Sukses


Sejarah Tercetak, Ini Starting XI Pertama Pilihan Gareth Southgate sebagai Pelatih Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Keren! Timnas Inggris membawa pulang tripoin dari Stadion Diego Armando Maradona, Italia. Hasil itu terjadi setelah Inggris sukses menggebuk tuan rumah, Italia, dengan skor 2-1, dalam laga Kualifikasi Euro 2024, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Tiga Singa lahir via aksi Declan Rice dan Harry Kane. Gol pelipur lara Gli Azzurri berkat lesakan Mateo Retegui.

Pujian menjadi milik Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Maklum, sejak 1961, The Three Lions tak pernah menang dalam lawatan ke markas Italia.

 

2 dari 5 halaman

Ambisi Gareth Southgate

"Kami akan memenangkan laga. Tim ini belum pernah menang sejak 1961 dan itu harus segera diakhiri," kata Southgate, dengan penuh semangat, beberapa saat sebelum laga, seperti dilansir Sports Mole.

Bukan kali ini saja Southgate menepati nazarnya. Pada Piala Dunia 2018, pria murah senyum berusia 52 tahun itu memupus keraguan banyak pihak terkait kans Inggris di pesta bola terakbar empat tahunan di Rusia.

Sempat diragukan, pasukan Southgate yang dimotori Kapten Kane sukses merangsek ke semifinal dan finis di peringkat keempat. Sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat kali terakhir Inggris melakukan hal yang sama saat Piala Dunia 1990.

 

3 dari 5 halaman

Southgate di Qatar

Tahun lalu di Qatar, torehan Southgate juga tak jelek-jelek amat. Meski terhenti di babak perempatfinal, namun Southgate dan pasukannya tetap mendapat acungan jempol dari para pemujanya.

Di pentas Piala Eropa, Southgate juga super oke. Pada edisi 2020, mantan pemain Crystal Palace, Aston Villa dan Middlesbrough ini membawa Inggris sampai ke final sebelum akhirnya takluk dari Italia.

Southgate dipercaya sebagai pelatih Timnas Inggris pada 2016. Tak sedikit yang sangsi Southgate bisa mengibarkan kembali panji-panji kebesaran Inggris di pentas dunia.

 

4 dari 5 halaman

Sukses Southgate

Kemudian waktu membuktikan, Southgate menjadi pelatih paling sukses di Inggris sejak Sir Alf Ramsey. Sembari menanti kiprah Kane dkk di ajang Kualifikasi Euro 2024, sejenak menoleh ke belakang.

Bukan sejarah prestasi, melainkan hal lain. Yuk, melihat kembali starting XI pertama Southgate kala berstatus nakhoda Timnas Inggris pada Oktober 2013. Siapa saja ke-11 pemain itu?

 

5 dari 5 halaman

Pilihan Southgate

Kiper: Joe Hart

Belakang: Kyle Walker, Gary Cahill, John Stones, Ryan Bertrand

Tengah: Jordan Henderson, Wayne Rooney, Dele Alli

Depan: Theo Walcott, Jesse Lingard, Daniel Sturridge

Sumber: Planetfootbal

Video Populer

Foto Populer