Sukses


8 Pelatih Master Liga Champions: Tangan Dingin Berbuah Gelar Lebih dari Sekali

Bola.com, Jakarta Sejak berganti format pada 1992, hanya delapan pelatih yang mampu menjuarai Liga Champions lebih dari satu kali.

Real Madrid adalah juara bertahan Liga Champions musim ini. Los Blancos menjadi juara pada musim lalu setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0 di final.

Itu merupakan trofi Liga Champions ke-14 bagi Real Madrid. Kesuksesan itu juga menjadikan Carlo Ancelotti sebagai pelatih dengan juara Liga Champions terbanyak.

Ancelotti mampu menjuarai Liga Champions lebih dari satu kali dalam sepanjang karier kepelatihannya. Selain Ancelotti, ada sejumlah pelatih lainnya yang mengikuti pencapaiannya.

Berikut ini delapan pelatih yang mampu menjuarai Liga Champions lebih dari sekali sejak tahun 1992.

2 dari 9 halaman

1. Carlo Ancelotti (4 gelar)

Carlo Ancelotti menjadi pelatih dengan trofi terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Pelatih asal Italia tersebut punya koleksi empat trofi.

Ancelotti memenangi dua trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Hal itu terjadi pada tahun 2014 dan 2022.

Sedangkan, dua trofi lainnya diraih Ancelotti saat melatih AC Milan. Mereka berhasil mengangkat Si Kuping Besar pada tahun 2003 dan 2007.

3 dari 9 halaman

2. Zinedine Zidane (3 gelar)

Zinedine Zidane dianggap sebagai salah satu pelatih hebat Real Madrid. Dia berhasil memberikan tiga trofi Liga Champions kepada klub tersebut.

Zidane pertama kali mengantarkan Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada 2016. Menariknya, itu merupakan musim pertama Zidane menjadi pelatih senior.

Pria asal Prancis itu kemudian mampu mengantarkan Real Madrid menjadi kampiun Liga Champions secara beruntun pada 2017 dan 2018. Selain juara Eropa, Zidane juga berhasil meraih gelar La Liga bersama Los Blancos.

4 dari 9 halaman

3. Vicente Del Bosque (2 gelar)

Vicente del Bosque termasuk salah satu pelatih terbaik sepanjang masa Real Madrid. Dia pernah mempersembahkan dua gelar Liga Champions untuk Los Blancos.

Pada final Liga Champions 2000, Real Madrid berhasil mengalahkan Valencia dengan skor 3-0. Mereka menang berkat gol Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raul Gonzalez.

Kemudian, Real Madrid merengkuh gelar Liga Champions 2002 setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1. Zinedine Zidane mencetak gol voli indah di laga tersebut.

5 dari 9 halaman

4. Pep Guardiola (2 gelar)

Salah satu pelatih tersukses sepanjang masa, Josep Guardiola pernah mengantarkan Barcelona ke era kejayaan. Mereka memenangkan dua Liga Champions dalam tiga tahun.

Yang pertama terjadi pada musim pertama Guardiola menangani Barcelona. Mereka memenangkan enam trofi termasuk mengalahkan Manchester United di final Liga Champions pada 2009.

Barcelona kembali bertemu Manchester United pada final tahun 2011. Blaugrana lagi-lagi menjadi juara ketika bertanding di Wembley.

6 dari 9 halaman

5. Sir Alex Ferguson (2 gelar)

Sir Alex Ferguson tercatat sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah Manchester United. Tak hanya di pentas domestik, pria asal Skotlandia itu berhasil membawa Setan Merah meraih kesuksesan di Eropa.

Ferguson merasakan gelar juara Liga Champions bersama Manchester United sebanyak dua kali. Yang pertama terjadi ketika mereka menyabet treble winner pada tahun 1999.

Sedangkan, satu trofi lainnya diraih Ferguson sembilan tahun kemudian. Ketika itu Manchester United menjadi juara setelah mengalahkan Chelsea di final.

7 dari 9 halaman

6. Jupp Heynckes (2 gelar)

Jupp Heynckes juga pernah menjuarai gelar Liga Champions sebanyak dua kali. Heynckes meraihnya dengan dua tim yang berbeda.

Pada tahun 1998, Heynckes mengangkat trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Setelah itu dia melakukannya bersama Bayern Munchen pada tahun 2013.

Pada tahun 2013, Heynckes tidak hanya mengantarkan Die Roten meraih Liga Champions. Mereka juga memenangkan Bundesliga dan DFB Pokal.

8 dari 9 halaman

7. Jose Mourinho (2 gelar)

Jose Mourinho memiliki karier yang sangat gemilang. Pelatih asal Portugal tersebut pernah menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali.

Mourinho pertama kali mengangkat trofi Liga Champions bersama Porto pada tahun 2004. Ketika itu mereka menjadi juara setelah mengalahkan AS Monaco 3-0 di final.

Trofi keduanya diraih bersama Inter Milan pada tahun 2010. Ketika itu, Mourinho mengantarkan Nerazzurri meraih treble yang menakjubkan.

Jose Mourinho memiliki karier yang sangat gemilang. Pelatih asal Portugal tersebut pernah menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali.

Mourinho pertama kali mengangkat trofi Liga Champions bersama Porto pada tahun 2004. Ketika itu mereka menjadi juara setelah mengalahkan AS Monaco 3-0 di final.

Trofi keduanya diraih bersama Inter Milan pada tahun 2010. Ketika itu, Mourinho mengantarkan Nerazzurri meraih treble yang menakjubkan.

9 dari 9 halaman

8. Ottmar Hitzfeld (2 gelar)

Ottmar Hitzfeld menjuarai Liga Champions dengan dua klub berbeda. Pertama bersama Borussia Dormtund pada 1997 dan kemudian bersama Bayern Munchen pada 2001.

Hitzfeld membawa Borussia Dortmund meraih kemenangan 3-1 atas Juventus. Pelatih asal Jerman itu mengalahkan Bianconeri yang dipenuhi pemain bintang di Munich.

Empat tahun kemudian, Hitzfeld meraih kesuksesan yang sama di San Siro bersama Bayern Munchen. Kali ini dia menjadi juara setelah mengalahkan Valencia lewat adu penalti.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 20/3/2023)

Video Populer

Foto Populer