Sukses


Roberto Mancini Segera Undur Diri dari Timnas Italia, 4 Pelatih Ini Siap Jadi Pengganti

Bola.com, Jakarta - Roberto Mancini santer disebut bakal mundur sebagai pelatih Timnas Italia, menyusul kegagalan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Sejumlah nama pun muncul kepermukaan untuk menggantikan Mancini.

Mantan manajer Manchester City itu sudah mempersembahkan banyak hal buat Timnas Italia. Roberto Mancini adalah dalang di balik kebangkitan Gli Azzurri, setelah menelan pil pahit karena tak bisa bermain di Piala Dunia 2018.

Selain itu, berkat Mancini juga, Italia berhasil melaju hingga ke final Piala Eropa 2020 dan keluar sebagai juara. Akan tetapi, Roberto Mancini gagal membawa Timnas Italia berlaga pada putaran final Piala Dunia 2022.

Langkah Gli Azzurri harus terhenti pada fase kualifikasi, karena takluk 0-1 dari Makedonia Utara dalam partai semifinal Path C play-off Piala Dunia 2022, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Buntut dari kegagalan Timnas Italia membuat Roberto Mancini mendapat sorotan tajam. Dia dianggap sebagai sosok paling bertanggung jawab menyusul hasil minor tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Cannavaro Kandidat Utama

Obrolan soal pemecatan Mancini pasca-Italia terdepak pada kualifikasi Piala Dunia 2022 terbilang minim. Namun baru-baru ini, SportMediaset mengabarkan kalau pria 57 tahun itu akan meninggalkan Gli Azzurri.

Diketahui Roberto Mancini akan mengumumkan pengunduran dirinya pada pekan depan. Tepat setelah Timnas Italia berhadapan dengan Turki dalam laga yang digelar di Torku Arena, Rabu (30/3/2022) mendatang.

Lantas, siapa yang bakal menduduki kursi kepelatihan setelah Mancini mundur? La Gazzetta dello Sport menyebut nama Fabio Cannavaro sebagai kandidat terkuat untuk menjadi pelatih Gli Azzurri berikutnya setelah Mancini.

Cannavaro memulai kariernya sebagai pelatih setelah gantung sepatu pada 2013 lalu. Dia menjabat sebagai asisten pelatih di Al-Ahli.

Kemudian, dia melanjutkan kariernya di Guangzhou, Al-Nassr, Tianjin Quanjian, hingga Timnas China.

 

3 dari 3 halaman

Tiga Kandidat Lainnya

Ternyata, kandidat pelatih Italia untuk menggantikan Mancini tidak terbatas pada Cannavaro saja. SportMediaset menyebut tiga nama potensial lainnya: Andrea Pirlo, Stefano Pioli, dan Claudio Ranieri.

Laporan dari jurnalis Italia, Simone Malagutti, FIGC telah menghubungi Ranieri dan Pioli untuk mendiskusikan soal kemungkinan melatih Italia. Dari dua sosok ini, tampaknya Pioli yang paling tidak memungkinkan menerima tawaran.

Pasalnya, Stefano Pioli sedang menikmati masa-masa kejayaannya bersama AC Milan. Pria berusia 56 tahun tersebut hanya butuh beberapa langkah lagi mengantarkan I Rossoneri juara Serie A untuk pertama kalinya setelah satu dekade.

Ranieri paling memungkinkan karena belum memiliki klub sejak dipecat Watford pada Januari lalu. Sama halnya dengan Pirlo, yang didepak dari Juventus pada musim panas 2021.

Sumber: SportMediaset via Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis/Published: 26/03/2022)

Video Populer

Foto Populer