Sukses


Jadwal Finalissima 2022 Italia Vs Agentina: Duel Juara Piala Eropa 2020 Vs Kampiun Copa America 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia dan Argentina akan bentrok pada laga bertajuk Finalissima 2022. Duel juara Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021 tersebut bakal berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.

Italia sukses menjadi kampiun Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Timnas Inggris dengan skor 3-2 (1-1) lewat drama adu penalti di Stadion Wembley, 11 Juli 2021.

Di sisi lain, Argentina berhasil mengalahkan Timnas Brasil pada partai final Copa America 2021 di Maracana Stadium, 10 Juli 2021. Bagi Timnas Argentina, itu ada gelar Copa America yang ke-15 sekaligus yang perdana bagi Lionel Messi.

Kini, Timnas Italia dan Argentina bakal saling bersua di Finalissima 2022, pertandingan yang mempertemukan juara Piala Eropa melawan kampiun Copa America. Lantas, apa itu Finalissima?

Ajang tersebut adalah laga yang disepakati setelah UEFA dan CONMEBOL, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang diperbarui dan diperpanjang pada 15 Desember 2021.

"Kami sangat menantikan untuk mengeksplorasi peluang baru bersama dan kami sangat menantikan Finalissima di London pada Juni 2022," ujar Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, pada Desember 2021.

 

2 dari 5 halaman

Bukan yang Pertama

Ini bukan kali pertama juara Piala Eropa berhadapan dengan kampiun Copa America. Sebelumnya, edisi perdana pernah terjadi pada 1985 di ajang bertajuk Artemio Franchi Cup.

Ketika itu, Prancis yang berstatus juara Piala Eropa 1984 menang 2-0 atas Uruguay yang merupakan juara Copa America 1983. Adapun edisi terakhir terjadi pada 1993, yang mempertemukan Timnas Denmark (juara Piala Eropa 1992) versus Argentina (juara Copa America 1991)

Dalam duel tersebut, Argentina berhasil mengalahkan Denmark lewat adu penalti dengan skor 5-4. Penentuan pemenang dilakukan lewat babak tos-tosan, karena kedua tim bermain imbang 1-1.

Lantas, siapa yang bakal keluar sebagai pemenang pada Finalissima 2022? Timnas Italia atau Argentina.

 

3 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Italia:

Kiper: Alessio Cragno, Gianlugi Donnarumma, Alex Meret, Salvatore Sirigu

Bek: Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Cristian Biraghi, Leonardo Bonucci, Davide Calbria, Giorgio Chiellini, Giovanni Di Lorenzo, Federico Dimarco, Emerson Palmieri, Alessandro Florenzi, Manuel Lazzari, Luiz Felipe, Gianluca Mancini, Leonardo Spinazzola

Gelandang: Nicolo Barella, Bryan Cristante, Davide Frattesi, Jorginho, Manel Locatelli, Lorenzo Pellegrini, Matteo Pessina, Sandro Tonali, Marco Verratti

Penyerang: Andrea Belotti, Domenico Berardi, Federico Bernardeschi, Gianluca Caprari, Lorenzi Insigne, Moise Kean, Andea Pinamonti, Matteo Politano, Giacomo Raspadori, Gianluca Scamacca, Matteo Zaccagni, Nicolo Zaniolo

 

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Argentina:

Kiper: Emiliano Martinez, Franco Armani, Juan Musso, Geronimo Rulli.

Bek: Gonzalo Montiel, Nahuel Molina, Juan Foyth, German Pezzella, Nehuen Perez, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Lisandro Martinez, Marcos Senesi, Nicolas Tagliafico, Marcos Acuna.

Gelandang: Guido Rodriguez, Alexis Mac Allister, Rodrigo de Paul, Exequiel Palacios, Giovani Lo Celso, Alejandro Gomez, Angel di Maria.

Penyerang: Paulo Dybala, Lionel Messi, Lautaro Martinez, Julian Alvarez, Joaquin Correa, Nicolas Gonzalez, Angel Correa.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan:

Kamis, 2 Juni 2022:

Timnas Italia Vs Timnas Argentina

  • Stadion Wembley
  • Kick-off: pukul 01.45 WIB

Sumber: UEFA, Soccerway

Video Populer

Foto Populer