Sukses


Termasuk Zinedine Zidane, Inilah 20 Pelatih Sepak Bola Dunia yang Sedang Menganggur Saat Ini

Bola.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola Eropa kini tengah dalam periode off-season. Klub-klub di setiap kompetisi Eropa tengah mempersiapkan tim dengan melakukan perombakan lewat transfer pemain maupun penunjukkan pelatih baru. Menariknya, ada sekitar 20 pelatih dunia yang sampai saat ini masih jadi pengangguran, termasuk Zinedine Zidane.

Zinedine Zidane merupakan mantan pesepak bola yang sejak awal karier kepelatihannya selalu menangani Real Madrid. Memulai karier sebagai asisten pelatih di Santiago Bernabeu dan mendapat kepercayaan menangani Real Madrid Castilla, Zidane kemudian pertama kali diangkat jadi pelatih kepala pada 2016.

Sempat mempersembahkan trofi juara selama tiga musim berturut-turut, Zidane mengumumkan pengunduran dirinya pada 2018. Namun, setelah itu Los Blancos malah menurun sehingga pelatih asal Prancis itu kembali ke Santiago Bernabeu pada 2019.

Zidane kembali mempersembahkan trofi-trofi juara. Namun, setelah mengakhiri musim 2020/2021 tanpa trofi, Zidane pun kembali mundur dari posisinya.

Sejak saat itu, Zinedine Zidane belum lagi menangani klub mana pun. Sejumlah kabar mengaitkan namanya dengan beberapa klub, termasuk Manchester United (MU). Namun, Zidane kabarnya ogah untuk menerima tawaran tersebut.

2 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer dan Rafael Benitez

Selain Zinedine Zidane, cukup banyak pelatih terkemuka di sepak bola dunia yang juga masih menganggur. Beberapa pelatih yang sempat menangani tim di Premier League pun kini belum menemukan pelabuhan barunya.

Ole Gunnar Solskjaer misalnya. Setelah dipecat pada 2021 karena gagal memenuhi ekspektasi untuk membawa Manchester United meraih trofi juara, mantan pelatih Molde dan Cardiff City itu belum kunjung mendapatkan klub baru.

<p>Rafael Benitez. Pelatih asal Spanyol yang membesut Chelsea kurang dari setahun, mulai November 2012 hingga Mei 2013 ini mampu mempersembahkan satu trofi bagi The Blues. Eks juru taktik Liverpool yang berstatus pelatih sementara menggantikan posisi Roberto Di Matteo ini meraih 1 trofi Eropa berupa gelar Liga Europa musim 2012/2013. (AFP/Glyn Kirk)</p>

Kemudian juga ada Rafael Benitez yang pada musim lalu menangani Everton. Tim Merseyside itu terancam degradasi dan menempati peringkat ke-15 di klasemen Premier League pada pertengahan Januari 2016 saat manajemen klub memutuskan untuk memecat mantan pelatih Liverpool dan Napoli tersebut.

Setelah itu, Benitez belum mendapatkan pekerjaan baru. Besar kemungkinan pelatih asal Spanyol itu akan menangani tim lagi ketika jelang musim 2022/2023 bergulir.

 

3 dari 6 halaman

Marcelo Bielsa

Tak berbeda dengan Benitez, Marcelo Bielsa juga dipecat oleh Leeds United setelah menangani klub tersebut sejak 2018 dan membawa tim asuhannya promosi ke Premier League pada musim 2019/2020.

Namun, pada 27 Februari 2022, Leeds United dan Marcelo Bielsa memutuskan untuk berpisah setelah empat kekalahan beruntun, di mana Leeds United sampai kebobolan 17 gol dan berada di posisi ke-16 dalam klasemen Premier League.

Pelatih asal Argentina yang pernah menangani Timnas Argentina dan Chile itu pun belum mendapatkan pelabuhan baru untuk melanjutkan karier kepelatihannya.

 

4 dari 6 halaman

Jurgen Klinsmann

Selain itu ada pula nama pelatih yang terkenal ketika menangani tim nasional tapi gagal bersama klub. Sebagai contoh ada Jurgen Klinsmann.

Pelatih asal Jerman itu dikenal sebagai pelatih Timnas Jerman pada 2004 hingga 2006, serta Timnas Amerika serikat pada 2011 hingga 2016.

Namun, ketika menangani klub, Klinsmann tak pernah punya waktu yang lama. Bayern Munchen ditanganinya hanya pada 2008 hingga 2009. Begitu pun Hertha Berlin yang ditanganinya pada 2019-2020.

Setelah meninggalkan Hertha Berlin pada 2020, Klinsmann belum lagi menangani tim mana pun. Mungkin mantan striker Timnas Jerman itu berpikir lebih baik menunggu adanya tawaran menangani tim nasional lagi.

 

5 dari 6 halaman

Andriy Shevchenko

Selain Klinsmann, ada pula Andriy Shevchenko. Legenda sepak bola Ukraina ini mengawali karier kepelatihannya sebagai asisten dari tim nasional negaranya sendiri pada 2016 dan langsung naik menjadi pelatih kepala pada tahun yang sama.

Andriy Shevchenko kemudian menangani Timnas Ukraina selama lima tahun hingga 2021, di mana ia berhasil membawa timnya melangkah hingga perempat final Euro 2020, yang menjadi sejarah bagi tim nasional Ukraina.

Namun, setelah keberhasilan Ukraina menembus perempat final Euro 2020, Andriy Shevchenko justru mundur dari posisinya pada Agustus 2021 dan mencoba peruntungannya di level klub.

Ia menerima pinangan klub Serie A Liga Italia, Genoa, pada 7 November 2021. Namun, dalam debutnya bersama Genoa, Shevchenko harus melihat tim asuhannya kalah 0-2 dari AS Roma asuhan Jose Mourinho yang juga mantan pelatihnya ketika masih bermain di Chelsea.

Hanya dua bulan berselang, Andriy Shevchenko pun dipecat dari posisinya sebagai pelatih Genoa setelah hanya meraih satu kali kemenangan dan tujuh kali kalah. Sejak saat itu, Shevchenko belum mendapatkan pelabuhan baru.

6 dari 6 halaman

Daftar 20 Pelatih yang Masih Menganggur Saat Ini

  1. Alvaro Cervera
  2. Domenec Torrent
  3. Paco Lopez
  4. Gabriel Heinze
  5. Hugo Sanchez
  6. Robert Moreno
  7. Andre Villas Boas
  8. Andriy Shevchenko
  9. Claudio Ranieri
  10. Jurgen Klinsmann
  11. Ole Gunnar Solskjaer
  12. Nuno Espirito Santo
  13. Marco Rose
  14. Michel Gonzalez
  15. Vicente Moreno
  16. Jose Bordalas
  17. Marcelo Bielsa
  18. Rafael Benitez
  19. Quique Setien
  20. Zinedine Zidane

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer