Sukses


Pergi dari Timnas Belgia, Roberto Martinez Resmi Menangani Timnas Portugal

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal akhirnya punya pelatih baru. Federasi sepak bola Portugal (FPF) resmi menunjuk Roberto Martinez sebagai pelatih baru, di mana pelatih asal Spanyol itu juga baru saja mundur dari posisinya sebagai pelatih Timnas Belgia setelah Piala Dunia 2022.

Portugal gagal berprestasi di Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo dkk. tersingkir pada perempat final setelah kalah dari Maroko. Kekalahan itu dibayar mahal oleh Fernando Santos yang dipecat dari jabatannya sebagai pelatih kepala.

Sejumlah nama dikaitkan dengan jabatan kosong di manajerial Timnas Portugal itu. Namun, kini FPF resmi menunjuk Roberto Martinez, yang juga sudah berpisah dengan timnas Belgia, sebagai manajer baru Seleccao.

2 dari 4 halaman

Kontrak Jangka Panjang

Melalui rilis resmi mereka, FPF mengonfirmasi bahwa Roberto Martinez resmi menjadi manajer mereka untuk jangka panjang.

Mereka memberikan sang manajer kontrak berdurasi tiga tahun. Alhasil ia akan menangani Portugal hingga 2026.

Jadi ia akan dipercaya untuk menangani Seleccao untuk Euro 2024 dan Piala Dunia 2026.

3 dari 4 halaman

Merasa Tertantang

Dalam konferensi persnya, Roberto Martinez mengaku senang dipercaya jadi manajer baru Timnas Portugal. Ia mengaku tertantang membawa Seleccao kembali berprestasi.

"Saya sangat bahagia berada di sini. Saya sangat senang dipercaya untuk menangani satu tim paling bertalenta di dunia saat ini," ujar Martinez.

"Saya memahami bahwa ada ekspektasi dan juga target yang tinggi dalam proyek ini. Namun saya yakin bahwa tim ini memiliki tim yang kompetitif untuk memenuhi target kami tersebut," ia menandaskan.

 

4 dari 4 halaman

Prestasi Kurang Oke

Bicara karier kepelatihan di level internasional, prestasi Roberto Martinez bisa dikatakan kurang mentereng.

Prestasi terbaiknya sejak menangani timnas Belgia pada 2016 membawa The Red Devils menjadi peringkat tiga di Piala Dunia 2018 silam.

Sumber: FPF

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 9/1/2023)

Video Populer

Foto Populer