Sukses


5 Rekrutan Gratis Terhebat di Sejarah Sepak Bola Dunia, Lionel Messi Juaranya

Bola.com, Jakarta - Paris Saint-Germain (PSG) bak mendapat durian runtuh. Tanpa merogoh biaya transfer sepeser pun, klub kaya raya Prancis itu mendapatkan tanda tangan Lionel Messi

Meskipun usianya sudah 34 tahun, Lionel Messi masih dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. La Pulga masih moncer dan menakutkan di depan gawang lawan, punya visi permainan brilian, dan sulit diredam. 

Kontrak Messi di Barcelona habis pada 1 Juli 2021. Barca dan Messi sebenarnya sepakat untuk melanjutkan kerja sama selama lima tahun. 

Namun, mereka mendapat kenyataan pahit. Barca tidak dapat mendaftarkan Messi meskipun gajinya sudah dipotong 50 persen. Barca tidak bisa memenuhi aturan Financial Fair Play dari La Liga karena kondisi keuangan yang buruk, alias besar pasak daripada tiang. 

Setelah mengucapkan perpisahan yang emosial terhadap fans Barca, Messi menyambar peluang gabung PSG, dengan gaji fantastis, dikabarkan mencapai 1 juta pounds per pekan. Mampukah Lionel Messi memberikan kesuksesan di PSG? 

Selama bertahun-tahun, beberapa pemain kelas dunia telah pindah dengan status bebas transfer dan menemukan kesuksesan di klub baru mereka. Berikut ini lima di antaranya yang menempati lima posisi teratas, seperti dilansir Sportkeeda

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

5. Gianluigi Donnarumma (ke PSG, 2021)

Donnarumma dianggap sebagai salah satu kiper aktif terbaik, meskipun usianya masih muda. Donnarumma pertama kali menorekan namanya di AC Milan sebagai remaja 16 tahun yang dewasa sebelum waktunya.

Pemain berusia 22 tahun itu dengan cepat menjadi pemain kunci di klub, membantu Rossoneri finis di peringkat kedua pada musim 2020/2021 untuk memastikan kembali ke Liga Champions.

Donnarumma melanjutkan performa bagusnya saat mengantar Timnas Italia menjuarai Euro 2020 musim panas ini. Sang penjaga menorekan clean sheet di ketiga pertandingan grup dan membuat penyelamatan kunci dalam kemenangan adu penalti melawan Spanyol di semifinal dan Inggris di final. Donnarumma dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen Euro 2020.

Namun, Milan gagal mengikat Donnarumma dengan kontrak baru. PSG langsung bergerak dan mendapatkan Donnarumma secara gratis. PSG benar-benar beruntung. 

Awal musim panas ini, PSG juga mengakuisisi legenda Real Madrid Sergio Ramos dan pemain Liverpool Georginio Wijnaldum dengan status bebas transfer.

Donnarumma sekarang akan berusaha keras di tim PSG yang bertabur bintang. PSG ingin menegaskan kembali dominasi di liga domestik dan memenangkan gelar Liga Champions untuk kali pertama.

 

3 dari 6 halaman

4. Paul Pogba (ke Juventus, 2012)

Paul Pogba bisa dibilang salah satu pemain lini tengah paling berbakat. Namun, setelah kesulitan mendapatkan menit bermain selama di Manchester United, pemain Prancis itu pindah ke raksasa Italia Juventus dengan status bebas transfer pada musim panas 2012.

Cukuplah untuk mengatakan, Pogba adalah pemain yang menonjol untuk Bianconeri selama empat musim di Turin. Gelandang Prancis itu mencetak 34 gol dan memberi assist pada 40 kesempatan saat Bianconeri memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut dan mencapai final Liga Champions.

Terlepas dari kontribusi golnya, Pogba adalah pemain tangguh di lini tengah Bianconeri, mengatur permainan dan menyulap banyak peluang mencetak gol bagi rekan setimnya. Mempertimbangkan eksploitasinya, United tidak ragu untuk menghabiskan 89 juta pounds dan membawa Pogba kembali ke Old Trafford sebelum dimulainya musim 2016/2017.

 

4 dari 6 halaman

3. Andrea Pirlo (ke Juventus, 2011)

Andrea Pirlo bisa dibilang salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Selama satu dekade yang termasyhur bersama AC Milan, juara Piala Dunia 2006 itu mencetak 41 gol dan 70 assist dalam lebih dari 400 penampilan di semua kompetisi, membantu Rossoneri memenangkan dua Serie A dan banyak gelar Liga Champions.

Jadi menjadi kejutan besar ketika Pirlo, yang saat itu berusia 32 tahun, dibiarkan kontraknya habis oleh Milan, meskipun memainkan peran kunci dalam klub memenangkan gelar liga pertama mereka dalam tujuh tahun. Itu membuka jalan bagi Pirlo bergabung ke Juventus. Di sana, ia menikmati tugas empat musim yang tak terduga.

Menua seperti anggur berkualitas, Pirlo melanjutkan eksploitasinya di klub barunya, mencatatkan 57 gol untuk membantu Bianconeri memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut. Mempertimbangkan penampilan Pirlo setelah meninggalkan Turin, CEO Milan Adriano Galliani mengakui bahwa membiarkannya pergi adalah salah satu keputusan terburuknya.

 

5 dari 6 halaman

2. Robert Lewandowski (ke Bayern Munchen, 2014)

Jauh sebelum ia menorehkan namanya di Bayern Munich sebagai salah satu striker paling mematikan dalam sejarah, Robert Lewandowski pertama kali menunjukkan kehebatannya di Borussia Dortmund.

Setelah tiba di Bundesliga dari Lech Poznan pada musim panas 2010, Lewandowski mencatatkan 103 gol dan 42 assist dalam empat musim di Dortmund, memenangkan dua gelar Bundesliga dan mencapai satu final Liga Champions.

Di tengah minat dari Bayern Munich, Lewandowski memilih menghabiskan kontraknya di Dortmund sebelum tiba di Allianz Arena pada musim panas 2014 dengan status bebas transfer. Sisanya adalah sejarah.

Pemain Polandia yang produktif ini telah mengumpulkan hampir 300 gol dan 65 assist dalam 329 penampilan untuk klub, memenangkan tujuh gelar Bundesliga berturut-turut dan treble kontinental pada 2019/2020. Musim lalu, Lewandowski mencetak 41 gol untuk memecahkan rekor gol terbanyak Gerd Muller selama lima dekade dalam satu musim Bundesliga.

 

6 dari 6 halaman

1. Lionel Messi (ke PSG, 2021)

Lionel Messi bisa dibilang salah satu pemain terbaik di dunia. Messi jadi mesin gol dan memenangkan berderet gelar selama hampir dua dekade yang sangat sukses di Barcelona.

Pemenang enam gelar Ballon d'Or itu menorehkan 1.077 gol untuk Barcaa dalam 17 musim, 10 gelar La Liga, dua treble kontinental, dan delapan penghargaan Pichichi. Setelah kontraknya habis musim panas ini, Messi digadang-gadang melanjutkan karier di Barca. 

Namun, itu tidak terjadi karena aturan fair play keuangan La Liga. Barcelona tidak dapat melepaskan cukup banyak pemain untuk mengakomodasi kontrak baru Messi, meskipun sang pemain menyetujui pemotongan gaji 50%. Itu membuat Messi berstatus pemain bebas tansfer paling didambakan dalam sejarah olahraga.

PSG dengan cepat bergerak, menyetujui kontrak dua tahun dengan pemenang Copa America 2021 tersebut. Messi akan bergabung dengan teman baiknya Neymar dan Angel Di Maria di tim yang bertabur bintang. 

Sumber: Sportkeeda 

Video Populer

Foto Populer