Sukses


Barcelona Tersingkir di Liga Europa, Xavi Bilang Kecewa tapi Harus Move On

Bola.com, Jakarta - Raksasa Spanyol, Barcelona gugur di ajang Liga Europa 2022/2023. Tim berjulukan Blaugrana kalah 1-2 dari tuan rumah Manchester United (MU) pada leg kedua play-off babak gugur di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB.

Barcelona sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu di babak pertama lewat eksekusi penalti Robert Lewandowski. Namun MU mampu bangkt dan mencetak dua gol di babak kedua melalui Fred dan Antony.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez merasa timnya tampil cukup baik di laga tersebut. Xavi merasa Barcelona seharusnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan performa tersebut.

“Dalam pertandingan sistem gugur yang seimbang, detail sangatlah penting. Saya pikir kami pantas mendapatkan sesuatu yang lebih,” ujar Xavi dikutip dari Fotmob.

2 dari 4 halaman

Fred Jadi Biang Kerok

Xavi mengaku kekalahan ini disebabkan oleh gol penyeimbang kedudukan yang dicetak oleh Fred. Sejak gol tersebut lahir, MU tampil lebih lepas dan bringas di babak kedua.

Xavi merasa para pemainnya banyak kalah dalam duel setelah United kembali bersemangat di babak kedua. Meskipun begitu, Xavi menilai permainan timnya tidak layak mendapatkan hasil kekalahan hari ini.

"Gol untuk membuat skor menjadi 1-1 menyakiti kami. Kami kehilangan bola dan mereka menyamakan kedudukan. Mereka memberikan lebih banyak intensitas dan kami lebih banyak kalah dalam duel di babak kedua.”

“Ini adalah hasil imbang. Bahkan ada saat-saat di mana kami merasa sangat nyaman. Ini adalah kekecewaan besar tetapi kami harus fokus pada kompetisi yang tersisa. Kami memiliki saingan hebat di depan kami,” tambah Xavi.

3 dari 4 halaman

Barcelona Masih Lebih Baik

Kekalahan dari MU membuat Barcelona secara resmi tersingkir dari kancah Eropa musim ini. Sebelumnya Blaugrana secara mengenaskan tersisih dari Liga Champions setelah kalah saing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan.

Meskipun gagal di Eropa, Xavi merasa timnya sudah jauh lebih berkembang dari musim-musim sebelumnya. Xavi punya ambisi untuk meningkatkan kembali performa timnya musim depan agar bisa kembali ke level tertinggi Eropa.

“Kami lebih baik dari tahun lalu. Pesannya agak seperti saat mereka menyingkirkan kami di Liga Champions. Tahun ini kami bertanding melawan Bayern (Munich), melawan Inter.Kami lebih baik. Kami telah berkompetisi di pertandingan ini, lanjut Xavi.

 

4 dari 4 halaman

Move On

Xavi meminta skuadnya untuk tidak perlu meratapi kegagalan kali ini. Barcelona harus menatap ke depan dengan optimisme yang lebih tinggi.

“Anda harus sangat kritis terhadap diri sendiri dan memikirkan apa yang perlu diperbaiki. Kami mungkin tidak puas, tetapi telah terjadi perubahan besar dibandingkan tahun lalu.”

"Tahun depan kami harus meningkat. Mereka tim besar dan sulit bersaing. Tahun depan kami akan kembali lebih kuat," tambah Xavi.

 

Sumber: Fotmob dan Sofascore

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 24/2/2023)

Video Populer

Foto Populer