Sukses


4 Pemain Amerika Selatan dengan Catatan Gol Terbanyak di Liga Champions: Lionel Messi dan Neymar Bersaing?

Bola.com, Jakarta - Amerika Selatan merupakan benua dengan warisan sepak bola yang sangat kaya dan menghasilkan begitu banyak pesepak bola bertalenta luar biasa selama bertahun-tahun. Pemain asal Brasil, Argentina, dan Uruguay kerap bersinar di dunia, termasuk saat berkelana di Eropa dan tampil di Liga Champions.

Pesepak bola legendaris, sebut saja Ronaldinho, Hernan Crespo, Pele, Diego Maradona, dan Carlos Teves, adalah pemain-pemain hebat yang mampu mendobrak sepak bola Amerika Selatan dan bersinar di Eropa.

Banyak dari pemain Amerika Selatan yang kemudian bermain luar biasa saat mendapatkan kesempatan tampil di Liga Champions Eropa.

Sebagai kompetisi paling elite di Eropa hingga saat ini, Liga Champions memang merupakan arena yang sangat diidamkan seluruh pesepak bola dari belahan dunia mana pun, tak terkecuali Amerika Selatan.

Seperti dilansir dari Sportkseeda, berikut empat pemain hebat Amerika Selatan yang berhasil tampil luar biasa di Liga Champions sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah kompetisi tersebut:

2 dari 5 halaman

4. Edinson Cavani

 

Striker asal Uruguay ini merupakan satu pemain dari Amerika Selatan yang masuk jajaran terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Ia juga tampil luar biasa di kancah Eropa.

Edinson Cavani juga dianggap sebagai striker mematikan yang pernah ada di Eropa. Ia bermain bersama empat klub Eropa, mulai dari Napoli, Paris Saint-Germain (PSG), Manchester United, dan Valencia.

Penyerang berusia 35 tahun itu memegang sejumlah rekor, termasuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk raksasa Prancis, PSG, dengan jumlah torehan mencapai 200 gol.

Cavani juga merupakan striker subur di Liga Champions, di mana ia telah mencatatkan 35 gol. Raihan itu membuatnya berada di posisi keempat sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions yang berasal dari Amerika Selatan.

 

3 dari 5 halaman

3. Sergio Aguero

 

Satu lagi penyerang subur dari Amerika Selatan yang bermain di Liga Champions adalah pemain veteran Argentina, Sergio Aguero. Meski kini sudah pensiun, pesepak bola berusia 34 tahun itu dianggap menjadi striker terhebat sepanjang masa karena performanya yang meledak di depan gawang lawan.

Aguero bermain dengan sejumlah klub Eropa, mulai dari Atletico Madrid, Manchester City, dan Barcelona. Ia mengumumkan gantung sepatu pada 2021 lantaran kondisi jantung yang tidak sehat.

Ia kini menjadi pencetak gol terbanyak untuk Manchester City dengan torehan 260 gol. Pemain asal Argentina itu juga menjadi pemain subur di Liga Champions dan telah mencetak 41 gol di kompetisi elite Eropa itu.

4 dari 5 halaman

2. Neymar

 

Penyerang asal Brasil ini dianggap sebagai satu di antara yang terbaik di dunia pada saat ini. Kariernya terus berkembang sejak mendarat di Eropa pada 2013 dari klub Brasil, Santos.

Neymar juga tampil impresif di Liga Champions sejak melakukan debutnya beberapa tahun lalu. Ia pun berhasil mengangkat trofi juara bersama Barcelona pada 2015 dengan keberhasilannya mencetak 12 gol dan 10 assist.

Penyerang berusia 30 tahun itu juga kini menjadi pencetak gol asal Amerika Selatan kedua terbanyak di dalam sejarah Liga Champions. Neymar sejauh ini telah mencatatkan 42 gol di kompetisi Eropa itu, mencetak 21 gol untuk Barcelona dan 21 gol lainnya untuk PSG.

 

5 dari 5 halaman

1. Lionel Messi

 

Lionel Messi memiliki sejumlah rekor individual sebagai pesepak bola terbaik di dunia ini, termasuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona dengan 672 gol. Ia juga merupakan pesepak bola dengan raihan Ballon d'Or terbanyak, yaitu tujuh kali.

Pemain asal Argentina itu juga sangat dominan di Liga Champions, dan sukses menjuarai kompetisi tersebut dalam empat musim berbeda.

Messi saat ini menjadi pencetak gol terbanyak asal Amerika Selatan di Liga Champions dengan 126 gol. Ia mencetak 120 gol untuk Barcelona dan enam lainnya bersama PSG.

Messi juga berada di posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions, persis di belakang rival bebuyutannya, Cristiano Ronaldo, yang sudah mengemas 140 gol.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer