Sukses


7 Kapten Tim yang Berdiri Kukuh di Bawah Mistar Gawang: Loyalis dan Berjiwa Pemimpin

Bola.com, Jakarta - Kiper atau penjaga gawang bukan lagi posisi yang bisa dipandang sebelah mata dalam tim sepak bola. Sosok ini menjadi dewa pelindung maupun pertahanan terakhir dalam sebuah tim. Selain itu banyak dari mereka yang bisa menjadi kapten tim karena memiliki pengamatan yang paling jelas dari belakang.

Tugas seorang kiper umumnya adalah menghalau bola, menangkap bola, dan mengamankan gawang dari ancaman lawan. Selain itu juga mendistribusikan bola kepada rekan setim ketika membangun serangan.

Kiper berkualitas yang mampu menjalankan semua tugas itu akan sangat berperan penting bagi sebuah tim.

Saat ini begitu banyak penjaga gawang yang memiliki kemampuan hebat yang bermain di Eropa, seperti Thibaut Courtois, Jan Oblak, hingga David De Gea.

Selain itu, ada pula kiper yang menegmban tanggung jawab lebih di dalam timnya. Mereka memiliki kemampuan kepemimpinan yang sangat baik dan dipercaya untuk membimbing rekan-rekannya di lapangan sebagai kapten tim. Siapa saja mereka?

2 dari 8 halaman

Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Manuel Neuer didatangkan Bayern Munchen dari Schalke 04 pada 2011. Sejak saat itu, Neuer selalu dipercaya untuk mengawal gawang Die Roten secara reguler.

Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, Neuer dipercaya menjadi kapten tim Bayern pada 2017. Dia mengenakan ban kapten setelah Philipp Lahm memutuskan gantung sepatu.

Tak hanya itu saja, Neuer saat ini juga dipercaya menjadi kapten timnas Jerman. Dia berhasil memenangkan Piala Dunia saat membela negaranya.

3 dari 8 halaman

Hugo Lloris (Tottenham)

Hugo Lloris saat ini bermain untuk Tottenham. Dia juga dipercaya menjadi kapten tim bagi klub serta timnas Prancis.

Lloris ditunjuk menjadi kapten timnas Prancis pada 2010. Kiper berusia 35 tahun tersebut kemudian terpilih menjadi kapten Spurs pada 2015.

Sampai sejauh ini, Lloris sudah membuat 425 penampilan di semua kompetisi bersama Tottenham. Dia juga memiliki 139 caps dengan timnas Prancis.

4 dari 8 halaman

Samir Handanovic (Inter Milan)

Saat ini, ban kapten Inter Milan melingkat di lengan Samir Handanovic. Musim 2022/2023 adalah musim keempat Handanovic menjabat sebagai kapten tim Nerazzurri.

Sejak jadi kapten, Handanovic sudah berhasil memimpin Inter Milan menjuarai Serie A. Mereka juga memenagkan Coppa Italia dan Piala Super Italia pada musim lalu.

Handanovic sudah memperkuat Inter Milan dalam 446 pertandingan di semua kompetisi. Dia mencatatkan 163 clean sheet dari jumlah penampilannya tersebut.

5 dari 8 halaman

Jordi Masip (Real Valladolid)

Jordi Masip merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Namun, kiper asal Spanyol tersebut tidak mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Camp Nou.

Masip meninggalkan Barcelona dan hengkang ke Real Valladolid pada 2017. Sejak saat itu, dia menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Blanquivioletas.

Sampai sejauh ini, Masip sudah memainkan 142 pertandingan di semua kompetisi untuk Valladolid. Pemain berusia 33 tahun tersebut juga dipercaya menjadi kapten tim.

 

6 dari 8 halaman

Alban Lafont (Nantes)

Alban Lafont dinobatkan sebagai kapten Nantes pada musim 2021/2022. Kiper asal Prancis itu menggantikan posisi Abdoulaye Toure yang hengkang ke Genoa.

Pada musim ini, Lafont menjalani musim keempatnya bersama Nantes dan dipercaya menjadi kapten tim. Dia awalnya datang ke klub Prancis tersebut pada musim 2019/2020 dengan status pinjaman dari Fiorentina.

Sampai sejauh ini, Lafont sudah memainkan 119 pertandingan di semua kompetisi bersama Nantes. Pemain berusia 23 tahun tersebut mengemas 27 clean sheet dari penampilannya tersebut.

7 dari 8 halaman

Peter Gulacsi (RB Leipzig)

Peter Gulasci merupakan satu di antara pemain paling senior di tim RB Liepzig. Dia bermain untuk klub Jerman tersebut sejak 2015 setelah didatangkan dari RB Salzburg.

Sebagai pemain senior, Gulacsi ditunjuk sebagai kapten tim Leipzig pada musim lalu. Kiper berkebangsaan Hungaria ini menggantikan Marcel Sabitzer yang hengkang ke Bayern Munchen.

8 dari 8 halaman

Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen)

Lukas Hradecky bermain untuk Bayer Leverkusen sejak 2018. Ketika itu, kiper asal Finlandia tersebut didatangkan dari Eintracht Frankfurt.

Pada awal musim 2021/2022, Leverkusen menunjuk Hradecky sebagai kapten tim. Dia menggantikan peran yang sebelumnya dijalani Charles Aranguiz.

Sampai sejauh ini, Hradecky sudah memainkan 177 pertandingan di semua kompetisi untuk Leverkusen. Dia juga masih punya kontrak sampai 2026.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 29/9/2022)

Maroko Lolos 16 Besar, Suporter Euforia di Stadion Al Thumama

Video Populer

Foto Populer