Sukses


Alasan Benfica Juara Grup H Liga Champions Ungguli PSG: Padahal Poin, Head to Head, dan Selisih Gol Sama

Bola.com, Milan - Benfica menjaga rekor tidak terkalahkan di Liga Champions 2022/2023 dan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Klub Portugal itu mengungguli PSG yang akhirnya hanya menjadi runner up Grup G. 

Menariknya, jumlah poin, head to head, hingga selisih gol Benfica sama dengan PSG yang berada di posisi kedua klasemen Grup G.

Pada matchday ke-6, PSG dan Benfica sama-sama meraih kemenangan. PSG menang 2-1 di kandang Juventus. Dua gol kemenangan PSG dicetak Kylian Mbappe dan Nuno Mendes.

Sementara, Benfica berpesta gol ke gawang Maccabi Haifa. Bertandang ke Israel, Benfica menang dengan skor 6-1. Gol-gol Benfica dibagi rata oleh Goncalo Ramos, Petar Musa, Alex Grimaldo, Rafa, Henrique Araujo, dan Joao Mario.

Poin Benfica dan PSG sama, 14. Head to head kedua tim juga imbang. Dari dua kali perjumpaan, PSG dan Benfica selalu bermain imbang 1-1. Selisih gol mereka juga sama yakni plus sembilan.

Lantas, apa yang membuat Benfica menjadi juara Grup H? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

2 dari 4 halaman

Regulasi Klasemen Fase Grup Liga Champions 2022/2023

  • Poin dalam head-to-head;
  • Selisih gol dalam head-to-head; 
  • Gol yang dicetak dalam head-to-head;
  • Jika lebih dari dua tim seri, dan setelah menerapkan semua kriteria head-to-head di atas, sebagian tim masih seri, semua kriteria head-to-head di atas diterapkan kembali secara eksklusif untuk subset tim ini.
  • Selisih gol di semua pertandingan grup;Gol yang dicetak di semua pertandingan grup;
  • Gol tandang dicetak di semua pertandingan grup;
  • Menang di semua pertandingan grup;
  • Kemenangan tandang di semua pertandingan grup;Poin disiplin (kartu merah langsung = 3 poin; kartu kuning ganda = 3 poin; kartu kuning tunggal = 1 poin);
  • Koefisien klub UEFA.

 

3 dari 4 halaman

Situasi Grup G Liga Champions 2022/2023

Seperti yang sudah dibahas di atas, PSG punya poin yang sama dengan Benfica. Begitu juga dengan catatan head to head dan selisih gol. Lalu, selisih gol secara umum kedua tim juga sama yakni plus 9.

Bahkan, jumlah gol yang dicetak mereka juga sama. Jadi, posisi klasemen harus ditentukan dengan poin 'gol tandang dicetak di semua pertandingan grup'. Pada poin tersebut, Benfica lebih unggul atas PSG.

Benfica mampu mencetak sembilan gol dari tiga laga tandang di Grup H. Sementara, gol tandang yang dicetak PSG hanya enam. Jadi, Benfica menjadi juara Grup H dan PSG harus puas menjadi runner-up.

Sumber: UEFA 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 3/11/2022) 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Akhir Grup Ini

Video Populer

Foto Populer