Sukses


12 Pemain Tua yang Masih Gocek Bola: King Kazu Ada Lawan, Gigi Buffon Ayo Salim Dulu ke Cristian Gonzales

Bola.com, Jakarta Umur mungkin hanya sebatas angka bagi beberapa pemain sepak bola. Usianya boleh akan menginjak kepala empat bahkan lebih, namun produktivitasnya tidak terhambat.

Zlatan Ibrahimovic contohnya. Dia telah dianggap habis ketika meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016. Ketika itu usianya telah 35 tahun. Dia bergabung dengan Manchester United untuk dua musim dan masih mampu mengukir 29 gol dari 53 penampilan.

Zlatan menerima tawaran AC Milan pada awal 2020 setelah kontraknya di LA Galaxy rampung. Dan dia memperpanjang kontraknya sampai semusim ke depan.

Kemudian Gianluigi Buffon, yang masih bermain pada usia 45 tahun. Ada banyak pemain tua lain yang masih eksis, termasuk Cristian Gonzales, yang masih menggocek bola di Liga 1.

2 dari 13 halaman

Robert Carmona (59 tahun)

Robert Carmona bermain untuk Hacele un gol a la vida. Ia berusia 59 tahun. Pemain asal Uruguay itu tercatat di Guinness Book of Records sebagai pesepak bola tertua sepanjang sejarah.

3 dari 13 halaman

Kazuyoshi Miura (57 tahun)

Kazuyoshi Miura menolak untuk pensiun. Pada usianya yang telah melebihi setengah abad, tenaganya masih belum habis. King Kazu, julukannya, masih bermain secara profesional di klub kasta keempat Suzuka Point Getters.

Suzuka Point Getters merupakan klub milik kakak laki-lakinya, Yasutoshi yang berusia 57 tahun. Miura melakukan debut profesionalnya pada 1986 dan bermain hingga 2022.

4 dari 13 halaman

Denilson de Oliveira (44 Tahun)

Dikenal karena keterampilan dribel yang luar biasa, Denilson memiliki karier sepak bola selama 17 tahun mulai dari Sao Paulo hingga Real Betis.

Bahkan setelah pensiun pada tahun 2010, 12 tahun kemudian, legenda Brasil ini mengumumkan bahwa ia akan menandatangani kontrak dengan klub liga bawah Brasil, Ibis Sporting.

5 dari 13 halaman

Gianluigi Buffon (44 Tahun)

Gianluigi Buffon merupakan satu di antara sekian legenda sepak bola Italia. Meski sudah berusia 44 tahun, dia masih aktif bermain.

Buffon yang mengawali karier profesionalnya bersama klub Liga Italia, Parma, nampaknya belum memutuskan segera gantung sepatu. Setelah berseragam Juventus dan Paris Saint-Germain, Buffon kembali ke Parma.

6 dari 13 halaman

Sunsuke Nakamura (44 tahun)

Shunsuke Nakamura merupakan bintang Glasgow Celtic antara 2005 hingga 2009. Pemain yang memiliki spesialis tendangan bebas itu masih bermain secara profesional meski berusia 44 tahun.

Kini dia bermain untuk klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC. Untuk level timnas, Nakamura memutuskan gantung sepatu pada tahun 2010 usai membuat 98 kali penampilan untuk Jepang.

7 dari 13 halaman

Rabiu Ali (41 tahun)

Satu-satunya orang Afrika yang ditampilkan dalam daftar kami adalah kapten asal Nigeria dari klub Kano Pillars FC. Ia telah membuat sejumlah penampilan penting di kancah sepak bola internasional bersama tim nasionalnya, Super Eagles.

Biasanya disebut sebagai 'Pele' di kancah sepak bola Nigeria. Rabiu telah bersama Kano Pillars sejak 2011, dan sebelum itu, ia telah bersama klub masa kecilnya, Total Pillars, dari 2005 hingga 2011.

8 dari 13 halaman

Joaquin Sanchez (40 Tahun)

Joaquin dikenal dengan kecepatan, dribbling, dan keterampilan crossing yang sangat baik.

Dia memiliki karier terkenal hampir tiga dekade di beberapa tim La Liga, terutama di Valencia dan Real Betis.

Dia adalah pemain tertua keempat yang mencetak gol dalam sejarah La Liga. Ada desas-desus bahwa dia akan pensiun pada akhir musim La Liga 2021/2022, tetapi dia sejak itu membantah klaim itu. 

9 dari 13 halaman

Roque Santa Cruz (40 tahun)

Roque Santa Cruz sudah melalangbuana di berbagai liga top Eropa sejak pergantian milenium baru. Dia pernah bermain untuk Bayern Munchen, Blackburn Rovers, dan Manchester City.

Meski berusia lebih dari 40 tahun, Cruz masih aktif bermain sebagai pemain profesional. Dia saat ini bermain untuk Club Libertad yang merupakan klub papan atas Paraguay.

Sebelumnya, Santa Cruz menghabiskan lima tahun bersama Olympia dan memenangkan beberapa gelar liga dan Copa Paraguay. Dia saat itu mencetak 75 gol dalam 178 penampilan.

10 dari 13 halaman

Milan Baros (40 Tahun)

Mantan striker Liverpool, Milan Baros, saat ini tidak aktif bermain sebagai seorang profesional. Namun dia masih terus bermain sepak bola bagi klub asal kampung halamannya, FK Vigantice di divisi keenam Liga Ceska.

Nama Milan Baros mulai terangkat saat meraih gelar top skor dan sepatu emas pada Euro 2004. Dia juga bermain konsisten bagi Liverpool di Liga Inggris.

11 dari 13 halaman

Diego Lopez (40 tahun)

Berikutnya dalam daftar ini adalah kiper Spanyol ini dengan karier yang panjang dan ekstensif selama tiga dekade.

Setelah beberapa tahun membangun reputasi di tim B dan C dari beberapa klub La Liga, termasuk Real Madrid, Diego akhirnya bergabung dengan RCD Espanyol pada tahun 2017 sebagai penjaga gawang tim utama mereka.

12 dari 13 halaman

Zlatan Ibrahimovic (40 tahun)

Zlatan Ibrahimovic memperpanjang kontrak di AC Milan selama setahun ke depan. Dia akan mendapatkan antara 1 juta hingga 1,5 juta euro bersih per musim, ditambah bonus tergantung pada penampilannya.

Banyak orang beranggapan striker Swedia ini akan pensiun setelah musim lalu berakhir. Ibra mencetak delapan gol dalam 27 pertandingan untuk Milan musim lalu dan membantu Rossoneri memenangkan gelar Serie A pertama sejak 2011.

13 dari 13 halaman

Cristian Gonzales (45 Tahun)

Cristian Gonzales masih tercatat sebagai pemain RANS Nusantara FC. Pemain berdarah Uruguay ini telah menjalani karier hampir tiga dekade.

Ia memperpanjang kontrak dengan RANS untuk musim 2022/2023, meskipun belum bermain pada laga perdana di BRI Liga 1.

Gonzales lebih tua setahun dari Gigi Buffon. Posisinya pun tergolong lebih berat, yakni striker.

Video Populer

Foto Populer