Sukses


Pesepak Bola yang Lebih Tajir dari Cristiano Ronaldo: Tetangga Kita, Deket Kalimantan

Bola.com, Jakarta - Apakah ada pesepak bola yang lebih kaya dari Cristiano Ronaldo saat ini? Ronaldo kini menjadi pesepakbola dengan gaji paling besar usai pindah ke klub Arab Saudi, Al-Nassr.

Kapten Portugal ini sebelumnya hanya mendapat gaji 62,5 juta pound (sekitar Rp1,2 triliun) per tahun saat berada di Manchester United. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat saat hijrah ke Arab Saudi.

Ronaldo kini mendapatkan 173 juta pound (Rp3,3 triliun) per tahun di Al-Nassr. Jumlah ini tentu saja langsung mengalahkan trio pesepakbola milik Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, Neymar dan Lionel Messi.

Jika Ronaldo tinggal selama tujuh tahun di klub Arab Saudi ini maka dia bisa mendapatkan 1,3 miliar pound (sekitar Rp24,5 triliun). Hal ini membuatnya sangat kaya raya di saat pensiun nanti.

Lalu dengan kekayaan seperti itu, apakah ada pesepakbola yang lebih kaya dari Cristiano Ronaldo? Jawabannya, tentu saja ada.

2 dari 5 halaman

Pemasukan Ronaldo yang Lain

Tidak hanya mendapatkan gaji selama memperkuat klub Arab Saudi, Al-Nassr, Ronaldo juga mendapatkan pemasukan yang lain. Pemasukan itu dari sponsor yang menggunakan sang pemain sebagai branding produk perusahaan.

Misalnya saja Armani, Unilever, Nike, Herbalife dan DAZ yang membuat pemasukan Ronaldo bertambah 34 juta pound (Rp641 miliar) per tahun. Hal ini membuat kekayan bersih Ronaldo saat ini menjadi 425 juta pound (sekitar Rp8 triliun).

 

3 dari 5 halaman

Masih Ada yang Lebih Tajir

Dengan kekayaan bersih yang triliunan rupiah ini, hampir mustahil bagi seorang pesepak bola yang lain mengalahkannya. Namun ternyata ada pesepakbola yang mampu mengalahkan kekayaan dari Ronaldo itu.

Dia adalah mantan pemain muda Chelsea dan Leicester Cuty, Faiq Bolkiah yang nilai transfernya saat itu hanya 20 juta pound (sekitar Rp377 miliar). Nilai transfer Faiq Bolkiah ini tentu saja tidak ada apa-apanya dibandingkan nilai transfer Ronaldo.

4 dari 5 halaman

Kekayaan Bukan dari Lapangan Hijau

Meskipun nilai transfernya kecil dan relatif tidak dikenal di dunia sepakbola, Bolkiah adalah pesepak bola terkaya di dunia. Dia bahkan sudah jauh lebih kaya daripada Ronaldo.

Namun, tidak seperti Ronaldo, Bolkiah tidak mengumpulkan pundi-pundi uang dari lapangan hijau. Kekayaan pemain berusia 24 tahun itu berasal dari ayahnya yang merupakan taipan minyak Hassanal serta pamannya yakni Sultan Brunei.

 

5 dari 5 halaman

Mencintai Sepak Bola

Tidak seperti keluargnya yang menggeluti dunia bisnis, Faiq Bolkiah sangan mencintai sepak bola. Dia memulai karirnya di Inggris dan pernah bermain tim remaja Southampton, Chelsea, Reading, Arsenal, sebelum menjalani karir profesional pertamanya di Leicester City pada tahun 2016.

Namun, Bolkiah gagal tampil dalam satu lagapun bersama Foxes hingga memutuskan pindah ke Thailand bersama Chonburi FC, awal tahun ini. Mungkin hanya Faiq Bolkiah, satu-satunya pemain yang mengalahkan Ronaldo saat ini di sektor finansial.

Sumber: DailyStar

Video Populer

Foto Populer