Sukses


Jurgen Klopp Samai Torehan Sir Alex Ferguson: 4 Kali Bawa Tim ke Final Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Liverpool menembus final Liga Champions musim ini adalah keberhasilan Jurgen Klopp sebagai manajer tim. Pelatih asal Jerman itu berhasil membuktikan kualitasnya bersama Liverpool, sebagai satu di antara pelatih sepak bola terbaik era sekarang.

Liverpool memastikan langkah ke final Liga Champions 2021/2022 setelah mengalahkan Villarreal dengan susah payah di leg kedua semifinal di El Madrigal, Spanyol, Rabu (4/5/2022) dini hari WIB.

Tim asuhan Jurgen Klopp yang datang dengan bermodalkan kemenangan 2-0 di Anfield pada leg pertama, sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama laga di markas Villarreal itu.

Beruntung, Fabinho, Luis Diaz, dan Sadio Mane mampu mencetak gol yang membawa Liverpool akhirnya berbalik menang 3-2 dalam laga tersebut serta lolos ke final Liga Champions dengan agregat 5-2.

Keberhasilan Liverpool melangkah ke final Liga Champions kali ini menjadi yang ketiga kalinya bagi The Reds dalam kurun waktu lima tahun terakhir, dan semua dilakukan bersama Jurgen Klopp sebagai pelatih kepala.

2 dari 3 halaman

Final Lagi

 

Keberhasilan mengalahkan Villarreal dan melangkah ke final Liga Champions 2021/2022 ini tentu jadi catatan istimewa untuk The Reds. Mereka cukup akrab dengan Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Tercatat, Liverpool berhasil mencapai tiga final Liga Champions dalam lima musim terakhir di bawah asuhan Jurgen Klopp. Mereka sekali menjuarainya pada musim 2018/2019 setelah pada musim sebelumnya kalah dari Real Madrid di laga final.

Kini, Liverpool kembali ke final dengan langkah meyakinkan. The Reds layak dianggap sebagai favorit juara karena pengalaman dan kualitas skuad mereka.

 

3 dari 3 halaman

Jurgen Klopp 4 Kali ke Final Liga Champions

Bukan hanya Liverpool yang menorehkan catatan istimewa dengan tiga final Liga Champions dalam lima musim terakhir. Keberhasilan tahun ini juga jadi catatan impresif bagi sang manajer, Jurgen Klopp.

Menurut Opta, final Liga Champions musim ini adalah final keempat Jurgen Klopp dalam kariernya sebagai pelatih. Klopp menyamai catatan nama-nama besar seperti Sir Alex Ferguson, Marcelo Lippi, dan Carlo Ancelotti.

Manajer tim asal Jerman itu pertama kali ke final Liga Champions bersama Borussia Dortmund pada 2013 dan kalah dari sesama wakil Jerman, Bayern Munchen. Kini, Klopp menuntun Liverpool ke panggung final kompetisi elite Eropa tiga kali dalam lima tahun terakhir.

Sumber: Bola, BR Football, Opta

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 4/5/2022)

Video Populer

Foto Populer