Sukses


Waduh! Ada Timnas Malaysia Palsu yang Menjalani Laga Persabatan Kontra LA Galaxy

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sedang menyelidiki kasus penipuan. Disebutkan ada sekelompok pemain yang menyamar sebagai tim nasional Malaysia.

Timnas Malaysia palsu itu kalah dari tim Major League Soccer (MLS) Los Angeles Galaxy dalam sebuah pertandingan persabahatan yang dikatakan sudah diatur. Seorang pakar sepak bola Mark Stafford mengungkapkannya di podcastnya baru-baru ini.

LA Galaxy percaya mereka telah memenangkan pertandingan persahabatan secara sah. Namun, sampai sekarang tidak diketahui kapan pertandingan itu berlangsung.

FAM pun telah mengkonfirmasi bahwa Malaysia tidak melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk pertandingan apa pun baru-baru ini. Mereka langsung bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan.

2 dari 4 halaman

Ada Surat dari Pengurus Timnas Malaysia

Mark Stafford menjelaskan, ada pihak dari Timnas Malaysia yang meminta menggelar uji coba melawan LA Galaxy. Uji coba itu disebut sebagai bagian dari persiapan mereka menghadapi Piala Asia 2023.

"Ofisial Malaysia mendekati LA Galaxy untuk pertandingan persahabatan sebagai pemanasan untuk Piala Asia. Mereka mengirim surat ke LA Galaxy," klaim Stafford di podcastnya.

Stafford bahkan menyebut salah satu ofisial Malaysia itu sengaja terbang ke Los Angeles. Kesepakatan kemudian terjalin di antara keduanya.

"Seorang ofisial Malaysia terbang dan pergi menemui LA Galaxy. Kesepakatan ditandatangani, dan dua bulan kemudian, tim Malaysia memainkan pertandingan persahabatan dengan klub. LA Galaxy menang 4-1," jelas Stafford.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan pertama kalinya penipuan serupa terjadi pada FAM dan Timnas Malaysia. Pada 2009, sebuah klub yang menyamar sebagai tim nasional Zimbabwe melawan Malaysia dua kali, dan kedua pertandingan tersebut disetujui oleh FIFA.

Belakangan diungkapkan oleh FA Zimbabwe bahwa pertandingan-pertandingan itu diatur oleh pengatur pertandingan terpidana Wilson Raj Perumal.

Federasi sepak bola Lesotho juga melakukan investigasi internal setelah tuduhan muncul bahwa tim mereka kalah telak 5-0 dari Malaysia pada tahun yang sama. Laga itu disebut juga sudah diatur.

Kemudian pada 2015, pertandingan persahabatan dua leg antara Malaysia dan mantan juara Afrika Ghana membuat FAM tercengang. FAM mengatakan tidak pernah ada kontak dengan FA Ghana terkait pertandingan persahabatan itu.

4 dari 4 halaman

Kembali ke Piala Asia

Timnas Malaysia belum lama ini memastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka menjadi satu dari empat wakil Asia Tenggara yang bakal berlaga di ajang itu.

Malaysia sudah lama tidak lolos ke putaran final Piala Asia. Terakhir kali mereka melakukannya pada Piala Asia 2007.

Dengan catatan saat itu Malaysia bersama Indonesia, Vietnam, dan Thailand menjadi tuan rumah bersama Piala Asia 2007.

Video Populer

Foto Populer