Sukses


5 Fakta Menarik Setelah Barcelona Jungkalkan Galatasaray di Liga Europa

Bola.com, Istanbul - Barcelona berhasil membungkam Galatasaray pada laga leg kedua 16 besar Liga Europa, Jumat (18/3/2022) dini hari WIB. Berkat hasil itu, Barca lolos perempat final.

Menjalani pertandingan di markas Galatasaray, Nef Stadium, Istanbul, Los Cules bermain dominan sejak menit awal. Barcelona mencatatkan 68 persen penguasaan bola, berbanding 32 persen milik Galatasaray.

Barca juga melepaskan 19 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Galatasaray memperoleh tiga peluang bagus dari sembilan kesempatan.

Menguasai jalannya pertandingan, Barcelona memetik kemenangan dengan skor 2-1. Sepasang gol Blaugrana dicetak Pedri pada menit ke-37 dan Pierre-Emerick Aubameyang menit ke-49', sedangkan gol tunggal Galatasaray disarangkan Marcao (28').

Berkat kemenangan tersebut, El Barca berhak lolos ke perempat final Liga Europa. Mereka unggul agregat 2-1 atas Galatasaray, setelah pada pertemuan pertama di Camp Nou, 11 Maret lalu bermain imbang tanpa gol.

Kini, Tim Catalan menanti calon lawan yang bakal dihadapi pada perempat final. Pengundian delapan besar bakal berlangsung di markas besar UEFA, Nyon, Swiss pada Jumat (18/3/2022) malam WIB.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji selepas pertandingan Barcelona versus Galatasaray. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Barcelona tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir di semua kompetisi pada musim ini (8 kemenangan; 3 imbang). Torehan itu membuat Barca menyamai catatan tidak pernah kalah ketika masih diasuh Ernesto Valverde pada Januari 2020 (7 kemenangan; 4 imbang).

2. Barcelona untuk pertama kalinya berhasil meraih dua kemenangan di Piala UEFA/Liga Europa ketika kebobolan lebih dulu pada babak pertama.

3. Barcelona selalu mencetak gol dalam 11 pertandingan di turnamen Eropa ketika bermain di Turki (30 gol secara keseluruhan). Mereka juga hanya menelan satu kekalahan dalam 10 lawatan terakhir ke Turki (9 kemenangan; 1 imbang).

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

4. Mencetak gol dalam usia 19 tahun dan 112 hari, Pedri adalah pemain muda pertama yang mengukir gol bersama Barcelona di Piala UEFA/Liga Europa. Pemain muda terakhir yang mencetak gol dengan seragam Barca adalah Roger, ketika bersua Sevilla pada Desember 1995 (18 tahun dan 355 hari).

5. Pierre-Emerick Aubameyang adalah pemain Barcelona pertama yang mencetak gol dalam dua pertandingan tandang di turnamen Eropa. Terakhir kali catatan serupa ditorehkan Robert Fernandez di Piala UEFA 1986/1987, saat Barcelona bertandang ke markas Sporting dan KFC Uerdingen.

Sumber: Opta

Video Populer

Foto Populer