Sukses


Legenda Real Madrid Satu-satunya yang Memenangkan Super Ballon d'Or, Lionel Messi Bakal Nyusul?

Bola.com, Jakarta - Tidak hanya Piala Dunia, Ballon d'Or atau penghargaan pemain terbaik dunia juga menjadi trofi yang diincar para pemain sepak bola. Tetapi bagaimana jika kita menambahkan kata Super sehingga menjadi Super Ballon d'Or.

Hanya satu orang yang memenangkan gelar Super Ballon d'Or. Siapakah dia dan bagaimana trofi ini bisa diberikan?

Penghargaan Ballon d'Or muncul pertama kali tahun 1956 yang dicetuskan majalah sepak bola Prancis, France Football. Hingga tahun 1995, pemain non Eropa akhirnya berhak juga mendapatkan Ballon d'Or jika mampu memenangkan voting.

Striker AC Milan asal Liberia, George Weah menjadi pemain non Afrika pertama yang memenangkan Ballon d'Or. Selain Ballon d'Or, France Football juga memberikan Super Ballon d'Or saat memperingati hari jadi mereka yang ke-30 tahun.

Ternyata legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano yang mampu memenangkannya. Lalu akankah ada Super Ballon d'Or yang lainnya?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alfredo Di Stefano

Alfredo Di Stefano sebenarnya lahir di Argentina tetapi pernah memperkuat Timnas Kolombia hingga Timnas Spanyol. Dia mendapatkan kewarganegaraan Spanyol yang membuatnya memenangkan dua kali Ballon d'Or tahun 1957 dan 1959.

Saat ada Super Ballon d'Or tahun 1989, pemain yang mengantar Real Madrid dua kali juara Piala Eropa (kini Liga Champions) bersaing dengan Johan Cruyff dan Michel Platini. Hingga akhirnya, Di Stefano yang memenangkan Super Ballon d'Or.

3 dari 4 halaman

Trofi Mirip Ballon d'Or

Trofi Super Ballon d'Or ini terlihat sangat mirip dengan Ballon d'Or. Perbedaannya, pada trofi Super Ballon d'Or memiliki banyak bola mini emas yang memiliki kemiripan dengan cokelat Ferrero Rocher bagian bawah.

Setelah bertahun-tahun berada di Museum Real Madrid, trofi ini dilelang di London, September 2021 bersama sejumlah barang milik Alfredo Di Stefano yang ikonik. Trofi ini laku dengan harga 187.500 pound (sekitar Rp3,5 miliar).

 

4 dari 4 halaman

Bakal Jatuh ke Messi

Setelah Piala Dunia 2022 berakhir, kini banyak orang ramai lagi tentang Super Ballon d'Or. Banyak orang menginginkan bahwa trofi ini layak untuk diberikan kepada kapten Argentina, Lionel Messi.

Lionel Messi sendiri sudah mendapatkan tujuh kali Ballon d'Or. Selain itu, dia telah memenangkan sejumlah gelar La Liga, Liga Champions, Copa America dan terakhir Piala Dunia.

 

Sumber: SportBible

Video Populer

Foto Populer