Sukses


8 Pesepak Bola Dunia yang Paling Berpengaruh Sepanjang Masa: Mulai Pele Hingga Messi

Bola.com, Jakarta - Sepak bola telah menjadi olahraga paling favorit di dunia. Banyak pemain hebat lahir sejak dahulu kala sampai saat ini, dari era Pele hingga Lionel Messi.

Indikator pesepak bola hebat merupakan prestasi yang diraih bersama klub dan tim nasional. Tak sekadar jumlah penampilan hingga gol, namun mereka juga punya pengaruh besar dalam olahraga tersebut.

 Inilah yang membuat tak banyak pemain mampu diberi predikat pesepak bola berpengaruh di dunia. Namun, Bola.com mencoba memilih berdasarkan catatan prestasi hingga reputasi yang dimiliki oleh para pemain.

Lantas, siapa saja pesepak bola paling berpengaruh yang ada di dunia ini? Dalam nuansa sewindu Bola.com, berikut ini delapan pesepak bola paling berpengaruh dalam dunia sepak bola dunia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Ferenc Puskas

Ferenc Puskas merupakan legenda sepak bola asal Hongaria. Tak sekadang pesepak bola, Puskas juga dianggap sebagai ikon budaya dan identitas dari negara tersebut.

Ferenc Puskas lahir di Kispest, Budapest pada 1 April 1927. Karier sepak bolanya dimulai saat membela Kispest AC pada 1943 yang kemudian berganti nama menjadi Budapest Honved FC.

Puskas membela Budapest Honved FC sampai 1956 dan mencatatkan 350 penampilan serta mencetak 358 gol. Puskas juga turut mempersembahkan lima gelar Liga Hongaria.

Setelah itu, Puskas hijrah ke Real Madrid pada 1958. Berkarier di Los Blancos sampai 1966, Puskas sukses mencatatkan 180 pertandingan dan mencetak 156 gol.

Puskas juga sukses mempersembahkan enam gelar La Liga, dan tiga gelar European Cup. Adapun di level Timnas, Puskas pernah membela Timnas Hongaria (1945-1956) dan Spanyol pada 1961-1962.

3 dari 9 halaman

2. Sir Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton dikenal sebagai legenda Timnas Inggris dan Manchester United. Maklum, Sir Bobby Charlton meraih kesuksesan yang melejitkan namanya pada dua tim tersebut.

Sir Bobby Charlton bermain untuk Manchester United rentang 1956-1973. Dalam pengabdiannya bersama Setan Merah, Sir Bobby Charlton berhasil membukukan 606 penampilan dan mencetak 199 gol.

Sir Bobby Charlton juga sukses mempersembahkan tiga gelar liga dan satu gelar Piala FA. Adapun puncak pencapaian tertinggi Sir Bobby Charlton bersama Timnas Inggris terjadi pada Piala Dunia 1966.

Ketika itu, Sir Bobby Charlton turut membantu Timnas Inggris meraih gelar juara Piala Dunia. Gelar yang menjadi satu-satunya diraih Timnas Inggris sampai saat ini.

4 dari 9 halaman

3. Diego Maradona

Diego Maradona merupakan ikon sepak bola asal Argentina. Sederet prestasi diraih Maradona di level klub dan tim nasional.

Maradona pernah membela Boca Junior, Barcelona, hingga Napoli. Puncak kesuksesannya berlangsung di Napoli. Maradona tercatat mempersembahkan dua gelar Serie A, satu gelar Coppa Italia, Supercoppa Italiania, dan UEFA Cup.

Berkat pengabdiannya, Maradona mendapatkan penghargaan tertinggi di Napoli. Pada 4 Desember 2020, markas Napoli yakni Stadion San Paolo diubah menjadi Stadio Diego Armando Maradona yang bertahan sampai saat ini.

Sementara itu, Maradona juga menorehkan prestasi di Timnas Argentina. Maradona berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Dunia U-20 1979 dan Piala Dunia 1986.

5 dari 9 halaman

4. Pele

Pele merupakan legenda sepak bola asal Brasil. Sepanjang kariernya, Pele dikenal sebagai pemain tajam yang mencetak ratusan gol.

Pele hanya membela dua klub pada kariernya sebagai pesepak bola yakni Santos dan New York Cosmos. Bersama Santos, Pele sukses membukukan 569 gol dari 583 pertandingan rentang 1956-1974.

Pele juga sukses mempersembahkan gelar bergengsi semisal enam trofi Serie A Brasil hingga 10 trofi Campeonato Paulista. Adapun bersama New York Cosmos, Pele sukses mencetak 37 gol dalam 64 laga rentang 1975-1977.

Karier Pele justru lebih dikenal di level tim nasional. Pele sukses mempersembahkan tiga gelar Piala Dunia untuk Timnas Brasil pada 1958, 1962, dan 1970. Dalam pengabdiannya bersama Tim Samba, Pele mencetak 77 gol dari 92 laga.

6 dari 9 halaman

5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane merupakan legenda hidup asal Prancis. Sepanjang kariernya, Zidane tercatat sukses sebagai seorang pemain dan pelatih.

Zidane meraih kesuksesan sebagai pemain di Juventus dan Real Madrid. Zidane sukses mempersembahkan dua gelar Serie Auntuk Juventus hingga satu gelar Piala Super Eropa.

Adapun untuk Real Madrid, Zidane mempersembahkan satu gelar La Liga dan Liga Champions. Di level tim nasional, Zidane berperan mempersembahkan gelar Piala Eropa 2000.

Di level pelatih, Zidane punya catatan karier yang tak kalah. Zidane berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga untuk Real Madrid dan tiga trofi Liga Champions.

7 dari 9 halaman

6. Iker Cassilas

Iker Casillas merupakan legenda sepak bola asal Spanyol. Casillas memiliki peran penting di Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Iker Casillas tercatat sukses mempersembahkan lima gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions untuk Real Madrid. Adapun untuk Porto, Casillas berhasil mempersembahkan satu gelar liga.

Puncak kesuksesan juga diraih Casillas di level tim nasional. Casillas merupakan penjaga gawang tangguh di bawah mistar gawang Timnas Spanyol.

Casillas sukses mempersembahkan satu trofi Piala Dunia pada edisi 2010. Selain itu, Casillas juga berhasil mempersembahkan dua trofi Piala Eropa pada edisi 2008 dan 2012.

8 dari 9 halaman

7. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo bisa dikatakan sebagai pesepak bola sukses sepanjang masa. Ronaldo meraih kesuksesan di level klub dan tim nasional.

Kesuksesan itu diraih Ronaldo bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Ronaldo mempersembahkan tiga gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions untuk Manchester United.

Sementara itu, Ronaldo juga berhasil mempersembahkan dua gelar La liga dan empat trofi Liga Champions untuk Real Madrid. Adapun bersama Juventus, Ronaldo turut menyumbang dua trofi Serie A.

Di level tim nasional, pencapaian tertinggi Ronaldo adalah trofi Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2018-2019. Kini, Ronaldo mencoba tantangan baru dengan membela klub Arab Saudi, Al Nassr.

9 dari 9 halaman

8. Lionel Messi

Lionel Messi merupakan pesepak bola terbaik yang ada di dunia saat ini. Kesuksesan terbesar Messi terjadi saat masih membela Barcelona rentang 2004-2021.

Messi berhasil mempersembahkan 10 gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions. Adapun bersama Paris Saint-Germain, Messi baru mempersembahkan satu gelar Ligue 1.

Kesuksesan terbesar juga diraih Messi bersama Timnas Argentina. Messi sukses mempersembahkan gelar Piala Dunia U-20 2005.

Selain itu, Messi berhasil mempersembahkan gelar Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022. Sederet gelar tersebut sudah melengkapi pencapaian tertinggi di level sepak bola.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer