Sukses


5 Fakta Menarik Duel Man City Vs Bayern Munchen di Liga Champions: Adu Kuat Dua Raksasa Eropa

Bola.com, Jakarta - Big match akan tersaji pada babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Raksasa Inggris, Manchester City menjamu jagoan Jerman Bayern Munchen untuk leg pertama di Stadion Etihad, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB.

Pertemuan kedua tim bisa disebut sebagai final kepagian, melihat kiprah memukau yang dicapai di Liga Champions musim ini. Man City lolos ke perempat final setelah menyingkirkan RB Leipzig.

Sementara Bayern Munchen dengan perkasa mengeliminasi raksasa Prancis, PSG. Kedua tim juga dihuni sederet pemain dengan nama besar dan berkualitas.

Tidak ada salahnya menyimak beragam fakta menarik antara kedua tim sebelum pertarungan di Etihad Stadium nanti. Yuk simak ulasan dari Bola.com berikut ini:

2 dari 7 halaman

1. Rekor Pertemuan

Man City dan Bayern Munchen adalah tim papan atas Eropa. Mereka kerap bersua dalam beberapa tahun terakhir, khususnya saat Man City menjelma sebagai tim besar Inggris.

Kedua tim sudah bertemu enam kali di ajang Liga Champions. Hasilnya sama kuat dan saling mengalahkan. Man City menorehkan tiga kemenangan, begitu juga sebaliknya yang dicapai Bayern Munchen.

3 dari 7 halaman

2. Haaland Bersahabat dengan Gawang Bayern

Kubu Bayern Munchen wajib mewaspadai mesin gol Man City, Erling Haaland. Sebab pemain Norwegia itu memang sudah akrab dengan gawang Bayern.

Haaland sudah tujuh kali bermain melawan Bayern, dan semuanya bersama Dortmund. Dia lima kali tampil kontra Bayern di Bundesliga, dan dua kali di ajang DFL-Supercup (Piala Super Jerman).

Haaland mencetak lima gol dalam tujuh pertemuan tersebut. Akan tetapi, dalam tujuh bentrokan itu, timnya selalu kalah.

4 dari 7 halaman

3. Guardiola Ketemu Mantan Klub

Sebelum menangani Manchester City, Josep Guardiola adalah pelatih Bayern Munchen. Mantan arsitek Barcelona itu melatih Bayern periode 2013-2016.

Guardiola membawa Bayern meraih 124 kemenangan dalam 161 pertandingan (M124 S16 K21). Dalam 161 laga bersama Guardiola itu, Bayern mencetak total 414 gol dan kebobolan 128.

Guardiola juga membawa Bayern meraih tujuh gelar juara, yakni UEFA Super Cup, Piala Dunia Antarklub, Bundesliga (3), dan DFB-Pokal (2).

5 dari 7 halaman

4. Rekor Guardiola Vs Bayern Munchen dan Thomas Tuchel

Guardiola juga pernah dua kali melawan Bayern, yakni ketika masih di Barcelona. Guardiola unbeaten dalam pertemuan-pertemuan tersebut.

Hasilnya adalah sekali menang dan sekali imbang. Di sisi lain, Guardiola juga sering bertemu dengan Thomas Tuchel (pelatih Bayern sekarang).

Guardiola juga lebih superior atas Tuchel. Dalam sepuluh pertemuan sejauh ini, Guardiola menang enam kali, seri sekali, dan cuma kalah tiga kali (M6 S1 K3).

Namun, salah satu kekalahan yang dialaminya saat melawan Tuchel adalah di final Liga Champions 2021, ketika Tuchel masih menangani Chelsea.

6 dari 7 halaman

5. Kans Juara di Kompetisi Domestik

Hal menarik lainnya adalah kedua tim sama-sama memiliki kans menjuarai kompetisi domestik di musim ini. Man City berpeluang mempertahankan gelarnya setelah kemenangan telak 4-1 atas Southampton akhir pekan kemarin.

Man City masih berada di urutan kedua dengan nilai 67 dari 29 laga. The Citizens berjarak enam poin dari pemuncak klasemen Arsenal dan punya satu laga lebih sedikit.

Sementara Bayern Munchen mencatat kemenangan tipis 1-0 di markas Freiburg akhir pekan kemarin. Die Rothen kukuh di puncak klasemen Bundesliga dengan nilai 58 dari 27 laga, dan unggul dua angka dari Borussia Dortmund sebagai pesaing terdekatnya.

Sumber: Berbagai sumber

7 dari 7 halaman

Jadwal Pertandingan

Leg I Perempat Final Liga Champions 2022/2023

Rabu, 12 April 2023

  • Man City Vs Bayern Munchen
  • Stadion Etihad
  • Kick-off: 02.00 WIB

Video Populer

Foto Populer