Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2022: Zinchenko Dedikasikan Kemenangan atas Skotlandia untuk Publik Ukraina

Bola.com, Glasgow - Timnas Ukraina berhasil mengalahkan Skotlandia pada laga semifinal Path A kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2022, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Bek Oleksandr Zinchenko mendedikasikan hasil itu untuk publik Ukraina.

Pertandingan kedua tim seharusnya digelar pada Maret lalu, berbarengan dengan semifinal kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2022 yang lain. Namun, duel harus tertunda karena invasi militer Rusia ke wilayah Ukraina.

Hingga saat ini, peperangan pun masih terjadi di sejumlah wilayah di Ukraina. Meski negaranya sedang dilanda perang, pemain Timnas Ukraina tetap memperlihatkan performa terbaik.

Menjalani duel di Hampden Park, Glasgow, Ukraina tampil menekan sejak menit awal. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Timnas Ukraina mencatatkan 58 persen penguasaan bola, berbanding 42 persen milik Skotlandia.

Ukraina juga melepaskan 15 tembakan yang delapan di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Timnas Skotlandia memperoleh empat peluang bagus dari 14 kesempatan.

Timnas Ukraina akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 3-1. Ketiga gol Ukraina dicetak Andriy Yarmolenko pada menit ke-33, Roman Yaremchuk menit ke-49, dan Artem Dovbyk menit ke-90+5, sedangkan gol tunggal Skotlandia disarangkan Callum McGregor (79').

 

2 dari 4 halaman

Selangkah Lagi

Hasil tersebut membuat Ukraina semakin dekat lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Mereka hanya tinggal mengalahkan Wales dalam partai final Path A kualifikasi putaran kedua final Piala Dunia tahun ini.

Rencananya, pertandingan Timnas Ukraina versus Wales bakal berlangsung di Cardiff City Stadium pada 6 Juni mendatang.

"Selalu menyenangkan untuk mencetak gol pertama. Itu selalu memberi Anda kepercayaan diri dan gol kedua pada awal babak kedua sangat penting bagi kami untuk membuat permainan lebih tenang," kata Oleksandr Zinchenko.

"Kami tahu itu tidak akan mudah karena Skotlandia adalah tim yang sulit. Sayangnya, kami kebobolan satu gol, tetapi kemudian sebagai tim kami semua bersama-sama, sebagai sebuah grup, dan kami melakukannya dengan baik," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Dedikasikan untuk Publik Ukraina

Oleksandr Zinchenko juga mendedikasikan kemenangan tersebut untuk publik Ukraina yang masih dilanda perang. Bek Manchester City itu berharap hasil positif itu bisa menghibur masyarakat Ukraina.

"Syukurlah pertandingan ini terjadi. Kami mencoba hari ini untuk menunjukkan penampilan terbaik kami, untuk mengirimkan beberapa emosi dan perasaan yang baik kepada semua penggemar Ukraina yang telah menonton," ujar Oleksandr Zinchenko.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Final Path A Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2022:

Senin, 6 Juni 2022

Timnas Wales Vs Timnas Ukraina

Cardiff City Stadium

Kick-off: pukul 23.00 WIB

Video Populer

Foto Populer