Sukses


3 Fakta Menarik Jelang Laga Prancis Vs Belanda di Kualifikasi Euro 2024: Menanti Aksi Kapten Baru Les Bleus

Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis akan menjamu Belanda di Stade de France pada matchday 1 Grup B Kualifikasi Euro 2024, Sabtu, 25 Maret 2023, jam 02.45 WIB. Les Bleus akan memiliki wajah baru.

Dua tim ini sama-sama dikalahkan Argentina melalui adu penalti di Piala Dunia 2022. Belanda tumbang di perempat final, sedangkan Prancis bertekuk lutut di final.

Setelah gagal mempertahankan gelar di Qatar 2022, ada perubahan kapten di kubu Prancis. Kylian Mbappe, yang mencetak hattrick di final kontra Argentina, dipercaya menjadi kapten Les Bleus menyusul pensiunnya Hugo Lloris.

Laga melawan Belanda di Kualifikasi Euro 2024 bakal menjadi laga pertama Mbappe sebagai kapten Prancis.

Prancis dan Belanda berada di Grup B kualifikasi Euro 2024 bersama Republik Irlandia, Yunani, serta Gibraltar. Di atas kertas, Prancis dan Belanda adalah dua favorit terkuat untuk lolos ke Jerman 2024. Duel mereka pada matchday pertama nanti pun diprediksi bakal berlangsung cukup ketat.

Sebelum menyaksikan duel sengit kedua tim dini hari nanti, tidak ada salahnya mengupas beberapa fakta menarik menjelang laga. Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini:

2 dari 4 halaman

Les Bleus Masih Dominan

Timnas Prancis cukup sering mengalahkan Belanda di berbagai ajang. Mengacu statistik dari Soccerway, Les Bleus tercatat sudah lima kali menang atas Belanda dalam enam pertemuan terakhir.

Adapun Belanda baru satu kali merasakan kemenangan atas Prancis tepatnya pada tahun 2018 di ajang UEFA Nations League. Tentu catatan itu menggambarkan betapa dominannya Prancis atas Belanda.

3 dari 4 halaman

Ciee.. Ada Kapten Baru

Timnas Prancis dipastikan punya kapten baru mulai pertandingan kontra Belanda dini hari nanti. Sosok kapten anyar Les Bleus adalah Kylian Mbappe.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps telah menunjuk bintang PSG itu sebagai kapten baru di skuadnya. Hal itu tidak lepas dari keputusan Hugo Lloris sudah tidak lagi memperkuat Timnas setelah final Piala Dunia 2022 lalu.

Setelah Lloris absen, beberapa kandidat penggantinya untuk mengenakan ban kapten bermunculan. Dua calon terkuat adalah Mbappe dan Griezmann yang performanya paling menonjol saat ini. Pelatih Prancis Didier Deschamps belum lama mengisyaratkan Mbappe pantas jadi penerus Lloris.

"Kylian memenuhi segala persyaratan untuk memikul tanggung jawab itu. Tidak hanya di lapangan, Mbappe membuat tim lebih solid juga di luar lapangan," ujar Deschamps di BBC Sport belum lama ini.

4 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Timnas Prancis dan Belanda secara total sudah bertemu sebanyak 28 kali sepanjang sejarahnya. Hasilnya, Prancis memang lebih unggul.

Mereka mencatat 14 kali kemenangan, tiga kali imbang, dan 11 kali kalah. Begitu juga sebaliknya di kubu Belanda meraih 11 kemenangan, 3 imbang, dan 14 kekalahan.

Tapi Belanda punya selisih gol yang lebih baik yakni 56 memasukkan berbanding 47 kemasukan. Berarti Prancis lebih banyak kebobolan dari Belanda.

Sumber: Soccerway

Video Populer

Foto Populer