Sukses


5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Merasakan Trofi Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Meraih gelar juara Liga Champions merupakan impian klub-klub Eropa. Tak heran jika setiap klub mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya demi bisa merengkuh trofi Si Kuping Besar.

Real Madrid tercatat sebagai klub yang paling banyak mengoleksi trofi Liga Champions. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu telah 13 kali menjadi juara.

AC Milan menempati posisi kedua dengan tujuh titel juara Liga Champions. Sementara itu, Bayern Munchen dan Liverpool sama-sama memenangkan enam gelar.

Chelsea menjadi juara Liga Champions musim lalu. Mereka meraih kesuksesan itu setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0, pada partai final di Estadio do Dragao.

Tetapi, ada beberapa klub top Eropa yang belum pernah mengangkat trofi Liga Champions. Siapa saja? Berikut ini adalah lima klub top Eropa yang belum pernah juara Liga Champions.

 

2 dari 6 halaman

Arsenal

Arsenal belum pernah menjadi juara Liga Champions. Meski begitu, klub berjuluk The Gunners itu pernah tampil di final kompetisi Eropa tersebut.

Arsenal menembus final Liga Champions pada 2006. Akan tetapi, The Gunners gagal menjadi juara karena kalah dari Barcelona asuhan Frank Rijkaard.

Arsenal menjadi klub yang secara konsisten lolos ke Liga Champions hingga 2017. Sayangnya, setelah itu prestasi mereka menurun drastis.

 

3 dari 6 halaman

Valencia

Klub La Liga telah mendominasi Liga Champions lebih dari tim lainnya dari lima liga top Eropa. Meski begitu, Valencia belum pernah memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Valencia pernah menjadi klub yang tangguh selama akhir 1990-an dan awal 2000-an. Mereka mampu menembus final Liga Champions.

Di bawah kepemimpinan Gaizka Mendieta, The Bats lolos ke final Liga Champions berturut-turut pada musim 1999-00 dan 2000-01. Sayangnya, Valencia harus merasakan kekalahan di kedua kesempatan itu.

 

4 dari 6 halaman

Atletico Madrid

Di bawah asuhan Diego Simeone, Atletico Madrid meraih prestasi yang bagus di kompetisi Eropa. Mereka memenangkan dua trofi Liga Europa dan dua trofi Piala Super Eropa.

Atletico juga pernah menembus final Liga Champions pada 2014 dan 2016. Namun, mereka selalu gagal mengangkat trofi tersebut.

Atletico kalah dari musuh bebuyutan Real Madrid pada kedua final tersebut. Terlepas dari itu, Atletico dianggap sebagai salah satu favorit untuk memenangkan trofi dalam waktu dekat.

 

5 dari 6 halaman

PSG

PSG menjadi klub yang disegani di Eropa setelah diakuisi Qatar Sports Investments pada 2011 silam. Mereka mampu merekrut banyak pemain bintang ke Paris.

Dengan skuad bertabur bintang, PSG berhasil mendominasi liga domestik. Namun, hal yang sama belum bisa ditiru di Liga Champions sejauh ini.

PSG baru sekali tampil di final Liga Champions pada tahun 2020. Sayangnya, mereka gagal menjadi juara karena kalah dari Bayern Munchen.

 

6 dari 6 halaman

Manchester City

Manchester City mendominasi Premier League dalam satu dekade terakhir. The Citizens menjadi juara sebanyak lima kali dalam kurun waktu 10 tahun.

Terlepas dari dominasi di liga domestik, Manchester City tidak mampu berbuat banyak di Liga Champions. Padahal, mereka tidak kekurangan pemain bintang di skuadnya.

Pasukan Josep Guardiola berhasil mencapai final Liga Champions musim lalu. Namun, mereka gagal menjadi juara setelah kalah dari Chelsea.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 26/8/2021)

Video Populer

Foto Populer