Sukses


5 Klub Sepak Bola dengan Nilai Paling Fantastis di Eropa: Man City Lebih Baik dari Bayern Munchen?

Bola.com, Jakarta - Sepak bola kerap menjadi olahraga dengan kesuksesan finansial yang besar dan betambah terus setiap tahunnya, serta dianggap menjadi satu di antara olahraga terkaya di dunia.

Sejumlah klub sepak bola Eropa pun menjadi entitas olahraga terkaya dunia dengan teratur membuat kesepakatan hingga jutaan dolar.

Sebagian besar tim menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta setiap tahunnya. Tim-tim besar itu bahkan memiliki pemain top, fasilitas terbaik, dan perjanjian sponsor yang paling menguntungkan.

Elemen-elemen ini, besama dengan dukungan yang tidak tergoyahkan dari para suporter, membantu tim mencapai kesuksesan dan trofi yang konsisten, di mana itu meningkatkan nilai dari klub tersebut.

Seperti dilansir dari Sportskeeda yang didukung data Transfermarkt, berikut lima klub sepak bola paling bernilai di dunia pada saat ini.

2 dari 6 halaman

5. PSG - 895 juta euro

Juara bertahan Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG) menjadi satu dari klub bertabur bintang di Eropa. Mereka memiliki Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar.

PSG juga menjadi tim paling dominan di Prancis ketika memiliki skuad yang komplet. Les Parisien saat ini pun beada di puncak klasemen Ligue 1 dan diperkirakan bakal kembali memenangkan gelar juara pada akhir musi,.

Namun, mereka masih memiliki satu tujuan yang belum terwujud hingga saat ini, yaitu menjuarai Liga Champions. PSG saat ini memiliki nilai sebesar 895 juta euro.

3 dari 6 halaman

4. Liverpool - 928 juta euro

Liverpool menjadi satu di antara klub paling sukses dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mengalami periode yang sangat sulit hingga Jurgen Klopp datang pada 2015.

Sempat membutuhkan waktu untuk Klopp mengimplementasikan gagasan yang dimilikinya. Namun, sekali dilakukannya, Liverpool menjadi tim yang luar biasa dalam waktu singkat.

The Reds memenangi Piala FA dan Piala Liga, tapi juga melangkah hingga ke final Liga Champions, hingga akhirnya kalah dari Real Madrid.

Popularitas Liverpool makin berkibar setelah mereka mendatangkan sejumlah pemain bertalenta dan meraih trofi Liga Champions dan Premier League.

Saat ini Liverpool memliki nilai mencapai 928 juta euro.

4 dari 6 halaman

3. Bayern Munchen - 945 juta euro

Bayern Munchen adalah klub Jerman paling dominan dalam sejarah sepak bola. Mereka menjadi mesin pembawa kesuksesan dan tim Bundesliga lain kesulitan untuk mengejarnya.

Mereka menjadi klub yang berjalan baik dan dikelola dengan transisi dan pembentukan skuad yang luar biasa stabil. Bayern Munchen kini memenangkan Bundesliga untuk 10 tahun berturut-turut.

Juara bertahan Bundesliga itu juga menjadi klub terkaya di dunia. Mereka memiliki nilai mencapai 945 juta euro.

5 dari 6 halaman

2. Chelsea - 1 miliar euro

Chelsea berubah menjadi tim raksasa Eropa di bawah kepemilikan pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich. Mereka terus menjadi satu di antara klub dengan kekayaan besar di dunia hingga kehadiran pemilik baru Todd Boehly.

The Blues memiliki reputasi untuk memecahkan rekor setiap bursa transfer untuk mengembangkan skuadnya. Mereka mencapai banyak kesuksesan dalam dua dekade terakhir. Mereka menghabiskan banyak dana untuk mendatangkan pemain baru.

Chelsea sekarang berada di posisi kedua paling bernilai di dunia. Mereka dinilai 1 miliar euro pada saat ini.

6 dari 6 halaman

1. Man City - 1,1 miliar euro

Manchester City berkembang menjadi tim yang luar biasa setelah diakuisisi oleh konsorsium dari Abu Dhabi pada 2008. Suntikan besar datang hingga kehadiran Pep Guardiola di tepi lapangan membuat Man City menjadi tim paling kuat di Eropa.

Mereka sudah meraih empat gelar juara dalam lima musim terakhir, yang. City tak pernah harus mundur dari perburuan untuk merekrut pemain mana pun. Mereka adalah tim paling berharga di dunia dengan nilai mencapai 1,1 miliar euro.

Sumber: Sportskeeda, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer