Sukses


Graham Potter Masuk Daftar Pelatih Termahal Sepanjang Sejarah, Siapa Lagi 4 Sosok Lainnya?

Bola.com, Jakarta - Chelsea telah memiliki manajer baru, Graham Potter. The Blues merekrut Potter dari Brighton & Hove Albion saat Liga Inggris baru berjalan enam pertandingan.

Graham Potter menggantikan posisi Thomas Tuchel yang dipecat Chelsea pekan lalu. Pria berusia 47 tahun tersebut dikontrak selama lima tahun di Stamford Bridge.

Untuk menjadikannya manajer anyar, Chelsea harus menebus kontrak Potter dengan Brighton. Chelsea mengeluarkan biaya sebesar 18,4 juta euro.

Selain Graham Potter, terdapat beberapa pelatih yang memiliki biaya transfer saat pindah klub. Lalu siapa saja pelatih termahal dalam sejarah dunia sepak bola? Berikut ini lima di antaranya.

2 dari 6 halaman

Brendan Rodgers

Brendan Rodgers meraih kesuksesan besar saat menangani Celtic. Dia berhasil mengantarkan klub tersebut memenangkan tujuh gelar termasuk Liga Skotlandia.

Hal itu membuat Leicester City kepincut untuk memakai jasanya. The Foxes kemudian merekrut Rodgers setelah menebusnya seharga 10,4 juta euro pada Februari 2019.

Di bawah Rodgers, Leicester berhasil memenangkan FA Cup dan Community Shield. Namun, The Foxes saat ini tengah terpuruk di dasar klasemen Premier League.

3 dari 6 halaman

Andre Villas-Boas

Chelsea mendatangkan Andre Villas-Boas dari FC Porto pada 2011. Untuk mendapatkan, pelatih asal Portugal tersebut The Blues perlu mengeluarkan dana sebesar 15 juta euro.

Villas-Boas dikontrak Chelsea selama tiga tahun. Namun, mantan pelatih Tottenham tersebut ternyata hanya bertahan selama delapan bulan.

Villas-Boas dilengserkan Chelsea setelah serangkain hasil buruk. Dia juga tak sempat memberikan trofi sebelum meninggalkan Stamford Bridge.

4 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho meraih prestasi yang sangat luar biasa ketika membesut Inter Milan. Dia berhasil mempersembahkan treble winners kepada Nerazzurri.

Pada 2010, Real Madrid berhasil membajak Mourinho dari Inter. Biaya yang dikeluarkan Los Blancos untuk mendatangkan Mourinho sebesar 16 juta euro.

Mourinho menyumbang banyak gelar selama tiga tahun di Real Madrid. Gelar yang disumbang Mourinho adalah satu La Liga, satu Piala Spanyol, dan satu Piala Super Spanyol.

5 dari 6 halaman

Graham Potter

Chelsea langsung bergerak cepat mencari pelatih baru setelah memecat Thomas Tuchel. Pilihan mereka akhirnya jatuh kepada Graham Potter.

Potter saat itu masih terikat kontrak dengan Brighton & Hove Albion. Karena itu, The Blues harus menebusnya seharga 18,4 juta euro.

Potter dikontrak Chelsea hingga 2027 mendatang. Dia sekarang punya tugas berat untuk mengangkat performa The Blues.

6 dari 6 halaman

Julian Nagelsmann

Nama Julian Nagelsmann naik daun ketika menangani RB Leipzig. Bayern Munchen kemudian merekrut Nagelsmann pada musim panas 2021.

Bayern harus menggelontorkan dana sebesar 20 juta euro untuk mendatangkan Nagelsmann. Dia pun menggantikan posisi Hansi Flick yang mengundurkan diri.

Pelatih berusia 35 tahun itu diikat dengan kontrak jangka panjang di Allianz Arena. Nagelsmann akan menangani Die Roten untuk lima tahun ke depan hingga tahun 2026.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 9/9/2022)

Video Populer

Foto Populer