Sukses


Gokil! Kliennya Super Mewah, Ini 5 Agen Pemain Paling Elite di Dunia

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola kehilangan Mino Raiola merupakan salah satu agen pemain yang memiliki klien super mewah. Sang agen meninggal dunia pada 30 April 2022. 

Mino Raiola adalah salah satu sosok berpengaruh dalam dunia sepak bola. Pria yang bekerja sebagai agen tersebut memiliki banyak pemain hebat di bawah naungannya.

Erling Haaland adalah satu dari sekian banyak pemain hebat yang berada di bawah naungan Raiola. Ada juga Paul Pogba, hingga Matthijs de Ligt. 

Sepak terjang agen pemain menjadi cerita tersendiri yang unik setiap bursa transfer pemain dibuka. Ketika memasuki bursa transfer entah musim panas atau dingin, yang paling diuntungkan adalah agen pemain. Mereka akan mendapatkan komisi besar dari transaksi miliaran hingga triliunan rupiah yang terjadi.

Apalagi, jika sang agen menangani puluhan bahkan ratusan pemain. Kerja beberapa bulan, mereka bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari selama bertahun-tahun.

Dari segudang agen pemain yang ada di dunia, ada lima orang yang memiliki deretan klien paling mewah. Siapa saja mereka? 

 

2 dari 6 halaman

1. Jonathan Barnett

Selain menjadi agen pemain, Jonathan Barnett juga pendiri ICM Stellar Sports. Dari perusahaannya ini, pria asal Inggris tersebut memiliki 794 pemain sepak bola sebagai kliennya.

Nama Jack Grealish, Gareth Bale, Saul Niguez, Ruben Loftus-Cheek dan Jordan Pickford pernah menjadi klien Barnett. Dia juga yang mengurus kepindahan Garth Bale senilai 86 juta poundsterling dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid.

Total ada 794 pemain profesional dengan nilai pasar keseluruhannya yakni 1,5 miliar euro atau Rp22 triliun. Jika dirata-rata nilai pasar kliennya sekitar 1 juta Euro atau setara dengan Rp28 miliar.

 

3 dari 6 halaman

2. Jorge Mendes

Jorge Mendes memang hanya memiliki 137 klien tetapi nilai pasar seluruh pemainnya tersebut 1,2 miliar euro atau sekitar Rp18 triliun. Jika dirata-rata, maka nilai pasar kliennya yakni sekitar 8,7 juta euro atau setara Rp130 miliar.

Pria asal Portugal yang membangun perusahaan agensi bernama Gestifute ini memiliki sejumlah klien para pemain bintang. Dari 137 klien ini, ada David de Gea, Jose Mourinho, Diego Costa, James Rodríguez, Joao Felix, dan Cristiano Ronaldo.

Jelang penutupan bursa transfer musim panas tahun ini, Mendes juga masih bergerilya ke sejumlah klub. Dia masih mencarikan klub baru bagi Cristiano Ronaldo.

 

4 dari 6 halaman

3. Paulo Bursado

Paulo Bursado dengan perusahaan agensi CAA Base kerap terlibat transfer pemain di klub-klub Liga Italia Serie A. Total ada 557 pemain di bawah naungannya.

Nilai pasar keseluruhan pemain miliknya setara 852 juta euro atau sekitar Rp12,8 triliun. Rata-rata nilai pasar pemain yang menjadi kliennya yakni sekitar 1,5 juta euro atau setara Rp22 miliar.

 

5 dari 6 halaman

5. Rafaela Pimenta

Setelah Mino Raiola meninggal pada April 2022, banyak pemain yang jadi kliennya bertanya apakah ada yang meneruskan perusahaan agansi miliknya bernama One. Namun kekhawatiran para pemain itu akhirnya terjawab setelah munculnya seorang wanita bernama Rafaela Pimenta, salah satu pemegang saham yang akhirnya memimpin One.

One di bawah Raiola menaungi sejumlah pemain besar dari Zlatan Ibrahimovic hingga Erling Haaland. Pria asal Italia itu menjadikan 74 pemain menjadi kliennya dengan nilai pasar keseluruhan yakni sekitar 760 juta euro atau setara Rp11 triliun.

Setelah Raiola tidak ada, Pimenta mengambil peran yang sangat penting dan sudah terbukti pada bursa transfer musim panas ini. Mulai dari Pogba yang kembali ke Juventus, hingga Haaland yang kini berseragam Manchester City.

 

6 dari 6 halaman

5. Pini Zahavi

Pini Zahavi melengkapi nama lima agen pemain sepak bola dengan klien istimewa. Pria asal Israel ini hanya menaungi 26 pemain dengan nilai pasar keseluruhan 340 juta euro atau setara Rp5 triliun.

Tetapi nama-nama seperti Robert Lewandowski, Christopher Nkunku, Alex Telles berada dalam naungannya. Musim panas ini, dia membereskan transfer Lewandowski ke Barcelona.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer