Sukses


Liga Italia: Napoli Tajam di Kandang, Ujian bagi Mike Maignan di Bawah Mistar Gawang AC Milan

Bola.com, Jakarta - Kiper AC Milan, Mike Maignan, bermain hebat saat membela Timnas Prancis dalam dua laga pertama mereka di Grup B Kualifikasi Euro 2024. Kini ketangguhan Mike Maignan akan diuji oleh serangan eksplosif Napoli saat kembali memperkuat AC Milan di Serie A Liga Italia.

Pada laga pertama, Prancis menang 4-0 saat menghadapi Belanda. Setelah itu, Les Bleus menang 1-0 atas Republik Irlandia. Berkat Mike Maignan di bawah mistar gawang, Prancis tak sekalipun kebobolan dalam dua laga tersebut.

Melawan Belanda, Mike Maignan melakukan lima penyelamatan untuk Timnas Prancis, termasuk menepis penalti Memphis Depay di pengujung laga.

Kemudian ketika melawan Irlandia, kiper berusia 27 tahun itu mementahkan peluang emas James McClean pada menit ke-83 dan Nathan Collins pada menit ke-89.

Setelah jeda internasional, Mike Maignan segera kembali ke klubnya, AC Milan. Sebuah laga berat sudah menanti di Serie A Liga Italia.

AC Milan akan bertandang ke markas sang pemimpin klasemen Napoli pada giornata ke-28, Senin (3/4/2023) dini hari WIB. AC Milan harus bertahan dengan sangat baik jika tak ingin menjadi bulan-bulanan Partenopei.

AC Milan bakal mengandalkan Maignan sebagai tembok terakhir. AC Milan sebaiknya berharap Mike Maignan bisa tampil tangguh seperti ketika melawan Belanda dan Irlandia.

Bukan tanpa alasan, karena tim asuhan Luciano Spalletti adalah lawan yang sangat berbahaya, terutama ketika bermain di kandang.

2 dari 8 halaman

Napoli, 33 Gol dalam 13 Laga Kandang

Napoli sudah meraih 23 kemenangan dan baru dua kali kalah di Serie A musim ini. Dalam 27 laga yang sudah mereka mainkan, Napoli mencetak total 64 gol dan hanya kebobolan 16.

Dari 64 gol itu, separuh lebih mereka cetak dalam laga-laga kandang di Stadio Diego Armando Maradona.

Rekor kandang Napoli di Serie A 2022/2023

  • Pertandingan: 13
  • Menang: 11
  • Seri: 1
  • Kalah: 1
  • Gol: 33
  • Kebobolan: 9.
3 dari 8 halaman

Mencetak 2 Gol atau Lebih dalam 1 Laga Sudah Biasa bagi Napoli

Napoli baru menelan satu kekalahan kandang di Serie A musim ini. Kekalahan itu adalah 0-1 saat menjamu Lazio pada pekan ke-25.

Namun, Napoli langsung bangkit dengan meraih dua kemenangan beruntun, yakni 2-0 atas Atalanta dan 4-0 dan atas Torino.

Kemenangan atas Atalanta diraih Napoli di Naples. Khvicha Kvaratskhelia dan Amir Rrahmani masing-masing menyumbang satu gol, sedangkan Victor Osimhen dan Eljif Elmas sama-sama merancang satu assist.

Napoli tercatat selalu mampu mencetak minimal dua gol dalam 10 dari 13 laga kandang yang sudah mereka mainkan di Serie A musim ini. Mencetak dua gol atau lebih dalam satu laga adalah hal yang biasa bagi Napoli.

4 dari 8 halaman

Laga-Laga Kandang Napoli di Serie A 2022/2023 Sejauh Ini

  • Giornata 02 Napoli 4-0 Monza
  • Giornata 04 Napoli 1-1 Lecce
  • Giornata 06 Napoli 1-0 Spezia
  • Giornata 08 Napoli 3-1 Torino
  • Giornata 10 Napoli 3-2 Bologna
  • Giornata 12 Napoli 4-0 Sassuolo
  • Giornata 14 Napoli 2-0 Empoli
  • Giornata 15 Napoli 3-2 Udinese
  • Giornata 18 Napoli 5-1 Juventus
  • Giornata 20 Napoli 2-1 AS Roma
  • Giornata 22 Napoli 3-0 Cremonese
  • Giornata 25 Napoli 0-1 Lazio
  • Giornata 26 Napoli 2-0 Atalanta.
5 dari 8 halaman

Osimhen dan Kvaratskhelia

Sederet tim tangguh tumbang di markas Napoli pada musim ini, baik itu di Liga Champions maupun Serie A. Liverpool, Ajax, Juventus, AS Roma, hingga Eintracht Frankfurt adalah beberapa di antaranya.

Victor Osimhen dan Khvicha Kvaratskhelia merupakan dua ancaman terbesar buat lawan-lawan Napoli, tak terkecuali AC Milan.

Lihat saja pada giornata ke-18. Waktu itu, pertahanan tangguh Juventus seolah tak ada apa-apanya di hadapan Osimhen dan Kvaratskhelia.

Kala itu, Napoli menang 5-1 atas Bianconeri. Osimhen mencetak dua gol dan satu assist, sedangkan Kvaratskhelia menciptakan satu gol dan dua assist.

6 dari 8 halaman

Sumber Gol dan Assist Napoli

Napoli meraih kemenangan telak 4-0 atas tuan rumah Torino pada giornata ke-27 Serie A Liga Italia, Minggu 19 Maret 2023, sebelum jeda internasional. Osimhen dan Kvaratskhelia berkontribusi besar untuk membawa tim mereka menang.

Osimhen mencetak dua gol dalam laga ini, sedangkan Kvaratskhelia menyumbang satu gol penalti dan satu assist. Satu gol Napoli lainnya diciptakan oleh Tanguy Ndombele, yang masuk sebagai pemain pengganti.

Dengan doppietta ke gawang Torino, berarti Osimhen sudah mencetak total 21 gol di Serie A musim ini. Penyerang 24 tahun Nigeria itu melakukannya dalam 23 penampilan bersama Napoli.

Sementara itu, Kvaratskhelia telah mencatatkan 12 gol dan 10 assist dalam 23 penampilan bersama Napoli di liga tertinggi Italia musim ini.

Pemain berusia 22 tahun Georgia yang direkrut dari Dinamo Batumi pada awal musim tersebut, sudah menunjukkan performa yang sangat mengesankan pada musim perdananya dengan seragam Napoli.

7 dari 8 halaman

Penurunan Performa AC Milan

Napoli sangat konsisten pada musim ini. Sebaliknya, setelah sempat bangkit dan meraih tiga kemenangan beruntun, performa AC Milan kemudian turun lagi.

Dalam tiga laga terakhirnya di Serie A, AC Milan selalu gagal menang. Mereka kalah 1-2 di kandang Fiorentina, ditahan Salernitana 1-1 di San Siro, dan dihantam tuan rumah Udinese 1-3 sebelum jeda internasional.

Mike Maignan kebobolan dua kali lawan Fiorentina, kebobolan sekali lawan Salernitana, dan kebobolan tiga kali lawan Udinese.

Namun, Mike Maignan kemudian tampil fantastis bersama Prancis di Kualifikasi Euro 2024. Dia mencatatkan dua clean sheet lawan Belanda dan Irlandia.

Pada pertemuan pertama musim ini, AC Milan kalah 1-2 dari Napoli di San Siro. Olivier Giroud sempat membalas gol lewat penalti Matteo Politano, tetapi AC Milan akhirnya tumbang setelah Giovanni Simeone membobol gawang Mike Maignan pada menit 78.

Kabar baik buat AC Milan, ancaman terbesar yang dimiliki Napoli, yakni Victor Osimhen, sepertinya bakal absen akibat cedera. Namun, Napoli tetap berbahaya.

Wajar jika AC Milan berharap Mike Maignan bisa tampil solid seperti saat jeda internasional. Jika Mike Maignan, juga lini pertahanan AC Milan, kembali tampil buruk seperti tiga laga terakhir, Napoli bisa melahap mereka mentah-mentah.

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 1/4/2023)

8 dari 8 halaman

Persaingan di Serie A Liga Italia

Video Populer

Foto Populer