Sukses


5 Bek Tengah Terbaik Eropa Saat Ini: Dari David Alaba hingga Virgil van Dijk, Tanpa Harry Maguire dong!

Bola.com, Jakarta - Satu hal yang menjadi sebuah kebiasaan di sepak bola adalah penggemarnya kerap lebih memperhatikan pemain yang berposisi sebagai penyerang atau mereka yang biasa mencetak gol. Padahal pemain bertahan, atau yang biasa disebut bek tengah, juga punya peran yang tidak kalah penting.

Terutama bek tengah, pemain yang bertugas mengawal jantung pertahanan agar lawan tidak mendekati gawang dan mencetak gol. Hampir setiap tim dipastikan menginginkan bek tengah berkualitas di dalam skuadnya.

Menjadi bek tengah yang tangguh bukan perkara mudah. Tuntutan memiliki fisik yang kuat dan kemampuan bertahan yang bagus adalah mutlak.

Saat ini banyak bek tengah terbaik karena kualitas yang mumpuni di lapangan hijau. Mereka sangat tangguh dalam menjaga pertahanan timnya.

Berikut lima bek tengah terbaik di dunia saat ini:

 

2 dari 6 halaman

Marquinhos

Marquinhos sekarang merupakan pemain yang tidak tergantikan di lini belakang PSG. Dia membela klub Prancis tersebut sejak 2013 setelah didatangkan dari AS Roma.

Pemain berusia 28 tahun tersebut tergolong bek tengah yang kuat, gesit, dan hebat di udara. Marquinhos juga punya jiwa pemimpin sehingga dipercaya untuk menjadi kapten Les Parisiens.

Marquinhos saat ini sudah membuat 364 pertandingan di semua kompetisi dengan menyumbang 36 gol dan sembilan assist. Dia juga sudah memenangkan tujuh gelar Ligue 1 bersama PSG.

3 dari 6 halaman

David Alaba

David Alaba merupakan pemain belakang serbabisa. Selama kariernya, dia telah bermain sebagai bek kiri dan bek tengah, serta di beberapa posisi lini tengah.

David Alaba meraih kesuksesan besar selama bermain untuk Bayern Munchen. Dia memenangkan 10 gelar Bundesliga dan dua trofi Liga Champions selama 12 tahun bersama Die Roten.

David Alaba akhirnya meninggalkan Bayern Munchen dan bergabung Real Madrid pada musim panas 2021. Kesuksesan juga mengiringinya setelah datang ke Santiago Bernabeu karena berhasil memenangkan La Liga serta Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt mengawali kariernya bersama Ajax Amsterdam. Dia merupakan kapten de Godenzonen yang berhasil menembus semifinal Liga Champions pada musim 2018/2019.

Penampilannya itu menarik perhatian sejumlah klub Eropa. Namun, bek tengah asal Belanda itu pindah ke Juventus dengan biaya transfer yang mencapai 85,5 juta euro.

Setelah bermain untuk Juventus selama tiga musim, De Ligt pindah ke Bundesliga dengan bergabung Bayern Munchen. Dia pindah ke Jerman setelah memenangkan gelar juara Serie A, Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

5 dari 6 halaman

Ruben Dias

Menimba ilmu di akademi Benfica, Ruben Dias melakukan debut tim seniornya pada musim 2017/2018. Dia mencatatkan 136 penampilan di semua kompetisi dan membawa As Aguias meraih gelar Primeira Liga.

Dias kemudian bergabung bersama Man City dengan biaya 68 juta euro. Dia menghasilkan beberapa penampilan yang luar biasa di bawah asuhan Josep Guardiola.

Bek tengah asal Portugal tersebut sudah memainkan 91 pertandingan di semua kompetisi untuk The Citizens. Dia pun memenangkan dua gelar juara Premier League dan satu trofi Piala Liga.

6 dari 6 halaman

Virgil van Dijk

Virgil van Dijk sudah dianggap sebagai seorang bek tengah terbaik di dunia saat ini. Dia menjadi seorang pemain yang penting di barisan pertahanan The Reds di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Liverpool mengeluarkan 84,65 juta euro untuk memboyong Virgil van Dijk ke Anfield dari Southampton. Virgil van Dijk pun membayar harga mahal transfernya dengan penampilan solid di lapangan.

Sampai sejauh ini, Van Dijk sudah memainkan 181 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool. Bek Timnas Belanda tersebut juga memenangkan banyak gelar bersama The Reds, termasuk Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. 

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 1/8/2022)

Video Populer

Foto Populer