Sukses


Rekor Pertemuan Italia Vs Inggris Jelang UEFA Nations League, Mana Lebih Unggul?

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia akan menjamu Inggris pada matchday ke-5 Grup 3 UEFA Nations League A 2022/2023. Gli Azzurri akan tampil di kandang sendiri, yakni Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB.

Timnas Italia baru menang sekali, sedangkan Inggris masih tanpa kemenangan. Italia masih punya peluang untuk bersaing dengan Hungaria dan Jerman dalam perebutan satu tiket ke putaran final, sementara Inggris harus berjuang supaya tidak terdegradasi ke UEFA Nations League B.

Grup 3 sementara ini masih dipimpin oleh Hungaria dengan tujuh poin. Jerman berada di urutan kedua dengan enam poin, diikuti Italia dengan lima poin, dan Inggris di posisi terbawah dengan dua poin.

Pada matchday 3 lalu, kedua tim bermain imbang di Wolverhampton. Laga Inggris vs Italia itu berkesudahan 0-0.

2 dari 5 halaman

Sama-sama dalam Tren Negatif

Setelah itu, mereka sama-sama menelan kekalahan telak pada matchday 4. Italia kalah 2-5 di kandang Jerman, di mana dua golnya dicetak oleh Wilfried Gnonto dan Alessandro Bastoni, sedangkan Inggris dipecundangi sang tamu Hungaria empat gol tanpa balas.

Dengan dua laga tersisa, Hungaria, Jerman, dan Gli Azzurri masih punya peluang untuk finis sebagai juara grup dan lolos ke putaran final. Sementara itu, Three Lions sudah tidak punya harapan untuk bersaing dengan ketiganya, tetapi masih harus berjuang supaya tidak finis di tempat terbawah.

3 dari 5 halaman

Italia Lebih Unggul

Sebelum duel di Giuseppe Meazza dini hari nanti, ada baiknya melihat kembali rekor pertemuan keuda tim. Ya, Italia dan Inggris adalah dua tim tradisi sepak bola dan dengan kekuatan besar.

Inggris dan Italia secara total sudah bertemu sebanyak 29 kali. Gli Azzuri boleh berbangga karena sukses meraih 12 kemenangan, sembilan kali imbang, dan delapan kali kalah.

Begitu juga sebaliknya, Timnas Inggris harus mengakui keunggulan secara rekor pertemuan saat bersua Italia. Perjumpan kedua tim terakhir kali digelar pada 12 Juni 2022 lalu di ajang UEFA Nations League yang berakhir sama kuat 0-0.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Rekor Pertemuan 10 Tahun Terakhir?

Dalam rentang 10 tahun terakhir, Italia dan Inggris juga sudah berulang kali bertemu. Kedua tim berjumpa dalam tujuh laga di berbagai ajang.

Hasilnya, Italia unggul sedikit atas Inggris. Yaitu meraih tiga kemenangan. Inggris hanya sekali mengalahkan La Nazionale pada tahun 2012. Tiga pertandingan sisanya tentu berakhir sama kuat.

5 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan Italia Vs Inggris

25/6/2012

Inggris 0-1 Italia*Adu Penalti (Piala Eropa)

16/8/2012

Inggris 2-1 Italia (Laga Persahabatan)

15/6/2014

Inggris 1-2 Italia (Kualifikasi Piala Dunia)

1/4/2015

Italia 1-1 Inggris (Laga Persahabatan)

23/8/2018

Inggris 1-1 Italia (Laga Persahabatan)

12/7/2021

Inggris 1-2 Italia*Adu Penalti (Piala Eropa)

12/6/2022

Inggris 0-0 Italia (UEFA Nations League)

Sumber: Soccerway

Video Populer

Foto Populer