Sukses


Yann Sommer dan 4 Kiper Gaek Paling Mahal dalam Sejarah Sepak Bola Dunia: Masih Ingat Chilavert?

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen resmi merekrut Yann Sommer untuk memperbanyak opsi di sektor penjaga gawang. Kiper 34 tahun tersebut dikontrak dengan durasi selama 2,5 musim hingga 30 Juni 2025.

Yann Sommer didatangkan Bayern Munchen dari Borussia Monchengladbach. Dia merupakan pemain yang cukup berpengalaman karena lebih dari sewindu bermain di Bundesliga.

Kiper berkebangsaan Swiss tersebut ditebus dengan mahar sebesar 8 juta euro. Nilai transfer itu menempatkannya sebagai kiper termahal dengan usia di atas 33 tahun.

Sebelum Yann Sommer, sudah ada beberapa kiper gaek yang terjual dengan harga cukup mahal. Bahkan, ada yang tetap menjadi andalan meskipun usianya semakin menua.

Berikut Yann Sommer dan empat kiper termahal sepanjang sejarah dengan usia di atas 33 tahun berdasarkan catatan Transfermarkt.

2 dari 5 halaman

Edwin van der Sar

Kiper berkebangsaan Belanda, Edwin van der Sar pernah dijual sebesar 4 juta euro oleh Fulham ketika berusia 34 tahun. Manchester United adalah tim yang meminangnya.

Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2005. Meski sudah berumur, Edwin van der Sar tetap menjadi andalan Setan Merah hingga pensiun pada 2011.

Selama 6 tahun membela Manchester United, van der Sar mencatatkan total 266 penampilan. Dia kebobolan 202 kali dan mencetak 135 clean sheet.

3 dari 5 halaman

Orestis Karnezis

Transfer yang melibatkan Napoli dan LOSC Lille pada musim panas 2020 membuat Orestis Karnezis menjadi salah satu kiper gaek termahal. Nilai transfernya mencapai 5,13 juta euro.

Saat didatangkan ke LOSC Lille, Karnezis sudah memasuki usia 35 tahun. Dia juga memutuskan pensiun pada musim panas tahun lalu setelah dua tahun berseragam klub Liga Prancis tersebut.

Sayangnya, Karnezis tidak mendapat kesempatan bermain di LOSC Lille. Dia hanya tampil satu kali dalam pertandingan Coupe de France 2020/2021.

4 dari 5 halaman

Jose Luis Chilavert

RC Strasbourg pernah merekrut salah satu kiper gaek dari klub Argentina, CA Velez Sarsfield. Sosok yang dimaksud adalah Jose Luis Chilavert.

Transfer Jose Luis Chilavert berlangsung pada musim panas 2000. Pemain berpaspor Yunani tersebut berusia 35 tahun kala itu.

Jose Luis Chilavert ditebus sebesar 5,3 juta euro oleh RC Strasbourg. Namun, mantan pemain Real Zaragoza tersebut hanya dua musim bermain di Divisi 1 Liga Prancis.

5 dari 5 halaman

Jacques Songo'o

Kiper gaek lainnya yang dijual dengan harga yang cukup mahal adalah Jacques Songo'o. Dia didatangkan FC Metz dari Deportivo de La Coruna dengan mahar 6,5 juta euro.

Saat transfer berlangsung pada musim panas 2021, Songo'o sudah berusia 37 tahun. Dia termasuk pemain yang paling tua dalam daftar ini.

Jacques Songo'o membela FC Metz hingga tahun 2003. Setelah itu dia kembali ke pangkuan Deportivo de La Coruna dan pensiun setahun setelahnya.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, 20/1/2023)

Video Populer

Foto Populer