Sukses


5 Nakhoda Tim yang Punya Bujet Belanja Pemain Terbanyak : Asli, Bikin Geleng-Geleng Kepala

Bola.com, Jakarta - Kelak, publik akan mengenang Graham Potter sebagai pelatih dengan belanja gila-gilaan di bursa transfer. Pada Januari 2023 misalnya, Chelsea sudah menggelontorkan dana 329 juta euro demi memboyong sejumlah bintang.

Ia mendatangkan banyak bintang. Nama-nama keren muncul, yakni Enzo Fernandez, Mykhaylo Mudryk, Benoit Badiashile, Noni Madueke, Malo Gusto, Andrey Santos, David Fofana, hingga Joao Felix.

Namun, sialnya, nasib Chelsea di papan klasemen sementara Premier League 2022/2023 tak jua membaik. The Blues masih terkapar di posisi ke-10 dengan torehan 38 poin. Kondisi tak mengenakkan tersebut membuat Potter keteter.

Isu pemecatan kontan menyeruak. Potter dituding gagal memaksimalkan aktivitas transfer gokil The Blues. Dalam bursa transfer, tak hanya Potter yang pernah jadi sorotan tajam. Sederet pelatih lainnya juga tak lepas dari bidikan para pencibir.

Beruntung, pelatih-pelatih tersebut mampu menjawab keraguan banyak pihak dengan torehan gelar bersama klubnya masing-masing. Berikut lima pelatih dengan total pengeluaran transfer tertinggi dalam sejarah, seperti dilansir Planetfootball.

 

2 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri (1,08 miliar euro)

Pada periode pertamanya sebagai pelatih Juventus, dari 2014 hingga 2019, Allegri melakukan beberapa investasi serius. Kondisi itu terlihat ketika mendatangkan Cristiano Ronaldo senilai 117 juta euro dan pembelian Gonzalo Higuain, yang berbanderol 90 juta euro.

Dia juga menghabiskan tak sedikit uang di AC Milan. Rekrutan termahalnya di San Siro adalah 24 juta euro yang dibayarkan ke Barcelona demi memboyong Zlatan Ibrahimovic pada 2011.

 

3 dari 6 halaman

Manuel Pellegrini (1,16 miliar euro)

Veteran Chile ini menjadi bos Real Madrid pada musim panas 2009, ketika mereka memecahkan rekor transfer sepanjang masa dua kali dalam seminggu. Pertama untuk Kaka dari AC Milan, kemudian untuk Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Namun, ada beberapa nama yang kurang terkenal dalam 10 pembelian termahal Pellegrini. Saat di West Ham, dia berhasil menghabiskan 80 juta pounds untuk mendatangkan Sebastien Haller dan Felipe Anderson.

 

4 dari 6 halaman

Carlo Ancelotti (1,44 miliar euro)

Don Carlo menghabiskan banyak uang, tetapi dia selalu berhasil. Siapa yang tak kenal dengan pelatih asal Italia ini? Ancelotti telah membesut tim-tim beken di semua lima liga top Eropa.

Ancelotti telah merekrut lebih dari 100 pemain selama karier manajerialnya yang panjang. Gareth Bale berada di urutan paling atas dalam daftar belanja, yakni 101 juta euro.

 

5 dari 6 halaman

Pep Guardiola (1,61 miliar euro)

Guardiola mengubah Manchester City menjadi tim super kuat di kompetisi domestik Inggris. Rekor pengeluaran Guardiola sebagai pelatih untuk satu pemain adalah 69,5 juta euro.

Saat itu, ia mengeluarkan untuk untuk Zlatan Ibrahimovic pada musim panas 2009 kala menukangi Barcelona. Lalu, 12 tahun berselang, pria cerdas yang juga pernah menjadi bos Bayern Munchen itu merekrut Jack Grealish senilai 100 juta euro.

J

6 dari 6 halaman

ose Mourinho (1,71 miliar euro)

Jose Mourinho konsisten menginvestasikan biaya besar guna merekrut pemain pilihannya dari periode pertamanya sebagai bos Chelsea hingga tugasnya saat ini di Roma. Namun, dari semua yang dikeluarkan, terbanyak ketika dia melatih Manchester United (2016-2018).

Pada periode tersebut, Mourinho menghabiskan 94,5 juta euro (2016), 76,2 juta euro (2017), lalu 53,1 euro (2018) demi mendapatkan Paul Pogba, Romelu Lukaku, dan Fred.

Namun secara keseluruhan, Anda tidak dapat membantah rekor Mourinho. Ya, dia memang menghabiskan banyak uang. Tapi, seperti Ancelotti dan Guardiola, dia berhasil dalam hal koleksi trofi selama kariernya.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer