjabat sebagai pelatih, Andriy Shevchenko memimpin Ukraina pada 52 laga internasional. Hasilnya, 25 kali menang, 13 kali imbang, dan 14 kali kalah. Setelah semua berlalu, Shevchenko pun mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak penting dalam perjalanannya.

"Saya berterima kasih kepada presiden dan komite eksekutif UAF atas kesempatan untuk bekerja dengan tim nasional. Saya berterima kasih kepada setiap pemain, setiap orang yang membantu dan terlibat dalam tim. Terima kasih banyak kepada semua fans atas dukungan dan kritiknya," kata Shevchenko.

"Bersama-sama, kami sukses menunjukkan bahwa sepak bola kami bisa kompetitif, produktif, dan menggairahkan. Dengan penuh keyakinan di Ukraina," tutup Shevchenko.

Sumber: Instagram

3 dari 3 halaman

Jejak AC Milan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer