Sukses


Sempat Berdebat! Bek MU Tak Cocok dengan Eksperimen Louis van Gaal di Timnas Belanda

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, melakukan eksperimen peran kepada Tyrell Malacia dalam laga UEFA Nations League 2022/2023. Pelatih berusia 71 tahun itu memainkan bek Manchester United (MU) itu sebagai stoper di bagian kiri, bukan sebagai bek sayap kiri.

Belanda menjalani laga UEFA Nations League A 2022/2023 melawan Belgia pada Senin (26/9/2022) dini hari WIB. Dalam duel yang digelar di Johan Cruijff Arena itu, Der Oranje meraih kemenangan dengan skor 1-0 lewat gol Virgil van Dijk.

Hasil tersebut membuat Belanda lolos ke semifinal UEFA Nations League. Frenkie de Jong dan kolega menjadi juara Grup 4. Belanda tidak pernah kalah dalam enam laga yang dimainkan, meraih lima kemenangan dan satu kali imbang.

Kembali ke laga Belanda kontra Belgia, Louis van Gaal memainkan Tyrell Malacia sebagai bek tengah kiri pada formasi 3-4-3. Ternyata peran itu dirasa tidak nyaman oleh bek MU tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ditegur Rekannya

Awalnya Louis van Gaal menaruh Tyrell Malacia di bangku cadangan. Pemain berusia 22 tahun itu baru dimainkan pada awal babak kedua.

Malacia masuk lapangan menggantikan peran Nathan Ake. Malacia bermain untuk peran bek tengah di sisi kiri.

Dia bermain bersama Virgil van Dijk dan Jurrien Timber dalam skema tiga bek. Ini adalah posisi yang tidak biasa bagi Malacia dan sang pemain mengaku kesulitan beradaptasi dengan peran tersebut.

"Saya terlalu sering maju, dua atau tiga kali. Tidak mungkin melakukannya secepat itu dalam posisi tersebut," kata Malacia.

Lantaran terlalu sering maju, Malacia beberapa kali mendapatkan teguran dari rekan-rekan satu timnya.

"Namun, saya kemudian dikoreksi oleh pemain-pemain lain," tegas mantan pemain Feyenoord itu.

3 dari 3 halaman

Tidak Setuju

Louis van Gaal menyebut perubahan peran untuk Malacia bisa membawa dampak positif. Namun, sang pemain sejatinya tidak senang dengan posisi barunya.

Tyrell Malacia bahkan sempat mendebat eks manajer MU tersebut.

"Saya tidak sepakat dengan keputusan itu, ya betul sekali. Setelah laga, kami berbicara tentang momen itu untuk beberapa saat dan itu sudah selesai," ujar Malacia.

"Saya merasa nyaman dengan peran di MU sekarang. Pelatih berpikir saya bisa bermain di bek tengah, tapi saya merasa lebih baik di posisi sebelah kiri," tegasnya.

Sumber: De Telegraaf

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 27/9/2022)

Video Populer

Foto Populer