Sukses


5 Bintang Serie A Liga Italia yang Lahir dari Akademi Chelsea: Terus Berkembang Pesat

Bola.com, Jakarta - Chelsea dikenal sebagai satu di antara klub besar di Inggris. Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu juga memiliki akademi sepak bola yang hebat.

Akademi sepak bola Chelsea kerap melahirkan talenta-talenta sepak bola terbaik dunia. Banyak jebolannya yang sukses berkarier di Premier League.

Ada pula jebolan akademi Chelsea yang kin menjadi bagian dari skuad The Blues untuk musim 2022/2023. Sebut saja Mason Mount, Reece James, Trevoh Chalobah, Armando Broja, hingga Conor Gallagher.

Sementara itu, banyak juga jebolan akademi Chelsea yang tidak mendapatkan kesempatan unjuk gigi bersama tim utama The Blues. Mereka pun kemudian memilih bermain bersama klub lain, seperti beberapa di antaranya yang mengadu nasib ke Serie A Liga Italia.

Berikut jebolan akademi Chelsea yang kini memilih berkarier di Serie A Liga Italia:

2 dari 6 halaman

Tammy Abraham

Setelah menimba ilmu di akademi Chelsea, Tammy Abraham dipinjamkan ke beberapa klub Inggris. Ia juga sempat menjadi piliihan utama di lini depan The Blues pada era Frank Lampard.

Namun, Tammy Abraham tersisih dari skuad Chelsea setelah kehadiran Thomas Tuchel. Striker asal Inggris itu kemudian memutuskan untuk meninggalkan Stamford Bridge dan bermain bersama AS Roma.

Abraham sampai sejauh ini sudah mencetak 29 gol dari 61 pertandingan untuk AS Roma. Di juga ikut membantu Giallorossi menjadi juara UEFA Conference League musim lalu.

3 dari 6 halaman

Fikayo Tomori

Fikayo Tomori mendapatkan promosi ke tim senior Chelsea pada 2016. Tomori kemudian diberikan banyak kesempatan bermain di Stamford Bridge ketika masih diasuh oleh Frank Lampard.

Namun, kehadiran Thomas Tuchel membuat karier Tomori di Chelsea harus berakhir. Tomori memutuskan untuk hengkang ke AC Milan pada Januari 2021 demi mendapatkan menit bermain yang lebih reguler.

Tomori tampil apik dan menjadi bek utama di pertahanan Rossoneri asuhan Stefano Pioli. Tomori berhasil mengantarkan timnya meraih gelar juara Serie A pada musim 2021/2022.

4 dari 6 halaman

Ola Aina

Ola Aina bergabung bersama akademi Chelsea pada 2007. Ia berhasil mencatatkan debut di tim utama The Blues pada 2016.

Meski begitu, Aina tidak mampu menjadi pemain reguler di Stamford Bridge. Pemain asal Nigeria itu cuma mencatatkan enam penampilan bersama The Blues.

Selama memperkuat Chelsea, Aina pernah dipinjamkan ke Hull City dan Torino. Dia dilepas permanen ke Torino pada 2019 dan saat ini sudah memainkan 99 pertandingan untuk Il Toro.

5 dari 6 halaman

Jeremie Boga

Setelah menimba ilmu di akademi Chelsea, Jeremie Boga lebih banyak menghabiskan waktu di klub lain dengan status pinjaman. Dia pernah dipinjamkan ke Rennes, Granada, dan Birmingham City.

Pada 2018, Jeremie Boga pindah ke Sassuolo dengan harga transfer 3,9 juta euro. Sejak kepindahan tersebut, winger berusia 25tahun itu tampil bagus dna menjadi pilihan utama Sassuolo.

Pada Januari 2022, Boga memutuskan untuk pindah ke Atalanta dengan status pinjaman. La Dea kemudian menebusnya secara permanen dan sampai sejauh ini sudah memainkan 24 pertandingan untuk klub.

 

6 dari 6 halaman

Jacopo Sala

Jacopo Sala sempat menimba ilmu di akademi Chelsea pada 2007 hingga 2011. Setelah itu, Sala hengkang ke Jerman bersama Hamburger SV.

Sala sempat bermain untuk tim utama Hamburger selama tiga tahun. Dia kemudian kembali ke Italia dengan memperkuat Hellas Verona pada 2013.

Setelah membela Sampdoria dan SPAL, Sala saat ini bermain untuk Spezia. Dia sudah mencatatkan 33 pertandingan di semua kompetisi untuk klub Serie A tersebut.

Video Populer

Foto Populer