Sukses


Starting XI Pemain Eropa yang Hijrah ke Liga Amerika Serikat: Tempat Hits Sebelum Pensiun

Bola.com, Jakarta - Chelsea dikabarkan telah sepakat untuk meminjamkan Pierre-Emerick Aubameyang Los Angeles FC

Sejak kepergian Thomas Tuchel, Aubameyang memang kehilangan tempat di Chelsea. Bahkan, baru-baru ini penyerang asal Gabon tersebut tidak dimasukkan dalam daftar pemain untuk Liga Champions.

Hijrah ke MLS bisa jadi keputusan yang tepat bagi Aubameyang untuk bisa mendapatkan menit bermain. Mengingat, Liga Utama Amerika Serikat itu kerap menampung pemain bintang yang kehilangan tempat di Eropa.

Artinya, jika Aubameyang jadi merapat ke Los Angeles FC akan menambah daftar bintang Eropa yang melanjutkan karier di MLS. Sebelumnya sudah ada nama Thierry Henry hingga David Beckham.

Berikut Starting XI bintang Eropa yang hijrah ke MLS jika Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Los Angeles FC.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

Kiper: Tim Howard

Tim Howard pernah menjadi andalan di sektor penjaga gawang Manchester United. Setelah itu, kiper asal Amerika Serikat tersebut membela Everton sejak 2006/2007 hingga 2015/2016.

Namun, setelah tak lagi bermain untuk klub yang berbasis di Merseyside tersebut, Tim Howard memilih kembali ke Amerika Serikat. Dia bergabung dengan Colorado Rapids dengan status free transfer.

Setelah membela Colorado, Tim Howard sempat berhenti sementara pada bursa transfer musim dingin 2020. Dia kemudian bergabung dengan Memphis 901 dan gantung sepatu pada 1 Desember 2020.

3 dari 11 halaman

Ashley Cole

Ashley Cole pernah membela sejumlah klub besar di Eropa mulai dari Arsenal, Chelsea hingga AS Roma. Dia juga menjadi andalan di lini pertahanan Timnas Inggris.

Bek kelahiran London tersebut pernah hijrah ke MLS dan bergabung dengan Los Angeles FC pada bursa transfer musim dingin 2016. Dia hijrah dengan status free transfer setelah sebelumnya membela AS Roma.

Namun, pada awal tahun 2019, Ashley Cole kembali lagi ke Eropa. Dia bergabung dengan Derby County yang saat itu masih bermain di divisi kedua Liga Inggris atau Championship.

4 dari 11 halaman

Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini menjadi andalan di lini pertahanan Juventus selama kurang lebih 17 tahun. Pada bursa transfer musim panas 2022, bek kelahiran Pisa, Italia tersebut memutuskan hijrah ke Los Angeles FC.

Stopper berusia 38 tahun tersebut bergabung dengan Los Angeles FC dengan status free transfer. Giorgio Chiellini dikontrak dengan durasi selama 18 bulan hingga akhir tahun 2023.

Saat ini, Giorgio Chiellini terus mendapat kepercayaan untuk mengawal lini pertahanan Los Angeles FC. Mantan bek Timnas Italia tersebut sudah tampil 13 kali di semua ajang.

5 dari 11 halaman

Alessandro Nesta

Alessandro Nesta juga merupakan salah satu stopper terbaik yang pernah dimiliki Italia. Sebagian besar kariernya juga dihabiskan di negeri Pizza bersama Lazio dan AC Milan.

Pada bursa transfer musim panas 2015, Alessandro Nesta hijrah ke Liga Amerika Serikat. Dia bergabung dengan CF Montreal, klub yang berbasis di Montreal, Quebec, Kanada.

Alessandro Nesta hanya semusim berkarier di MLS sebelum berhenti sementara pada musim panas 2014. Dia kemudian hijrah ke Liga India untuk gabung Chennaiyin FC dan pensiun pada awal Januari 2015.

6 dari 11 halaman

Andrea Pirlo

Siapa yang tak kenal Andrea Pirlo, salah satu maestro sepak bola yang membela klub-klub besar di Italia. Dia pernah memperkuat Inter Milan, AC Milan hingga Juventus.

Gelandang terbaik di Italia tersebut juga pernah berkarier di MLS setelah 4 musim membela Juventus. Andrea Pirlo bergabung dengan New York City pada musim panas 2015.

Mantan bintang Timnas Italia tersebut membela New York C

7 dari 11 halaman

Steven Gerrard

Pemain legendaris Liverpool, Steven Gerrard juga pernah merasakan atmosfer kompetisi Liga Amerika Serikat. Gelandang kelahiran Whiston tersebut bergabung dengan Los Angeles FC pada Juli 2015.

Steven Gerrard pindah ke Los Angeles FC dengan status free transfer. Dia kemudian gantung sepatu pada 1 Januari 2017.

Sebelum hijrah ke MLS, Steven Gerrard membela Liverpool selama kurang lebih 17 tahun setelah dipromosikan dari akademi The Reds pada 1998. Saat ini, Gerrard menapaki karier sebagai pelatih.

8 dari 11 halaman

Kaka

Ricardo Izecson dos Santos Leite atau yang akrab disapa Kaka cukup bersinar di Eropa setelah direkrut AC Milan dari Sao Paulo pada musim panas 2003. Dia juga pernah memperkuat raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Bahkan, pemain yang dibeli sebesar 8,50 juta euro dari Sao Paulo itu dijual ke Los Blancos sebesar 67 juta euro. Dia mengabdi selama 4 tahun di Santiago Bernabeu sebelum kembali ke Milan.

Pada tahun 2014, Kaka bergabung dengan Orlando City, salah satu kontestan MLS. Pemain yang juga berpaspor Italia tersebut kemudian pensiun pada 17 Desember 2017.

9 dari 11 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry merupakan penyerang subur yang pernah dimiliki Prancis. Dia sempat memimpin daftar top skor sepanjang masa Les Bleus sebelum disalip Olivier Giroud pada Piala Dunia 2022.

Sejumlah klub besar Eropa sudah pernah dibela penyerang kelahiran Les Ulis tersebut. Mulai dari AS Monaco, Juventus, Arsenal, hingga Barcelona.

Thierry Henry kemudian hijrah ke Liga Amerika Serikat pada tahun 2010 dengan status free transfer. Sempat kembali ke Inggris dengan status pinjaman, dia kemudian pensiun pada 1 Januari 2015.

10 dari 11 halaman

David Beckham

David Beckham merupakan pesepak bola yang namanya cukup tersohor di dunia. Dia juga menjadi pemain dengan gaji termahal pada tahun 2004.

Klub raksasa Eropa pernah diperkuatnya seperti Manchester United, Real Madrid, AC Milan hingga Paris Saint-Germain. Dia juga memenangkan banyak gelar bersama klub yang dibelanya.

Pada tahun 2007, David Beckham meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan klub MLS, Los Angeles FC. Dia menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Amerika Serikat itu.

11 dari 11 halaman

Robbie Keane

Robbie Keane merupakan penyerang asal Irlandia yang sebagian besar kariernya dihabiskan di Inggris. Dia memulai karier sepak bolanya dari Akademi Wolverhampton Wanderers.

Dia pernah memperkuat Leeds United, West Ham, Tottenham Hotspur hingga Liverpool. Dia juga sempat berkarier di Italia bersama Inter Milan.

Pada Agustus 2011, Robbie Keane hijrah ke Liga Amerika Serikat untuk bergabung dengan Los Angeles FC. Dia pensiun pada tahun 2018 dengan status tanpa klub.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Asad Arifin)

Video Populer

Foto Populer