Sukses


Roberto Mancini Tidak Menyangka Timnas Italia Bisa Cemerlang di UEFA Nations League

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia tampil mengesankan di UEFA Nations League 2022/2023. Padahal sebelumnya Gli Azzurri sempat terpuruk setelah menjuarai Euro 2020, di mana tim asuhan Roberto Mancini itu gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Italia memimpin klasemen Grup 3 UEFA Nations League dengan torehan lima poin dari tiga pertandingan hingga sejauh ini. Italia unggul satu poin atas Hungaria, dua poin atas Jerman, dan tiga poin atas Inggris.

Kebangkitan Gli Azzurri di UEFA Nations League ini tidak lepas dari regenerasi yang dilakukan Roberto Mancini setelah Italia dihantam Argentina dengan skor telak 0-3 dalam Finalissima 2022 dan juga kalah dari Makedonia Utara di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022.

 

2 dari 5 halaman

Sejauh Ini Memuaskan

Sejumlah pemain lama dan veteran mulai ditinggalkan oleh Roberto Mancini, kemudian beberapa debutan serta darah-darah muda diperkenalkan. Hasilnya sejauh ini memuaskan.

Italia imbang 1-1 dengan sang tamu Jerman pada laga pertama, di mana gol mereka dicetak oleh Lorenzo Pellegrini. Setelah itu, Italia menang 2-1 lewat gol-gol Nicolo Barella dan Pellegrini saat menjamu Hungaria pada laga kedua di UEFA Nations League.

Terakhir, Minggu 12 Juni 2022, Italia bermain seri dengan Inggris di Wolverhampton. Laga itu berkesudahan 0-0.

3 dari 5 halaman

Mancini Tak Menyangka

 

Bahkan yang menarik, Roberto Mancini pun tak menyangka bahwa perkembangan Gli Azzurri di UEFA Nations League begitu terasa mengesankan.

"Saya akan jujur. Saya tak menyangka. Saya awalnya mengira kalau bakal lebih buruk (daripada sebelumnya)," tutur Mancini tentang sepak terjang Italia di UEFA Nations League 2022/2023 sejauh ini, setelah laga kontra Inggris, seperti dikutip Football Italia.

"Masih banyak yang perlu kami benahi. Jalan di depan kami masih panjang dan penuh bahaya."

"Yang jelas, kami perlu mencetak lebih banyak gol. Andai Davide Frattesi mencetak gol di lima menit pertama (lawan Inggris), laga tadi bakal berbeda. Semoga dia bisa melakukannya di kesempatan berikutnya."

"Saya benar-benar tak mengira kami bisa bermain sebaik ini setelah hanya tiga minggu bersama. Personelnya memang berubah, tapi yang penting adalah gaya sepak bola kami tidak berubah," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Hasil UEFA Nations League

Hasil UEFA Nations League

5 Juni 2022

  • Hungaria 1-0 Inggris
  • Italia 1-1 Jerman

8 Juni 2022

  • Jerman 1-1 Inggris
  • Italia 2-1 Hungaria

12 Juni 2022

  • Inggris 0-0 Italia
  • Hungaria 1-1 Jerman
 
5 dari 5 halaman

Jadwal UEFA Nations League

Jadwal UEFA Nations League

15 Juni 2022, 01:45 WIB

  • Jerman vs Italia
  • Inggris vs Hungaria

24 September 2022, 01:45 WIB

  • Jerman vs Hungaria
  • Italia vs Inggris

27 September 2022, 01:45 WIB

  • Inggris vs Jerman
  • Hungaria vs Italia

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 12/6/2022)

 

Video Populer

Foto Populer