Sukses


5 Fakta Duel Riyadh All Stars XI Vs PSG: Panggung Persahabatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Duel antara Riyadh All Stars XI melawan Paris Saint-Germain (PSG), Jumat (20/1/2023), berjalan seru sesuai dengan ekspektasi. Laga yang mempertemukan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi itu berakhir dengan sembilan gol tercipta.

Riyadh All Stars XI kontra PSG berakhir dengan skor 4-5, di mana Lionel Messi mencetak gol pembuka untuk PSG dan Cristiano Ronaldo mencetak dua gol untuk Riyadh All Stars XI dalam laga yang digelar di King Fadh Stadium.

Dua gol lain dari Riyadh All Stars dicetak oleh Jang Hyun-soo dan Anderson Tallisca. Sementara empat gol PSG lainnya dicetak Marquinhos, Sergio Ramos, Kylian Mbappe, dan Hugo Etitike.

Apa saja yang menarik dari duel yang mempertemukan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi itu?

2 dari 6 halaman

Arab Saudi Jadi Kekuatan Sepak Bola Baru

Arab Saudi patut dipertimbangkan sebagai poros baru sepak bola. Bukan hanya pada level Asia, tetapi juga dunia. Ada potensi yang besar dari sepak bola Arab Saudi.

Setelah membuat kejutan di Piala Dunia 2022, Arab Saudi kembali disorot dengan langkah Al Nassr memboyong Cristiano Ronaldo. Al Nassr menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan gaji paling mahal di dunia.

Lalu, masih ada Al Hilal yang disebut tertarik kepada jasa Lionel Messi. Sejumlah klub Saudi Pro League juga merekrut pemain top Eropa lain.

Jangan lupa, Arab Saudi juga menjadi tuan rumah untuk laga-laga top seperti Supercoppa de Espana dan Supercoppa Italiana.

Satu laga, pemerintah Arab Saudi lewat PIF juga telah menyulap Newcastle United menjadi tim 'sultan' dan tengah bersaing di papan atas klasemen Premier League.

3 dari 6 halaman

Lionel Messi Tetap Memperlihatkan Kelasnya

Lionel Messi tetap menunjukkan kelasnya walau hanya bermain pada laga uji coba. Messi memang tidak menunjukkan kualitas terbaik, tetapi cukup menghibur dengan aksi-aksi yang dilakukan.

Messi menjadi pemain pertama yang membuat publik di Stadion King Fahd International bersorak. Pada menit ketiga, Messi dengan cerdik menerima umpan Neymar.

Bintang asal Argentina yang baru menjuarai Piala Dunia 2022 itu lebih dulu membaca gerakan kiper sebelum melepas tendangan. Finishing yang berkelas dari Messi.

4 dari 6 halaman

Respons Sempurna Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dianggap sudah habis ketika memilih pinda ke Al Nassr. Ronaldo dinilai tidak lagi berada di top level dan bakal kesulitan ketika bermain untuk klub-klub elite Eropa.

Namun, Ronaldo menjawab keraguan pada laga 'debut' di Arab Saudi. Ronaldo tampil apik. Bukan hanya soal dua gol yang dicetaknya, akan tetapi juga peran yang diemban sepanjang laga.

Selain itu, kehadiran Ronaldo juga mendapat atensi luar bisa dari publik Arab Saudi. Ketika Ronaldo mencetak gol dan merayakannya, nyaris seisi stadion berteriak 'siiuuu'. Momen yang luar biasa bagi Ronaldo dan fans di Arab Saudi.

5 dari 6 halaman

Mbappe yang Mencuri Perhatian

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi sorotan utama pada duel Riyadh All-Stars dan PSG. Namun, ada pemain lain yang mampu mencuri perhatian.

Kylian Mbappe tampil cukup impresif. Pemain berusia 24 tahun itu membuat dua assist dan satu gol. Mbappe juga membuat publik terpukau dengan skill individu saat melewati lawan.

Sementara itu, Neymar mencuri perhatian dengan cara yang berbeda. Neymar membuat assist indah untuk gol Messi. Namun, bukan itu yang mungkin disorot melainkan kegagalan mengambil penalti. Yap, penalti Neymar mampu ditangkap Mohammed Al Owais.

6 dari 6 halaman

Keylor Navas Gagal Memaksimalkan Momen

Galtier memainkan Keylor Navas sejak menit awal. Ini adalah fenomena yang amat jarang dijumpai pada musim 2022/2023. Navas belum pernah dimainkan di Ligue 1 dan Liga Champions musim ini.

Navas kalah bersaing dengan Donnarumma untuk jadi kiper nomor satu PSG. Dan, Navas baru saja membuang peluang untuk menunjukkan bahwa dia masih berada di top level.

Navas tidak tampil mengesankan pada duel lawan Riyadh All-Stars. Dia kebobolan dua gol. Navas melanggar Cristiano Ronaldo dan membuat PSG dihukum penalti. Navas gagal mengambil momentum untuk merebut posisi kiper utama.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 20/1/2023)

Video Populer

Foto Populer